oleh

MENDOKUMENTASIKAN PROSES MENULIS

Dokumentasi tulisan
Melakukan dokumentasi tulisan membantu penulis sebelaum publikasi. Sumber Foto: Dok. Pribadi.

Penulis yang baik tidak akan menulis untuk dirinya sendiri. Hasil tulisan sebaiknya tidak tersimpan abadi dalam laptop, PC, smartphone, notes atau buku catatan. Tulisan harus terbaca oleh orang lain atau khalayak ramai. Lalu, bagaimana caranya? Dokumentasikan.

Dokumentasi Tulisan

Proses penulisan harus didokumentasikan dengan baik. Hal ini bertujuan untuk membuat tulisan dibaca dan diikuti oleh semua orang. Secara khusus yang menjadi pembaca setia nantinya adalah mereka yang sedang dalam proses menulis pula. Hal ini berlaku efektif ketika kita menulis untuk orang-orang yang tergabung dalam grup media sosial kita.

Saya sajikan dua cara paling utama yang saya gunakan selama menulis. Salah satu media mendokumentasikan tulisan adalah menulis di blog pribadi. Lalu, menulis di website. Seperti tulisan ini yang termuat di website YPTD. Menulis di blog dan website adalah cara mendokumentasikan tulisan agar cepat terbaca.

Kemudian tulisan yang telah ada harus disimpan di drive berbasis cloud, Google Drive, One Drive atau platform yang dapat diakses semua orang. Berbagi tulisan bukan hanya mengirim email ke orang yang menanyakannya atau menyimpannya hanya di desktop pribadi.

Alasan Dokumentasi Tulisan

Proses tulisan kita harus dengan jelas menjabarkan fase-fase yang harus dilalui setiap jenis dokumen sebelum dibagikan kepada public. Misalnya, kita mungkin menginginkan sistem peer review untuk tulisan kita. Sebelum dipublikasikan kita menyimpannya di drive atau cloud kemudian dibagikan kepada orang yang kita percaya untuk membaca dan memberikan masukan. Bisa juga satu kelompok organisasi kita menjadi partner peer review tulisan. Hal ini pun akan sangat membatu kita untuk menghasilkan tulisan yang lebih rinci melalui dua atau tiga fase pengeditan menyeluruh sebelum publikasi.

Cara mendokumentasikan tulisan penulis bisa bervariasi tergantung pada kemampuan dan kebiasaan penyimpananya. Minimla menyimpan di flash disk untuk memudahkan distribusinya lewat perangkat komputer ketika mengedit.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed