oleh

DARI TULISAN BLOG JADI BUKU BERMUTU

Terdapat Namaku dalam Deretan Pemenang Lomba

Hari ini, Kamis 11 Maret 2021 walaupun tanggal di kalender warna merah, kegiatan tidak mengenal tanggal merah. Terlebih kegiatan seputar menulis dan PGRI.

Bincang Pagi Bersama Duta Kipin School dan Prof. Richardus Eko Indrajit

Mengawali pagi saya menerima panggilan telepon dari salah seorang Duta Kipin School di Sulawesi Selatan, bapak Risman Hasli. Beliau salah satu guru kreatif dan berprestasi dari provinsi markas klub sepakbola legendaris PSM Makassar. Kami membahas seputar rencana pembentukan PGRI SLCC (Smart Learning Character and Center). Rencananya pengurus PGRI Provinsi Sulawesi Selatan akan membentuknya.

Oleh karena kami belum memahami secara detail bagaimana alur pembentukannya, maka saya menghubungi Direktur PGRI SLCC di PB PGRI, bapak Prof. Richardus Eko Indrajit. Pukul 08:31 WITA saya mengirimkan pesan WhatsApp kepada beliau untuk menanyakan seputar PGRI SLCC. Gayung bersambut, pukul 09:38 saya dan beliau berbincang lewat panggilan telepon. Berbicara dengan beliau serasa berbicara dengan orang tua, sangat akrab, santai, selalu dibarengi canda tawa dan renyah. Kami menutup pembicaraan dengan pesan untuk bertemu kembali di sebuah acara webinar pada pukul 10:00 WITA.

Pembicaraan tadi pagi dengan Prof. Eko, membawa saya memahami prosedur pembentukan PGRI SLCC, untuk kemudian saya sampaikan kepada bapak Risman sebagai tindak lanjut rencana membentuk PGRI SLCC di daerah.

Webinar ANDI Academy

Menengok pesan di WhatsApp ternyata Prof. Eko telah ON dengan webinar yang kami maksudkan tadi. Saya pun membalas masih ON THE WAY. Selanjutnya kegiatan berduaan dengan komputer pun berlanjut lagi. Pukul 10.00 WITA ada webinar ANDI Academy. Webinar ini adalah kegiatan Ikatan Guru TIK PGRI atau KOGTIK PGRI bersama Penerbit ANDI Yogyakarta dan sponsor EPSON INDONESIA. Tema Webinar: DARI TULISAN BLOG JADI BUKU BERMUTU. Webinar ini berlangsung lewat Zoom dan Live di channel YouTube TV ANDI.

Prof. Richardus Eko Indrajit selaku Pembina KOGTIK PGRI mengambil peran sebagai Keynote Speaker. Opening Speech disampaikan oleh Kepala Pusdatin Kemdikbud, Dr. M. Hasan Chabibie, S.T., M.Si. Sementara narasumber adalah Wijaya Kusumah (Sekjen KOGTIK), Thamrin Dahlan (Ketua Umum YPTD), dan Hesty Astina (EPSON Indonesia). Agustinus Subardana, seorang pegiat literasi dari Penerbit ANDI bertindak sebagai Moderator acara.

Rekaman webinar dapat disimak di https://youtu.be/Qh0H9f7KK20

Pemenang Lomba Blog

Menjelang akhir webinar, bapak Wijaya Kusumah mengumumkan 10 Besar Juara Lomba Blog PGRI Bulan Februari 2021. Pengumuman pemenang juga terdapat di https://wijayalabs.com/2021/03/11/pengumuman-pemenang-lomba-blog-pgri-bulan-februari-2021/.  Adapun daftar pemenang Lomba Blog adalah:

  1. Aam Nurhasanah, S.Pd.
  2. Rince Wiki Utami, S.Th.I, M.Pd
  3. Toad Isbani, S.Kom
  4. Dionisius Agus Puguh Santosa, SE, MM
  5. Bambang Purwanto, S.Kom., Gr.
  6. Supyanto
  7. Yulius Roma Patandean
  8. Theresia Sri Rahayu (Cikgu Tere)
  9. Rita Wati, S.Kom
  10. Nani Kusmiyati, S.Pd., M.M.

Hadiah Lomba

Para pemenang lomba blog 10 besar mendapatkan hadiah berupa buku dari Penerbit ANDI dan voucher belanja MAP GIFT VOUCHER dari Siberkreasi dan sponsor lainnya. Juga sudah disiapkan 10 voucher KS4 untuk @3 bulan kepada para pemenang lomba blog 10 besar dari KIPIN School.

Juara 1,2, dan 3 akan mendapatkan hadiah printer dari EPSON Indonesia, buku dari Kamila Press, YCAB, dan juga hadiah dari para sponsor lainnya yang akan panitia lomba sampaikan kepada para pemenang lomba blog.

Selain itu juara lomba blog 10 besar juga mendapatkan hadiah sponsor dari https://idcloudhost.com/hosting/

  1. Juara 1 : Business Pro
  2. Juara 2 : Entrepreneur Pro
  3. Juara 3 : Basic Pro
  4. Juara 4-10 : Starter Pro

Semua pemenang akan mendapatkan layanan selama 1 tahun.

Tambahan hadiah berupa uang juga ada. Berikut ini nominalnya.

  1. Juara Pertama sebesar Rp. 1.500.000
  2. Juara Kedua sebesar Rp. 1.000.000
  3. Juara Ketiga sebesar Rp.500.000
  4. Juara Keempat sebesar Rp. 300.000
  5. Juara Kelima sebesar Rp. 300.000
  6. Juara Keenam sebesar Rp. 300.000
  7. Juara Ketujuh sebesar Rp. 300.000
  8. Juara Kedelapan sebesar Rp. 300.000
  9. Juara Kesembilan sebesar Rp. 300.000
  10. Juara Kesepuluh sebesar Rp. 300.000

Selamat kepada sahabat-sahabatku ibu Aam Nurhasanah (juara 1), sang moderator pelatihan menulis; ibu Rince Wiki Utami (juara 2) dan bapak Toad Isbani (juara 3).

Tulisan Terbit di YPTD

Semua peserta Lomba Blog juga akan mendapatkan sertifikat lomba. Panitia akan mengirimkannya lewat email peserta. Tulisan-tulisan peserta lomba di blog akan dibukukan dan diterbitkan secara gratis oleh YPTD (Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan).

Tulisan saya yang berjudul METODE BELAJAR ONLINE Kiat Sukses Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akan terbit di YPTD.

Buku Metode belajar Online
Sampul Buku Metode belajar Online

Saat ini dalam proses penerbitan ISBN ke Perpusnas RI. Di sela-sela webinar tadi saya komunikasi lewat WhatsApp lagi dengan Prof. Eko seputar buku tersebut. Puji Tuhan, beliau akan  memberikan pengantar pada buku saya. Wah, terima kasih prof.

Kabar Baik

Pada satu kesempatan, bapak Agus Subardana menyampaikan bahwa sembilan buku karya kami bersama prof. Eko yang telah terbit di Penerbit ANDI tahun lalu  laris manis di pasaran. Salah satunya buku yang berjudul Digital Transformation ini.

Buku Digital Transformation
Promo Buku Digital Transformation

Pada akhir acara prof. Eko sempat berseloroh, “Pak Roma, itu rambut pada ke mana semua?”. Saya pun membalasnya di WA: “Kalau rambut mulai panjang…..mudah ngantuk prof. 😁”

Demikianlah kegiatan bersama orang-orang hebat di hari libur. Salam literasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 komentar

News Feed