Silaturahim dengan Bapak Haji Pudjo dan Ustazd Fadhil Bastaman di kediaman 

 

Baca Doa Ini Setelah Ngobrol Lepas

Jum’at 2 Juni 2023 pukul 08.00 saya menerima tamu 2 orang sahabat dari Masjid Jami An Nur Polsek Ciracas Jakarta Timur.  Bapak Haji Pudjo Pengurus Masjid dan Ustazd Fadhil Bastaman Imam Rawatib.

Silaturahim penuh berkah di hari mulia seperti ini acap kami lakukan sesama jamaah masjid.  Pasalnya saya ditakdirkan menjadi Khadimullah Masjid yang terletak si Asrama Polri Komseko RW 05 Kelurahan Rambutan  selama 3 periode.

Kami menyebut pengurus masjid atau Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dengan panggilan Khadimullah.  Makna nya pelayan yaitu mengikuti kerendahan hati Raja Salman yang memposisikan diri sebagai  Khadimul Haramain. Raja Kerajaan Saudi Arabia  sebagai Pelayan Dua Tempat Suci. Masjidil Haram Mekkah dan Masjid Nabawi Madinah.

Kedatangan sahabat selain bersilatarahim mengantarkan Surat dari Panitia Hari Raya Haji Idul Adha. Insha Allah Tahun 1444 seperti tahun tahun sebelumnya  Hijriah Keluarga besar Thamrin Dahlan melaksanakan kewajiban memotong Hewan Qurban bersama jamaah lain berupa hewan sapi.

Ustazd Fadhil menguraikan rencana detail terkait pelaksanaan ibadah Idul Adha.  Alhamdulillah Masjid yang dibangun tahun 1966 semakin makmur.  Motto Shalat Fardhu Seramai Shalat Jum’at lambat laun terwujud.

Ketika itu bersama Khadimullah kami memiliki program memakmurkan masjid Jami An Nur dengan 3 strategi.  Pertama wajib ada Iman Rawatib yang menetap di Masjid. Kedua memperbanyak majelis taklim sampai 5 kali dalam sepekan.  Ketika merawat masjid agar tetap bersih dan suci sehingga aman, dan nyaman untuk beribadah.

Buku Maget Baitullah karya Thamrin Dahlan terbit Tahun 2019

3 strategi itu  saya tulis kemudian kumpulan artikel diterbitkan menjadi buku .  Judul Magnet Baitullah 3 strategi memakmurkan masjid.  Alhamdulillah dokumen literasi ini menjadi acuan bagi jamaah bagaimana  berupaya seoptimal mungkin memakmurkan masjid semata .mengharap redha Allah SWT.

Suka duka dan dinamika menjadi marboot masjid disikapi dengan motto Fastabiqul Kahaert ; berlomba lomba berbuat kebaikan. Selalu meluruskan niat ketika mendapat amanah sebagai  Pelayan Masjid.  Ketika anda menanam padi maka rumputpun akan tumbuh.  Begitu pula ketika ikhlas berbhakti mengurus Tempat Ibadah maka hidup dan kehidupan anda akan di urus Allah  SWT.

Tentu saja dalam berbincang tidak terlepas membicara hal hal terkait saudara seiman.  Bisa jadi terlupa omongan omongan itu walupun beritikad baik di kuatirkan menjadi ghibah.  Itulah sebabnya sebelum kami berpisah saya meminta Ustazd Fadhil memimpin doa.

Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu (RA), yang artinya:

“Barangsiapa yang duduk di suatu majelis lalu banyak senda guraunya (kalimat yang tidak bermanfaat untuk akhiranya), maka hendaklah ia mengucapkan sebelum bangun dari majelisnya itu,

Subhaanakallaahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta, astaghfiruka, wa atuubu ilaik’.” 

Artinya:

“Mahasuci Engkau, wahai Allah, dan dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Aku meminta ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu); kecuali diampuni baginya dosa-dosa selama di majelisnya itu.”

(HR. Tirmidzi, no. 3433).

Ternyata doa ini dinamakan Doa Kafaratul Majelis. Ustazd bersama jamaah membaca doa ini ketika mengakhiri tausyah pada satu Majelis Taklim.

Menurut Ustazd Fadhil doa ini bisa juga di baca setelah kita ngobrol lepas bersama teman dimanapun tempat dan topik pembicaraan. Mungkin saja secara tidak sengaja ada ghibah atau membicara kan orang lain.

Bersebab hal itu ada baiknya secara bersama sebelum bubar berpisah kita membaca doa Kafaratul Majelis. Berharap  agar kita diampuni dari segala dosa. Ya Rabbal Alamiin.

Seketika saya ingat bagaimana sikap perilaku Almarhum Ayahanda Haji Rd. Dahlan bin Affan. Beliau selalu memisahkan diri ketika  berada dalam pergualan yang berbicara menjurus membicarakan kebaikan atau aib seseorang. Subhanallah.

Sebelum sahabat pamit kami berjanji nanti Bada Shalat Jum’at di Masjid Jami’  An Nur akan melanjutkan silaturahim.  Silaturahim ke rumah Pak Guru Sigit dan Istri  yang akan menunaikan Ibadah Haji. Labbaik Alluham Labbaik

Semoga kita mampu menjaga lisan dalam bertutur kata dalam pergaulan sehari hari. Sunatullah Rasulullah Nabi Muhammad SAW selalu berupaya memperbaiki Akhlak. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

 

  • Salam Jum;at Penuh Berkah
  • BHP, 2 Juni 2023/ 13 Dzulqaidah 1444 Hijriah
  • Thamrin Dahlan