oleh

Cara Melakukan Penilaian Online Sederhana dalam Pembelajaran Jarak Jauh (1)

Gambar: Salah satu cara penilaian online menggunakan drag and down di Office PowerPoint. Sumber: Dok. Pribadi.

Pertanyaan Terbuka / Esai Sederhana

Pertanyaan terbuka dalam bentuk pertanyaan jenis esai sederhana adalah salah satu metode penilaian kualitatif paling populer. Selain populer di ruang kelas tradisional, juga di ruang kelas virtual pembelajaran jarak jauh. Penilaian model ini mendorong siswa untuk mengeksplorasi pikiran, perasaan, dan pendapat mereka, sambil menguji pemahaman mereka secara keseluruhan tentang suatu topik. Jenis pertanyaan ini mendorong pemikiran kritis dan paling cocok untuk mengevaluasi pembelajaran tingkat tinggi. Soal esai membutuhkan waktu yang lebih lama bagi siswa untuk berpikir, mengatur, dan menyusun jawaban mereka.

Penilaian terbuka adalah salah satu jenis pertanyaan yang bisa terintegrasi dengan semua platform pembuatan soal online. Tidak seperti banyak jenis pertanyaan lainnya, pertanyaan jenis ini tidak dapat dinilai secara otomatis dalam pembelajaran online, oleh karena beragamnya jawaban para siswa.

Beberapa aplikasi mungkin sudah ada yang mampu menghitung skor jawaban model pertanyaan ini secara otomatis. Salah satunya Google Form, pada jenis soal pertanyaan dengan jawaban singkat. Guru dapat memberikan rentangan skor (misalnya 5 poin untuk jawaban yang benar). Agar skor dapat terhitung otomatis, maka  kata kunci atas pertanyaan harus disiapakan. Opsi kata kunci bisa lebih dari beberapa macam, di mana guru mempertimbangkan kira-kira seperti demikianlah jawaban siswa nantinya.

Jika memang mengharapkan jawaban siswa yang lebih kompleks, maka guru dapat mengabaikan penghitungan skor otomatis dan kata kunci jawaban. Dengan demikian seorang guru harus meluangkan waktu untuk memeriksanya satu per satu.

Drag and Drop

Tarik dan lepas adalah jenis penilaian yang menunjukkan kemampuan pelajar untuk menghubungkan informasi dan menerapkan pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis. Siswa dapat menggabungkan atau memberikan garis penghubung antara gambar dan teks dalam aktivitas seret dan lepas, memberikan nuansa dunia nyata yang menantang dan menarik. Tentunya guru harus menyiapkan materi peraga untuk penilaian ini.

Penting untuk menggunakan jenis penilaian ini jika menginginkan siswa dapat menerapkan pengetahuan dalam situasi kehidupan nyata. Pada aplikasi iSpring Suite tersedia template drag-and-drop yang memungkinkan guru memindahkan kotak teks, gambar, dan bentuk ke tempat tertentu di materi presentasinya. Untuk membuat penilaian, guru perlu mengunggah gambar ke dalam template pertanyaan dan kemudian mengidentifikasi target tujuannya.

Pada Ms PowerPoint pun metode drag and drop ini bisa dipraktekkan. Minimal menyiapkan sejumlah kata-kata pendukung dan gambar-gambar sasarannya. Dengan memanfaatkan fasilitas animation, design dan insert, penilaian drag and drop bisa terjadi di sini. Sementara untuk fasilitas Zoom Meeting, penilaian ini bisa dilakukan lewat media annotation, terutama penggunaan garis-garis dan tanda panah.

Wawancara Online

Gambar: Penilaian Menggunakan Wawancara Online lewat Zoom. Sumber: Dok. Pribadi.

Pada pembelajaran online, agar menarik bagi siswa, guru dapat memasukkan konferensi video dalam pengajaran online. Aktifitas penilaian ini bertujuan untuk memberikan sentuhan pembelajaran yang lebih pribadi. Artinya ada interaksi guru dan siswa secara langsung walaupun dalam kelas virtual.

Selama wawancara online singkat, siswa dapat menunjukkan kemahiran mereka dalam bahasa, musik, keperawatan, penyelesaian perhitungan, argumentasi, opini, dsbnya. Penting pula melakukan penilaian lewat wawancara online untuk kelompok praktek siswa. Mereka akan saling bergantian memberikan respon atas pertanyaan gurunya. Wawancara secara online ini terutama untuk pembelajaran jarak jauh dalam bentuk penugasan berbasis proyek. Misalnya, siswa terbagi ke beberapa kelompok kecil untuk mengeksplorasi lirik lagu kemudian melakukan presentasi online untuk pelaporannya.

Selain itu, metode penilaian online lewat wawancara juga dapat mencakup komponen pendampingan yang memungkinkan siswa untuk mendapatkan umpan balik langsung dari guru. Nah, ini akan membantu mereka merasa lebih bertanggung jawab tentang pembelajaran mereka.

PJJ saat ini sudah sangat familiar dengan konferensi online menggunakan Google Meet dan Zoom. Guru dapat berbagi wawancara online dengan bantuan alat konferensi web seperti ini. Untuk hasil terbaik, luangkan waktu untuk merencanakan wawancara sebelum melakukannya. Persiapkan pertanyaan sebelumnya dan jadwalkan waktu untuk pertemuan tersebut. Minimal tentukan sejak awal pada topik materi apa nantinya penilaian wawancara ini terlaksana. Selama proses wawancara online, berikan akses seluasnya kepada siswa bagaimana cara mereka untuk memberikan umpan balik atau berinteraksi dengan guru dan teman-temannuya selama wawancara.

Yulius Roma Patandean

SMAN 5 Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan

NPA. 20020400134

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed