oleh

Bebaskan Diri

Bebaskan diri dalam menulis untuk mendukung konsistensi. Foto. Dok. Pribadi.

Menulis buku memiliki setiap situasi yang berbeda kapanpun kita masuk di dalamnya. Situasi itu akan berbeda manakala kita menulis topik atau judul berbeda.

Harapan

Secara alami, ketika menulis kita menciptakan harapan. Ada hal-hal tertentu yang kita harapkan sebagai penulis, yakni hadirnya pembaca. Hal hebat tentang menulis adalah kita bisa mendapatkan perspektif baru tentang harapan kita.

Mari bertanya pada diri kita, apakah kita berpikir akan menghasilkan banyak uang dengan segera ketika sukses menerbitkan buku? Orang lain mungkin berpikir mereka tidak akan menghasilkan uang selama bulan pertamanya sebagai penulus. Ya, ini adalah sebuah harapan.

Manfaatkan Ketidakpastian

Hal yang benar adalah tidak ada yang tahu jenis buku apa yang akan bekerja dengan sangat baik. Jenis tulisan apa yang akan sukses. Tidak ada yang tahu apakah tulisan kita berikutnya yang terbit akan meledak atau menjadi sangat populer. Jika Anda seorang penulis pemula seperti saya, Anda memiliki kesempatan untuk memanfaatkan ketidakpastian ini sebaik-baiknya. Biarkan diri Anda melihat kemungkinan dalam setiap tulisan Anda tanpa menciptakan ekspektasi apa pun di masa depan.

Jika sebuah buku berhasil dengan sangat baik, rayakan. Jika sebuah tulisan berkinerja buruk, lihat tulisan berikutnya. Jangan biarkan diri Anda terjebak dalam cerita yang telah ditentukan sebelumnya tentang seberapa sukses Anda nantinya, lakukan saja yang terbaik untuk menghargai apa yang terjadi.

Bebaskan

Rangkullah kenyataan bahwa Anda tidak tahu apa yang akan Anda tulis. Terkadang, tulisan yang tidak sesuai dengan niche menulis saat ini akan menjadi bagian buku yang harus kita tulis. Beberapa ide mungkin datang dari hal-hal yang paling acak dan tidak penting yang terjadi selama berhari-hari. Ide-ide lain akan berpusat di sekitar nilai-nilai atau orang-orang yang tidak dapat kita bayangkan hidup tanpanya. Akan ada naskah yang kita lihat kembali dan kita pun bertanya, kok bisa ya saya menulisnya? Tidak ada alasan untuk khawatir, kita semua memiliki setidaknya satu tulisan untuk siap terbit. Bebaskan pikiran dan tuliskan saja.

Menulis adalah eksplorasi yang tidak pasti dan spontan tentang diri kita dan dunia di sekitar kita. Biarkan diri kita merangkul sifat terbuka dari semua itu. Jangan membuat harapan untuk masa depan. Harapan itu hanya akan membuatnya lebih sulit ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed