Argentina Vs Jerman di Semi Final Piala Dunia U17

Argentina di Piala Dunia U17 sudah memasuki babak semi final pada Selasa (28/11/23) berlangsung di Stadion Manahan Surakarta.

Argentina berhadapan melawan Jerman pada pukul 15.30 WIB dan Prancis menghadapi Mali pada pukul 19.00 WIB. 

Diantara laga semi final sebagian besar pengamat lebih menyoroti laga Argentina lawan Jerman mengingat mereka adalah tim-tim yang menjadi favorit juara selain Prancis.

Kedua negara ini pada level senior memiliki tujuh gelar sebagai juara Piala Dunia FIFA.

Namun untuk level kelompok usia muda, baik Argentina maupun Jerman, keduanya belum pernah meraih gelar juara dunia di level U-17 ini sehingga bagi mereka inilah gelar perdana.

Skuad Tango Muda, Argentina menghadapi laga semi final ini dengan semangat luar biasa. Hal tersebut karena mereka berhasil meraih kemenangan 3-0 di babak perempat final atas rival abadinya, Brasil.

Itu adalah kemenangan yang telak yang mereka sendiri seakan tidak percaya. Dengan menyingkirkan Brasil Si Juara Bertahan Piala Dunia U-17 2020 lalu, Argentina penuh percaya diri melangkah ke semi final melawan Jerman.

Namun pelatih Argentina U17, Diego Placente selalu memberikan wejangan kepada skuad asuhannya agar tetap rendah hati.

Placente menegaskan bahwa tim asuhannya tidak akan kehilangan fokus setelah kemenangan yang luar biasa atas Brasil tersebut.

Skuadnya tidak akan bersantai dan seakan sudah juara saat menang 3-0 atas Brasil. Sekaligus laga tersebut adalah balas dendam atas kekalahannya di ajang Conmebol U-17.

Sementara itu kemenangan Jerman atas Spanyol di babak perempat final melalui hadiah penalti, mungkin tidak sehebat kemenangan derbi milik La Albiceleste dan Tim Samba Brasil.

Namun demikian Tim asuhan Christian Wuck itu sangat mengesankan dalam laga tersebut. Mereka mampu bertahan dari tekanan lawan yang memiliki teknik tinggi – bertahan dengan penuh keyakinan untuk kemenangan mereka.

Benteng pertahanan Jerman luar biasa kokoh. Para pemain mampu bergerak tanpa henti menjaga setiap jengkal area pertahan mereka.

Paris Brunner, mencetak gol penentu dari titik penalti di pertengahan babak kedua sebagai satu-satunya gol kemenangan Jerman.

Dalam sesi jumpa pewarta pra laga pelatih Argentina memberikan pernyataan menarik.

“Kami telah bekerja keras dengan para pemain sejak saat itu dan telah berkembang. Kami tahu bahwa kami bisa membuat sejarah.

“Kami bangga dengan apa yang tim senior kami lakukan untuk memenangkan Piala Dunia tahun lalu dan kami akan mencoba melakukan hal yang sama. Kami sangat antusias.”

Demikian Plasente menegaskan kepada para pewarta dalam jumpa pers pralaga seperti rilis laman FIFA.com (27/11/23).

Ada yang menarik dari pernyataan Plasente yaitu skuad Argentina U-17 mencoba untuk mengikuti prestasi yang telah dicapai oleh Timnas Senior Argentina bersama Lionel Messi.

Melihat perjalanan Lionel Messi dan kawan-kawan di ajang Piala Dunia Qatar 2022, mereka terseok-seok di fase grup ketika pada laga perdananya kalah dari Arab Saudi.

Begitu pula dengan Timnas Argentina U-17 juga terseok-seok di fase grup dengan mengalami kekalahan dari Senegal di laga pertama mereka.

Namun setelah melewati fase grup untuk lolos ke babak 16 besar, mereka mampu melewati setiap hadangan lawan-lawannya hingga akhirnya lolos ke semi final.

Pada babak semi final lainnya ada skuad Prancis menghadapi Mali. Tim Prancis diprediksi bisa mengalahkan Mali dan lolos ke babak final.

Sementara Argentina menjadi tim favorit untuk mengalahkan Jerman di semi final. Jika ini terjadi maka Argentina akan berhadapan melawan Prancis di final Piala Dunia U17 2023.

Final tersebut adalah identik dengan laga final Piala Dunia Qatar tahun 2022 dimana Argentina bersama Mega Bintang, Messi meraih juara setelah mengkandaskan Prancis.

Apakah hal itu akan terjadi di ajang Piala Dunia U-17 tahun 2023 di Indonesia dimana Argentina meraih juara setelah menang atas Prancis?

Laga yang sangat menarik kita tunggu. Sementara itu sebaiknya kita nikmati dulu laga-laga semi final Argentina lawan Jerman dan Prancis lawan Mali.

Selamat bertanding Argentina, Jerman, Prancis dan Mali. Hanya tim yang terbaik yang layak lolos kefinal Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Salam bola@hensa17.