“Don’t Judge” Orang Berkarakter Introvert!

Gaya Hidup19 Dilihat

Pernah enggak kamu temui orang-orang yang memiliki karakter pendiam?

 

Umumnya, kita mudah menghakimi mereka bahwasannya mereka “kuper” kurang pergaulan di lingkungan sosial. Tak ada yang salah kok. Cuman, setiap orang punya karakter.

Ada yang kelihatannya ceria banget, tapi punya banyak masalah. Ada juga yang pura-pura sok kuat dan sok sosial, biar keliahatannya memiliki jiwa sosialita. Padahal apa yang ditampilkan di depan orang lain, tak semenarik dan seromantis ketika ia berada sendiri dengan dirinya.

Sobat, orang pendiam itu adalah orang-orang kreatif. Diamnya mereka adalah memikirkan banyak hal yang berkaitan dengan kreativitas. Bukannya mereka tak mau bergaul dengan orang lain, tapi dikalkulasikan juga hanya membuang waktu untuk membicarakan hal yang tidak mendukung pengetahuan.

Bukan berarti orang yang memiliki karakter pendiam tidak bersosialita. Tapi, ada waktunya untuk berkumpul bersama keluarga dan rekan-rekan sahabatnya. Apalagi orang muda yang berkarakter pendiam, ia akan memilih untuk mengupgrade dirinya. Ketimbang membicarakan hal yang tidak memberikan “insight’ bagi perkembangan usia mudanya.

Ciri-ciri orang pendiam adalah biasanya menarik diri dari lingkungan sosial. Kelihatan murung, padahal memikirkan apa yang dilakukan hari ini dan esoknya. Orang pendiam akan tekun fokus pada kemampuannya. Karena mereka tahu, bahwa hanya melalui passion, mereka bisa membuka relasi dengan orang lain.

Jangan salah loh, relasi orang-orang pendiam itu lebih kompleks antar golongan. Karena mereka tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya. Maka, mereka cenderung memilih untuk menulis, mendesain, dll.

Bagi orang berkarakter pendiam, menulis adalah jalan terbaik untuk membangun relasi dengan sesama. Relasi yang mereka bangun adalah melalui hasil karya mereka. Mereka tak suka banyak berbicara. Tapi, mereka lebih menonjolkan hasil karya. Atau lebih banyak menggunakan kemampuannya untuk menjalin relasi dengan sesama.

Sobat, mengenali diri, berarti mengenali kemampuan dan kelebihan diri. So, budaya men-judge atau menghakimi sesama yang berkarakter introvert/pendiam adalah kesalahan terbesar. Karena setiap orang punya kelemahan dan kekuarangan. Yang terpenting adalah kita saling menghargai dan bekerja sama.

Sobat, bila dunia ini hanya dihuni oleh mereka yang hiperaktif, ataupun yan introvert, tentu dunia tak ada keunikan. Maka, Sang Pencipta juga tahu akan arti dan pentingnya keunikan setiap pribadi. Tujuannya adalah saling memperkaya dalam segala hal.

Tinggalkan Balasan