Peran handphone terhadap generasi muda

Gaya Hidup11 Dilihat

“Peranan handphone terhadap diri sendiri di generasi milenial”

Di jaman yang sudah canggih ini pasti orang – orang membutuhkan barang memilliki teknologi tinggi contohnya seperti handphone, tapi apasih peranan handphone terhadap diri kita di Generasi milenial??? Handphone merupakan alat komunikasi yang memudahkan kita untuk berinteraksi dengan seseorang baik dari jauh maupun jarak dekat melalui sistem online.

Handphone memudahkan masyarakat mengakses apapun dari seluruh penjuru dunia. Handphone juga dapat kita manfaatkan untuk melakukan kegiatan – kegiatan yang menghasilkan uang, contohnya para pembisnis mereka bisa memantau investasinya mereka dengan hanya mengandalkan handphone dan mereka mendapatkan profit (pendapatan bersih).

Hal ini bisa memotivasi kita untuk berkreasi dalam menggunakan handphone dan mendapatkan referensi. Di handphone dapat kita gunakan untuk menghibur diri dengan mengakses aplikasi musik, film, dll. Handphone juga di generasi milenial digunakan sebagai sarana bermain games bersama kawan-kawan untuk mengisi waktu luang.

Handphone bagi diri saya adalah buku digital karena di handphone saya dapat mengakses materi-materi pembelajaran dan lebih mudah dipahami karena bisa melihat video dengan mudah. Di handphone juga saya bisa berinteraksi dengan teman – teman dengan menggunakan pesan tesk (chat) dan video call.

Disini kita bisa simpulkan bahwa handphone memiliki sisi positif yang banyak dan sangat berguna untuk masyarakat. Handphone juga lama – lama akan berkembang pesat dan makin mudah kita mengggunakan handphone, hal ini tentu akan memiliki dampak negatif yang banyak juga.

Handphone memiliki sisi negatif yang dapat mengakibatkan jasmani dan rohani terganggu. Jika terus menerus menggunakan handphone maka akan mengakibatkan gangguan kejiwaan (kecanduan) dan jika sering menonton video tidak senonoh (pornografi) di handphone mengakibatkan daya kerja otak menurun (sering lupa) .

Sebagai generasi muda kita harus tetap berpikir bijak dengan teknologi seperti handphone apalagi dalam menggunakan sosial media, karena jika tidak kalian akan mengalami kerugian yang sangat besar, contohnya kalian menggunakan handphone kemudian kalian memposting hal – hal yang mengandung pencemaran nama baik, sara, radikalisme, dll.

Hal ini dapat di pidana dengan undang – undang ITE (informasi dan transaksi elektronik), Jadi bijaksanalah dalam mengakses handphone. Dan juga di handphone Pasti akan ada namana jejak digital dan disinilah kita harus berpikir bahwa yang kita lakukan di sosial media (memposting) merugikan orang lain atau tidak.

Tetapi di Indonesia banyak masyarakat yang belum bijak dalam menggunakan handphone ,masih banyak yang suka mengadu domba dan menyebarkan berita – berita Hoax tanpa mencari kebenaran dari berita itu. Sebagai generasi muda disini kita harus bisa membedakan mana berita yang benar mana salah.

Maka dari itu kita sebagai generasi muda harus bijaksana dalam menggunakan handphone, bisa mengontrol diri kita untuk tidak terlalu sering menggunakannya dan menggunakan sisi positifnya saja. Jika tidak, kalian akan terkena resiko akibat dari ulah diri sendiri yang tidak bijak dalam menggunakan handphone.

Tinggalkan Balasan