Menanggapi Berita Hoax Dan Pentingnya Manage Waktu Dalam Penggunaan Gadget

             

Saat ini bumi semakin tua, akan tetapi teknologi semakin modern terutama teknologi komunikasi. Zaman dahulu teknologi komunikasi kita bisa memakai surat- menyurat melalui kantor pos dan hanya orang tertentu saja yang mulai memakai handphone. Zaman sekarang bahkan banyak sekali jenis handphone dengan merk dan bentuk yang berbeda- beda.

Generasi muda sekarang harus bertautan dengan gadget apalagi kondisi sekarang yang mengharuskan pelajar dan mahasiswa berhubungan lebih dekat dengan gadget. Akan tetapi masih banyak anak muda yang salah dalam menggunakan  gadget, dan sangat disayangkan dengan hal ini karena akan berakibat fatal apalagi terkait masa depannya dan generasi bangsa mendatang.

Ada dua sisi dalam penggunaan gadget, yaitu sisi negatif dan sisi positif. Sisi positif yaitu kita bisa dengan mudah mendapatkan banyak  informasi melalui gadget, meningkatkan pengetahuan, meningkatkan memampuan dll. Sedangkan sisi negatifnya yaitu pemakaian gadget dalam jangka waktu panjang dapat merusak kesehatan baik kesehatan mata, maupun organ-organ tubuh dalam lainnya.

Sebenarnya banyak sekali sisi positif yang dapat kita temukan dari penggunaan gadget ini, akan tetapi masih banyak juga anak muda yang salah mengartikan penggunaan gadget. Contohnya  menggunakan gadget dengan bermain game hingga berjam- jam, menonton film hingga larut malam, chatting bersama temannya sampai lupa waktu yang dan bahkan sampai lupa akan kewajibannya.

Dengan pemakaian gadget yang berlebihan ini bisa memberikan dampak negatif juga terhadap kesehatan, contohnya seperti susah tidur atau insomnia, kantung mata membesar. Kita bisa menghentikan kebiasaan buruk tersebut hanya dengan niat atau kemauan dalam diri kita sendiri, jika bukan diri kita yang merubahnya siapa lagi. Apalagi kesehatan nomor satu diatas segalanya, oleh karena itu lebih baik mencegah daripada mengobati.

Terkadang pun penggunaan gadget secara berlebih dikarenakan mahasiswa atau pelajar yang mengerjakan tugas hingga larut malam sampai lupa batas waktu yang dianjurkan. Mereka rela begadang hingga larut malam hanya untuk mengerjakan tugas, tetapi balik lagi ke pribadi orang masing- masing jika kita pintar akan memanage waktu maka perihal begadang atau mengerjakan tugas hingga larut malam pun tidak akan terjadi.

Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan mengurangi penggunaan gadget berlebih, yaitu dengan

  • Atur batasan untuk menghentikan  gadget pada jam-jam tertentu
  • Menyibukkan diri dengan sesuatu hal diluar pemakaian gadget
  • Mencoba hal baru tanpa penggunaan gadget, misalnya dengan membaca novel
  • Banyak meluangkan waktu dengan keluarga

Gadget pun tak lepas dari berita hoax, kita harus pintar-pintar memilah mana berita yang benar dan mana yang tidak. Apalagi era sekarang ini banyak sekali berita-berita  yang tidak jelas asal usulnya dari mana, dan kita harus bisa menyikapi dengan baik dalam meresap berita-berita tersebut.

Menurut kominfo, ada beberapa cara dalam mengatasi berita hoax (palsu) yaitu dengan cara :

  • Harus hati-hati dengan judul yang memprovokasi
  • Cermati terlebih dahulu alamat situs berita
  • Periksa fakta atau kebenarannya
  • Mengecek keaslian dari foto yang beredar
  • Dan ikut serta dalam grup anti hoax

Sebagai anak muda generasi millenial  kita harus berhati-hati dalam menanggapi kabar atau berita hoax yang beredar di masyarakat umum, karena jika kita serap matang-matang berita palsu yang beredar di kalangan umum maka akan berdampak buruk dan bahkan akan menyebabkan kesalahpahaman akibat berita hoax tersebut. Oleh karena itu kita harus pintar memilah berita yang ada agar tidak mudah termakan hoax diluar sana.