Merayakan Ulang Tahun Berdasarkan Almanak Hijriah

Ayahanda Haji Dahlan Bin Affan menulis di buku catatamn tanggal kelahiran 5 anak anaknya. Selain menuliskannya di tahun Masehi, Bapak-ku juga menuliskannya bertepatan dengan tahun Hijriah.

Namun apa daya malang tak dapat ditolak, catatan berharga Ayahanda itu hilang tak berbekas. Catatan di raport SR (SD)  sekarang) hanya tertulis Thamrin, lahir 7 Djuli 1952 sesuai  Kalender Masehi

Ibunda Hj. Kamsiah binti Sutan Mahmud memgatakan

“angkau lahir setelah hari rayo……”

Akhirnya rasa penasaran untuk mengetahui tangal kehiran dalam hitungan kalender hijriah awak dapatkan di internet.

Tanggal 14 Syawal 1371 Hijriah adalah hari kelahiranku, setelah di conventer dari bilangan tahun Masehi 7 Juli 1952.

Benar 14 Syawal adalah 2 pekan setelah merayakan Idul Fitri,  Ingatan emak luarbiasa.

Jadi hari ini adalah hari ulang tahun ke 74. Lebih tua bukan ? ya lebih tua 2 tahun dari hitungan Masehi, karena pada hitungan masehi umurku barulah 72 tahun nanti 7 Juli 2024

Begitulah, memang ada perbedaan 11 hari setiap tahun antara Kalender Masehi dengan Kalender Hijriah. Itulah sebabnya hari Raya Idul Fitri jatuhnya mundur terus.

Secara kumulatif perbedaan hitungan  menjadi 1 tahun setelah berlangsung 30 tahun. Artinya ketika anda berusia 30 tahun maka otomatis usia hijriah 31.

Hitungan hari di bulan bulan Hijriah antara 30 hari dan 29 hari. Tidak akan terjadi hitungan paling sedikit seperti bulan Februari Kalender Masehi. Selain umur bulan 30 atau 31 tercatat  28 hari setiap empat tahun.

Bagi anda yang sudah mengetahui persisnya tanggal lahir Masehi dan belum tahu jatuhnya pada tanggal dan bulan serta tahun hijriah, hisa melakukan conventer melalui web :

http://www.islamicfinder.org/dateConversion.

Masukan data hari jadi anda dan dalam sekejab  maka  terhidanglah tanggal, bulan dan tahun hijriah. Bisa jadi anda lahir bulan Rajab, Bisa Ramadhan atau bisa jadi di bulan Syafar. Who knows

Dan rayakan hari jadi itu, (bisa setahun 2 kali) atau sering di sebut MILAD seperti saya merayakan Milad ke 74 tahun hari ini.

Dokumentasi foto diatas di ambil pas Ulang Tahun ke 74 di ruang kerja Penerbit YPTD.   Bersyukur menerima karunia Allah SWT berupa Nikmat Iman, Islam, Kesehatan dan Kesempatan.

Menunda proses pikun dengan cara aktif membaca, menulis dan mengaji.  Perbanyak silaturahim kemudian berbagi kebaikan baik berupa sedekah maupun menyapa  sopan santun kepada sesama maklhluk.

Olahraga tenis meja 2-3 kali sepekan,  Jalan kaki olahraga bersama istri di sekeliling Perumahan Bumi Harapan Permai Kelurahan Dukuh Kramatjati Jakarta Timur.

Nah hari ini siapa mau memberi ucapan selamat ??? Belum populer ya merayakan ulang tahun di hitungan Hijriah.

Hehehehe, …. kalau tanggal 7 Juli 2024 nanti cukup banyak sekali yang kasih selamat dengan ucapan standard :

SELAMAT ULANG TAHUN, SEMOGA PANJANG UMUR, BANYAK REZEKI DAN SUKSES  ……. AMIN

atau Yaumul Milad Barakallahu Fii Umrik. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

  • Thamrin bin Dahlan Ibnu Affan
  • BHP, 14 Syawal 1445 Hijriah / 23 April 2024
  • TD