Hilirisasi Bukan Barang Baru

 

Thamrindahlan

Have a nice week end.

Hilirisasi (Penghiliran) sesuai penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia : Proses pengolahan bahan baku menjadi barang siap pakai. Tujuan untuk meningkatkan add value (nilai tambah) produksi dalam negeri.

Kosa kata hilirisasi menjadi viral akhir akhir ini. Awam patut paham se pahamnya apa makna hulu dan hilir.

Sementara itu yang ada di benak masyarakat sebuah ungkapan narasi nasehat nenek moyang :

  • Berakit rakit ke hulu /
  • Berenang renang ke tepian /
  • Bersakit sakit dahulu /
  • Bersenang senang kemudian /

Sesuai nasehat diatas tadi ternyata Hilirisasi Kang Rudi mengelola Porang sangat cocok. Patut dipuji ke tegaran dan semangat juang tak mengenal lelah.

Kata penutup Abah sungguh sangat menyentuh hati. Pemerintah tidak harus membantu . Yang penting jangan menganggu.

Sobat perusuh bisa menafsirkan bebas kata penutup Hilirisasi Rudi. Saat ini masih Jokowi Presiden sampai Ahad 20 Oktober 2024.

Presiden terpilih nanti siapapun dia pasti sudah paham makna hilirisasi. Pasalnya kosa kata itu sangat banyak di bahas terutama di acara debat,

Salut juga untuk leluhur Wong Kito Palembang. Mereka mengabadikan ulu dan ilr menjadi nama Kecamatan sesuai pembelahan kota Palembang oleh Sungai Musi.

Masih tersimpan di memory permanen Pasar 16 Ilir yang fenomenal. Lokasinya persisi disamping Jembatan Ampera hasil pampasan perang Jepang. Demikian pula Stasiun Kereta Api Kertapati di Kecamatan Sebrang Ulu 1. Inilah alat tranportasi murah meriah menghubungkan rakyat Sumbagsel

Point ingin disampaikan disini : Mudah mudahan anak anak kita duduk di bangku Sekolah Dasar kini bisa menterjemahkan apa makna Hilirisasi. makna sesungguhnya bagi kalian adalah Nilai Tambah Kualitas SDM ya nak.

Jadi hilirisasi bukan barang baru, apalagi setelah  sobat menbaca artikel ini.  Apapun makanan nya minuman nya selalu air ya, jangan yang lain,….

Semoga bermanfaat

Penasaran Penasehat Penakawan

  • Salamsalaman
  • BHP, 25 Februari 2024
  • TD