thamrindahlan

Selamat Ahad Pagi Sobat Perusuh.

Anda sudah mendaftar Gathering Perusuh #2. Semoga terpilih ya.

Laporan pandangan mata Abah diatas Kalimantan menyadarkan kita betapa bopeng bo[peng mencoreng tanah borneo.

Anda sudah tahu Bopeng itu kalau di wajah walaupun sedikit namun merusak pemandangan. Bopeng dirasakan juga oleh ybs sehingga merasa rendah diri.

Demikian pula pulau Kalimantan. Bopeng dimaknai sebagai danau danau (buatan) manusia akibat eksploitasi hasil bumi bernama batubara.

Kasihan dikau Pulau yang tadinya berperan sebagai Paru Paru Dunia, Borneo nestapa. Setelah illegal logging kini hasil bumi itu dinikmati sebagian kecil orang saja.

Mereka kaya sangat raya sedangkan rakyat di sekitar tambang batubara masih begitu saja.

Berbeda dengan hasil pertanian yang melalui proses tanam, pupuk dan merawat terus menunggu waktu panen sembari mengusir hama. Proses cukup panjang dan melelahkan.

Wahai tuan tuan di Kalimantan, anda tinggal ambil (mengeruk) saja. Tidak ada proses seperti yang dilakukan para Petani Indonesia.

Artinya, tepatnya seharusnya hasil bumi nan anda ambil itu sebagian besar untuk negara nan digunakan untuk sebesar besar nya kejahteraan rakyat.

Awak tak habis pikir kenapa Pemerintah tidak melakukan penambangan mandiri melalui BUMN seperti Tambang Batubara di Muara Enim Sumsel dan juga (dulu) Ombilin Sawahlunto Sumbar.

Ya sudahlah keluhan ini semoga dibaca oleh para pihak merasa mem=bopeng-kan Kalimantan. Tak lama lagi pulau ini hilang kecuali IKN.

  • Salamsalaman
  • BHP 20 November 2023
  • TD