Arsenal Kokoh di Puncak Klasemen Premier League

Arsenal masih kokoh di puncak klasemen Premier League hingga match week ke 14 ini mengumpulkan 33 poin. The Gunners berhasil menang 2-1 atas Wolves di Emirates Stadium pada Sabtu (2/12/23).

Sementara itu Manchester City masih membututi di peringkat kedua dengan 29 poin menyisakan satu laga menjamu Tottenham Hotspur di Etihad Stadium, Minggu (3/12/23).

Jika City berhasil menang atas Spurs, maka mereka hanya maksimal mengumpulkan 32 poin masih selisih satu poin dari Arsenal. Artinya mereka tidak bisa melakukan kudeta pada pimpinan klasemen Premier League. 

Laga City menghadapi Tottenham Hotspur adalah laga Super Sunday. Laga ini diperkirakan sangat ketat kendati tuan rumah City masih memiliki keunggulan untuk meraih poin.

City harus meraih kemenangan atas Spurs jika mereka tidak ingin dilewati oleh Liverpool yang pada hari yang sama juga memainkan laga mereka yang ke-14.

Skuad asuhan Juergen Klopp ini menjamu Fulham di Anfield. Bermain di kandang Liverpool diprediksi akan meraih kemenangan atas Fulham.

Oleh karena itu jika City bermain imbang dengan Spurs, sudah jelas Liverpool akan menyodok ke peringkat kedua.

Apalagi City sampai kalah dalam laga tersebut, mereka kehilangan 3 poin berharga.

Selain itu pada posisi ke-4 ada Aston Villa yang jika mereka menang atas tuan rumah Bournemouth, maka Villa akan berada di posisi ketiga menggeser City ke peringkat 4.

Dari gambaran tersebut, maka laga di Etihad itu menjadi wajib menang bagi skuad asuhan Pep Guardiola ini. Melihat skuad yang mereka miliki, modal untuk menang atas Tottenham masih menjadi target yang optimis.

Namun bukan berarti Tottenham akan dengan mudah menyerah dalam laga yang bagi mereka juga sangat penting untuk mempertahankan posisinya di klasemen.

Tottenham ada di peringkat 6 dengan 26 poin sama dengan jumlah poin yang dimiliki oleh Newcastle United yang sudah memainkan laga mereka yang ke-14.

Untuk itu Tottenham minimal meraih imbang atas tuan rumah City untuk bisa menggeser Newcastle United di posisi ke-5.

Dengan hasil imbang Tottenham meraih satu poin untuk menambah menjadi 27 poin melewati The Magpies yang memiliki 26 poin.

Laga pekan ke-14 di Top Ten akan menentukan posisi tim-tim yang bertanding yaitu Manchester City, Liverpool, Tottenham Hotspur dan Aston Villa.

Selain City menghadapi Tottenham, pekan ke-14 ini juga menyajikan Aston Villa bertandang ke Bournemouth dan Liverpool menjamu Fulham.

Sementara itu Arsenal masih nyaman tidak tersentuh di posisi puncak setelah mereka menang tipis 2-1 atas tamu mereka Wolves di Emirates Stadium, Sabtu (2/12/23).

Bukayo Saka dan Martin Odegaard para pelaku pencetakgolkemenangan bagi The Gunners.

Bahkan Bukayo Saka berhasil menyabet Man of The Match berkat permainannya yang sangat memukau.

Gol cepat Saka ketika laga baru berjalan 6 menit berawal dari umpan satu-dua cepat dengan Gabriel Jesus di kanan membelah pertahanan Wolves.

Pemain winger The Three Lions ini menerima umpan Takehiro Tomiyasu dengan tenang dan setelah melakukan defleksi, ia memasukkan bola ke sudut tiang jauh gawang Wolves.

Gol cepat ini sangat berpengaruh pada performa skuad asuhan Mikel Arteta malam itu membuat para pemain lebih bersemangat.

Mereka benar-benar menguasai permainan dan gol kedua lahir berkat tembakan Martin Odegaard hanya 8 menit kemudian.

Para pemain bertahan Wolves sekan terpukau saat Oleksandr Zinchenko memainkan umpan satu-dua dengan Gabriel Jesus.

Dia kemudian memberikan bola kembali kepada kapten Arsenal Martin Odegaard. Tembakannya berhasil menaklukkan kiper Wolves, Jose Sa.

Arsenal unggul 2-0 hingga babak pertama usai. Wolves pada babak kedua hanya mampu mencetak satu gol untuk memperkecil ketinggalan mereka hanya 4 menit sebelum laga berakhir melalui kreasi Matheus Cunha.

Pertahanan Arsenal terlalu kokoh untuk mereka menambah gol lagi. Laga malam itu menjadi milik tuan rumah Arsenal dengan kemenangan 2-1 sekaligus meraih 3 poin penuh.

Jadwal bulan Desember 2023 ini sangat padat terutama nanti saat jadeal Boxing Day yang berlangsung satu hari setelah perayaan Natal.

Tepatnya pada pekan ke-19 dimana Arsenal akan menjamu West Ham United. Ini adalah laga derby London yang tidak boleh dianggap remeh oleh skuad Mikel Arteta.

Arsenal masih kokoh hingga pekan ke-14 ini. Untuk sementara mereka tidak bisa digeser oleh tim manapun termasuk Manchester City yang hanya maksimal meraih 32 poin jika mereka menang atas Spurs di pekan ke-14 ini.

Salam bola @hensa