Kampanye Bahaya Merkuri Melalui Dongeng

Desa Kalirejo  Kokap Kulon Progo Yogyakarta, merupakan desa yang menjadi sasaran Kampanye Bahaya Merkuri karena terdapat tambang emas di sana. Sasaran kampanye yaitu 15 sekolah dasar yang ada di Desa kalirejo yang berdekatan dengan tambang emas. MI Ma’arif Plampang termasuk dalam sekolah yang merupakan sasaran Kampanye Bahaya Merkuri tersebut.

Kampanye Bahaya Merkuri diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan pertambangan. Kampanye dengan menggunakan media dongeng agar lebih mengena dan menarik bagi anak-anak. Peserta kampanye adalah siswa MI Ma’arif Plampang, siswa RA Masyithoh Plampang serta guru.

Sebagai pendongeng dalam Kampanye Bahaya Merkuri di MI Ma’arif Plampang yaitu Kak Awam Prakoso. Anak-anak sangat antusias mendengarkan dongeng Kak Awam yang sangat menarik. Apalagi selama ini memang madrasah belum pernah mengundang seorang pendongeng seperti Kak Awam. Anak-anak sampai tertawa terbahak-bahak saat Kak Awam mendongeng. Kak Awam mendongeng dengan menggunakan boneka yang merupakan tokoh bernama Dodit.

Dengan Kampanye Bahaya Merkuri tersebut, diharapakan anak-anak mengetahui tentang bahaaya penggunaan bahan kimia merkuri sebagai media pengolahan emas yang ada di lingkungan tempat tinggalnya. Itulah upaya Dinas Lingkungan hidup dan juga dari pertambangan agar masyarakat mengetahui bahaya merkuri bagi kesehatan.

Yogyakarta, 11 Agustus 2022

Salam literasi

Wuryanti

 

Tinggalkan Balasan