Menyikapi kemajuan teknologi terutama handphone dalam kegiatan sehari- hari

Terbaru44 Dilihat

 

Menyikapi kemajuan teknologi terutama handphone dalam kegiatan sehari- hari

Perkembangan teknologi yang semakin maju pada era industri 4.0 ini sangat disayangkan karna memiliki dampak positif maupun negatif. Secara dampak positif ,konsep syariah akan diterima oleh masyarakat contohnya penggunaan smartphone yang dapat diakses oleh masyarakat diseluruh dunia. Namun semakin pesat mempengaruhi gaya kehidupan yang semakin mencolok. Itu karena perkembangan teknologi mempengaruhi model komunikasi massa untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
Dulu,internet mungkin dianggap sebagai sesuatu yang “wah” dan rumit bagi orang awam , namun sekarang bisa kalian liat sendiri , internet telat menjadi sesuatu yang umum bagi banyak orang. Atau mungkin kalian termaksud salah satu diantaranya yang mempunyai hampir semua akun dijejaring sosial ,dan berinteraksi secara intensif dengan individu lain secara maya.
Dizaman sekarang ini beberapa individu mungkin terlalu over dalam memandang atau menggunakan gadget miliknya. Dimanapun dan kemana individu tersebut berada,mereka tidak akan lepas dengan handphonennya. Ditambah lagi sekarang ini sudah memasuki era smarphone ,sehingga banyak yang bisa dilakukan dalam satu genggaman saja.
Disamping itu makin kecanduannya anak-anak sekarang, jangan kan anak-anak saja bayi pun juga kecanduan, namun orang tua jaman sekarang anak bayi baru umur 2 bulan – 1 tahun saja sudah diperlihatkan handphone seperti menonton youtobe supaya anaknya diem dan tidak rewel itu sama saja menjerumuskan anaknya sendiri ke hal-hal yang negatif, dengan beberapa video game hardware pemutar game, seperti kemunculan alat-alat konsol game yang semakin atraktif ,tablet, dan smarphone.
Tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Inovasi demi inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif dan kemudahan untuk melakukan berbagai aktifitas. Walaupun pada awalnya inovasi tersebut banyak menghasilkan manfaat positif, disisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.hal inilah yang harus disadari betul untuk menyikapi secara bijak.
Diawali dengan dampak positif perkembangan IPTEK yang memberikan berbagai kemudahan kepada manusia untuk menjalankan aktifitasnya. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan perindustrian dan telekomunikasi. Contohnya: pertama, kini untuk membajak sawah petani tidak lagi menguras tenaga dan waktu karena dengan mesin pembajak sawah yang ada sekarang penanaman dapat lebih cepat di laksanakan tanpa memakan waktu yang lama dan tidak pula terlalu membutuhkan tenaga yang banyak.
Kedua, adalah dapat mempermudah komunikasi. Dengan alat canggih bernama handphone ,komunikasi adalah hal yang sangat mudah. Tidak perlu wdaktu yang lama, tidak peduli berapa jauh jaraknya kapanpun dan dimanapun komunikasi dapat dilakukan. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi orang-orang yang tidak tinggal bersama orang tua mereka.kemajuan yang bermanfaat bukan?
Ketiga, bertambahnya pengetahuan dan wawasan. Dengan adanya leptop,computer dan gadget-gadget yang dilengkap dengan fasilitas internet, pengetahuan dan wawasan sangatlah mudah didapatkan. Contohnya: `sekarang dimasa pandemi covid-19 sistem belajarnya online dirumah terkadang jaringan yang juga susah didapatkan, mungkin karena daerah di rumahnya yang susah mendapatkan jaringan atau sinyal , maka dari itu belajar dirumah itu sangat tidak begitu enak seperti tidak bisa bertemu teman-teman secara langsung,tidak bisa bertemu guru atau dosen, namun secara langsung dan tidak langsung pembelajaran online tidak mudah untuk dimengerti mengapa? Karena kita sebagai siswa atau mahasiswa tidak bisa bertanya langsung dengan detail apa yang kita tidak tau sama sekali tentang materi yang sudah dijelaskan tersebut.
Setelah membahas dampak positif perkembangan IPTEK mari kita bahas pula dampak negative perkembangan iptek. Pertama, hilangnya budaya tradisional. Dengan berdirinya berbagai gedung mewah seperti mall, perhotelan dcll, mengakibatkan hilangnya budaya tradisonal seperti kegiatan dalam perdagangan yang dulunya lebih dikenal sebagai pasar tradisional kini berubah menjadi pasar modern.budaya saling menyapa antar tetangga juga semakin tergusur terutama di daerah perkotaan elite.
Kedua, penggunaan teknologi yang sering disalahgunakan. Hal ini menjadi masalah terbesar yang sampai sekarang belum terselesaikan. Terutama kemudahan pengaksesan video porno yang berakibat fatal pda perkembangan kejiwaan anak dan pada akhirnya muncul kasus- kasus criminal seperti pelecehan seksual , pemerkosaan sampai pembunuhan.
Sikap yang paling bijak dalam menghadapi perkembangan IPTEK adalah memanfaatkan dan menggunakan sebaik-baiknya dan kemudahan-kemudahan yang tercipta berkat kemajuan perkembangan IPTEK agar hal-hal yang tidak dfiinginkan tidak terjadi.

Dinda Dwiagneza Amalia
NIM: 20053
Tingkat: 1B
Akademi Keperawatan Polri

 

Tinggalkan Balasan