Arsenal ke Puncak Klasemen Usai Menang atas Brentford

Arsenal berhasil menggeser Manchester City di Puncak klasemen Premier League usai meraih kemenangan tipis 1-0 atas tuan rumah Brentford. 

Bertempat di Gtech Community Stadium, dengan dukungan 17.000 pendukung, tuan rumah Brentford berhasil menahan gempuran Arsenal hingga menit ke-89 sebelum petaka gol Kai Harvetz. 

Hampir semua mengira laga akan berakhir tanpa gol, ketika kejutan hadir dari sebuah asis winger cepat Arsenal, Bukayo Saka.

Kai Harvetz berhasil mengkonversi asis ini menjadi satu-satunya gol kemenangan bagi The Gunners di menit akhir laga malam itu.

Harvetz bermain sangat baik malam itu sebagai pemain pengganti Gabriel Martinelli. Momen klimaksnya adalah berhasil menyambut umpan silang Bukayo Saka di tiang jauh gawang Brentford.

Lalu Harvetz menyundul bola rendah ke gawang untuk memberi Mikel Arteta hasil sempurna dalam pertandingan ke-200 sebagai manajer Arsenal.

Mikel Arteta sangat jeli mengubah permainan Arsenal dengan memasukkan Kai Harvetz di babak kedua. Sosok ini ditempatkan sebagai pemain berposisi nomor 9 alias striker. Hasilnya ternyata cukup sukses dengan sebuah gol sundulan kemenangan.

Itu merupakan pukulan telak bagi Brentford, yang hanya mengalami kekalahan kedua dalam 11 pertandingan kandang terakhirnya di Premier League, dan tetap berada di peringkat ke-11, dengan 16 poin.

Dengan kemenangan ini Arsenal berhasil memuncaki klasemen dengan 30 poin, unggul satu poin dari Manchester City yang harus turun ke posisi kedua dengan 29 poin.

Arsenal mungkin harus berterima kasih kepada Liverpool yang di laga sebelumnya berhasil menahan tuan rumah Manchester City dengan skor 1-1.

Walaupun saat itu City sempat unggul dari gol yang dicetak Erling Haaland pada menit ke-27 namun Alexander Arnold berhasil menyamakan kedudukan hanya sekitar 10 menit sebelum laga berakhir.

Komposisi skuad Arsenal masih lengkap usai jeda Internasional FIFA pekan lalu. The Gunners menyambut kembalinya Martin Odegaard dan Gabriel Jesus, yang melakukan start pertamanya sejak 21 Oktober 2023.

Aaron Ramsdale juga menjadi starter sebagai penjaga gawang, sementara kiper David Raya tidak memenuhi syarat kebugaran untuk menghadapi klub induknya.

Sebaliknya di kubu tuan rumah, Brentford harus kehilangan beberapa pemain kunci seperti Mathias Jensen, Mads Roerslev dan Nathan Collins yang mengalami cedera selama jeda Internasional FIFA.

Begitu pula Rico Henry, Mikkel Damsgaard dan Josh Dasilva yang harus absen karena masih cedera. Dengan komposisi darurat itu Brentford masih mampu bertahan paling tidak hingga menit ke-89 sebelum gol Harvetz lahir.

Arsenal walaupun sebagai tim tamu, tapi mereka menguasai jalannya pertandingan. Mereka menguasai hampir 65 persen memegang bola. Dengan jumlah peluang sebanyak 15 tembakan, 4 tembakan diantaranya mencapai target dan satu menjadi gol.

Begitu pula Arsenal memaksakan tuan rumah harus menerima 8 kali tendangan sudut ke gawang mereka. Sebagai gambaran bahwa gawang Brentford selalu menerima tekanan hebat dari skuad Arsenal.

Trio penyerang The Gunners, Bukayo Saka, Gabriel Jesus dan Gabriel Martinelli beberapa kali mengancam gawang Brentford. Mereka didukung trio gelandang Martin Odegaard, Declan Rice dan Leandro Trossard.

Sepanjang laga mereka benar-benar buntu menembus gawang Brentford yang dikawal kiper asal Belanda, Mark Flekken. Namun kehadiran Kai Harvetz mengubah segalanya menjadi terang untuk kemenangan The Gunners.

Manajer Arsenal Mikel Arteta menyatakan seperti dirilis Premierleague.com (25/11/23):

“Sangat bahagia, cara kami berkompetisi, cara kami bermain, cara kami terus maju dan terus maju dan saya pikir kami pantas memenangkan pertandingan.

“Pujian yang sangat besar bagi para pemain karena ini adalah tempat yang sangat, sangat sulit untuk didatangi.” Demikian ekspresi gembira manajer  Arsenal Mikel Arteta usai laga tersebut.

Arteta layak mendapatkan kemenangan ini melihat performa skuadnya selama laga berlangsung dalam laga di kandang Brentford.

Formasi 4-3-3yang menyerang sepanjang laga bahkan seharusnya tidak hanya menghasilkan sebuah gol. Mereka memiliki beberapa peluang tapi tidak berhasil berbuah gol.

Selamat untuk Gunners Arsenal, selamat untuk Mikel Arteta. Jangan lupa di puncak klasemen banyak kekuatan yang akan menggoyang mereka.

Salam bola @hensa17.