Tubuh Kita adalah Proyeksi Pikiran Kita

Kesehatan39 Dilihat

Memory

Masih ingat tulisan saya sebelumnya tentang  legenda di Jepang,  anjing dengan seribu cermin?

Yuups!!! Anda benar  cerita tentang bagaimana kita harus berfikir positif.

Akal dan Tubuh saling mempengaruhi

Dr. Herbert Spencer saat memulia kuliahnya di fakultas kedokteran Universitas Harvard mengatakan “Akal dan tubuh saling mempengaruhi”. Untuk menguatkan pernyataannya tersebut, Herbert Spencer meminta seorang mahasiswa maju ke depan kelas. Singkat cerita,mahasiswa tersebut diminta menarik napas dalam dan memejamkan mata. Mahasiswa tersebut melakukan apa yang diperintahkannya. Selanjutnya ” Bayangkan tangan kiri anda memegang sebuah jeruk, sedangkan tangan kanan anda memegang sebilah pisau tajam, dan didepan anda ada sebuah meja”.  Sekarang letakkan jeruk diatas meja sambil  tetap digenggam dengan tangan kiri, sedangkan tangan kanan membelahnya menjadi dua bagian. Selanjutnya ambil sebagian jeruk itu lalu letakkan ke mulut dan dekatkan ke hidung anda. Hirup dalam-dalam dan rasakan aromanya sampe ke sekujur tubuh anda. Dekatkan jeruk ke mulut, masukkan dan kunyah dengan gigi. Sekarang anda rasakan jeruk yang pahit,getir dimulut anda, sebagian sarinya menetes dari mulut dan membasahi bibir anda, sebagian sari yang lain masuk ke tenggorokan hingga membuat anda muntah…”. Apa yang terjadi? mahasiswa tersebut benar-benar muntah. Setelah itu beliau menanyakan ke mahasiwa tersebut apa yang terjadi, kata mahasiswa itu ” Setiap kata yang anda ucapkan aku pikirkan, sehingga aku merasakan seseuatu yang buruk dalam tubuhku, apa yang aku pikirkan seperti benar-benar terjadi”. 

Apa yang ada dalam pikiran anda setelah membaca cerita diatas? Apa yang ada dalam pikiran anda saat ini? Apa yang anda pikirkan tentang tubuh anda saat ini? hanya anda dan Sang Maha Kuasa yang tau.

Mungkin anda pernah mendengar dan sering menjumpai, seseorang  mengeluh bagian tubuh tertentu (misal leher, perut,dll) selalu sakit, sudah berobat kemana-mana baik secara medis maupun non medis hasilnya normal. Usut punya usut ternyata yang bersangkutan mengalami masalah psikosomatis. Psikosomatis terdiri dari dua kata, pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Gangguan psikosomatis adalah penyakit yang melibatkan pikiran dan tubuh, di mana pikiran memengaruhi tubuh hingga penyakit muncul atau menjadi bertambah parah. Istilah gangguan psikosomatis digunakan untuk menyatakan keluhan fisik yang diduga disebabkan atau diperparah oleh faktor psikis atau mental, seperti stres dan cemas.  Sedangkan dalam istilah psikologi, psikosomatis atau penyakit “fungsional” merupakan kondisi yang menyebabkan rasa sakit dan masalah pada fungsi tubuh, walaupun tidak ditemukan kelainan pada pemeriksaan fisik, maupun pemeriksaan penunjang seperti Rontgen atau tes darah. Nah..gak mau kan punya masalah seperti ini?? tentunya kita semua gak mau mengalami masalah seperti ini. So…jangan berpikir negatif terus ya!!!, karena kata Nasrullah dalam buku Rahasia Magnet Rezeki ” Setiap pikiran itu Doa”.

Setiap pikiran itu Do’a

Itulah pikiran kita..suka atau tidak suka, terpaksa atau tidak terpaksa, mau atau tidak mau, akal  kita memang berpikir semuanya dia. Akal kita berfikir 60.000 pikiran setiap hari. Setiap pikiran itu adalah energi listrik yang akhirnya terpancar ke alam. Sekali energi terpancar, energi tidak bisa hilang, tercatat sangat rapi di dalam otak kita yang dibuat oleh Sang Maha Sempurna. Lebih jauh lagi, perlu kita pahami bahwa setiap pikiran itu Do’a. Ya, setiap pikiran itu Doa, karena semua Doa akan dikabulkan oleh Allah SWT..Sang Maha Pengabul Doa, baik yang positif maupun negatif. Sesuai dengan Sabda Nabi saw, “Sesungguhnya Aku berdasarkan prasangka hamba-Ku“(Hadis Qudsi). Sekali lagi ditegaskan, setiap doa dikabulkan oleh Allah, baik yang positf maupun negatif. Seperti dalam firman Alllah dalam Al-Qur’an, ” mintalah kepada-Ku pasti Aku akan kabulkan” (QS.Ghafir (40):60).

Nah…Bagaimana agar tubuh kita tetap sehat, tentunya tergantung bagaimana kita mengelola pikiran kita masing-masing. Tanamkan selalu dalam pikiran kita hal-hal yang positfi sehingga akan terpancar energi positif didalam tubuh kita. Dr. Oz dalam buku YOU mengatakan bahwa ” tubuh anda adalah rumah yang perlu dirawat agar anda selalu nyaman bersamanya. Setiap dimensi dari tubuh kita saling terkait sehingga diperlukan pendekatan yang menyeluruh (holistic)”. Pendekatan holistik memberikan makna bahwa tubuh terdiri dari tiga bagian utama yaitu mind,body, and soul (pikiran, badan dan jiwa). Ketiga bagian tersebut menjadi suatu sistem, artinya apabila ada persoalan pada tubuh atau diri kita, maka kita tidak hanya melihatnya dari faktor fisik saja atau masalah emosi atau pikiran saja dengan mengabaikan persoalan kejiwaan, saat ini kita kenal dengam istilah spiritual. Dalam mengupayakan kesehatan antara fisik dan psikis, tentu akan banyak tantangan, tetapi tantangan dan hambatan tersebut akan menjadi pemicu kita untuk tetap semangat, tetap sehat, dimulai dengan berfikir positif karena tubuh kita adalah proyeksi pikiran kita.

Selamat mencoba!!!!

 

Jalan jalan  ke Jakarta

Liat bunga yang lagi  mekar

Mari jaga pikiran kita

Agar tubuh tetap sehat dan bugar

 

Palembang, 20 Desember 2020

BS

Tinggalkan Balasan