H -1 Umroh : Baberes Koper

Tiga hari menjelang keberangkatan Ibadah Umroh cukup banyak alat perlengkapan harus dipersiapkan. Segala keperluan itu dimasukkan ke dalam 3 koper. Koper bagasi, koper cabin dan tas tenteng. 3 jenis koper itu berbeda fungsi sesuai ukuran.

Koper besar nanti diletakkan di bagasi pesawa, isi pakaian. Segala bentuk busana disesuaikan prosesi ibadah umroh. Pasti ada pakaian Ihram 2 stel serta baju koko kain sarung dan gamis. Koper cabin berisi pakaian ganti selama perjalanan serta alat peralatan lain seperti sajadah dan kopiah.

Sedangkan tas tenteng di gunakan untuk menyimpan kitab suci Al Qur’an, buku manasik umroh dan doa serta  pasport. Kacamata,   ponsel juga  dompet, obat obata & vitamin. makanan kecil serta air minum mineral.  Tas ini jangan terlalu berat  bersebab posisi si  tas gantung selalu melekat di badan.

Sepertinya sudah beberapa hari lalu Isteri tecinta HJ Enida Busri sibuk memilah pakaian mana  akan di bawa ketanah suci. Pakaindan pelatan ibadah disimpan di 3 koper tersebut sesuai dengan kebutuhan.  Informasi dari shohib yang baru pulan Umroh, cuaca di Tanah Suci agak dingin.  Jangan lupa membawa jaket tebal, katanya.

Sebelum lanjut meneruskan reportase Umroh awak kabarkan kepada sobat bahwa tulisan ini diketik dan posting menggunakan fasilitas ponsel. Pasalnya untuk membiasakan diri agar nanti di Tanah Suci bisa tetap menulis. Biasanya awak menulis di personal computer atau laptop selama ada dirumah kantor YPTD.

Yes ini sessi uji coba. Mudah mudahan tidak ada kendala berarti menulis diperangkat lebih kecil namun praktis. Memasukkan  dokumentasi foto umroh kedalam tulisan merupakan hal mustahak. InshaAllah melalui uji coba kendala itu bisa diatasi dengan cara belajar dan bertanya.

Alhamdulillah ibadah umroh nan tertunda 2 tahun lalu bersebab pandemi covid 19,  inshaAllah kami rombongan Hawla Mabrur (HM)  Travel  diperjalankan ke tanah suci Madinah dan Mekah.  Bersyukur tak terhingga karena keharusan  karantina dan pcr sudah ditiadakan Kerajaan Saudi Arabia. Syukran Katsiro Syed.

Tentu kami 30 jamaah bersama ratusan Jamaah Indonesia lainnya merasakan kenikmatan luar biasa mendapat kesempatan lebih banyak beribadah di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Jadwal Ibadah Umroh sudah disusun rapi Tim Manajemen HM mulai tanggal 25 Maret sampai 7 April 2022.

Ritual mendoa menjelang memasuki Ramadhan telah diselenggarakan di Tempino Jambi. Demikian pula santunan untuk anak yatim dan saudara dhuafa  tetangga Kampung Bojong. Mohon doa selamat agar prosesi ibadah umroh memperoleh karunia redha Allah SWT serta keberkahan berupa perlindungan keselamatan. Aamiin.

  • Salam Literasi
  • BHP 23 Maret 2022 / 20 Sya’ban 1443 H
  • Thamrin Dahlan