Sosialisasi Asesmen

Terbaru9 Dilihat

Tiga Puluh Satu

Sosialisasi Asesmen

Pada hari Jum’at kami bersama kepala sekolah mengadakan rapat persiapan sosialisasi asesmen. Dari masing-masing pengurus menyampaikan segala kebutuhan dalam mepersiapkan sosialisasi asesmen. Tidak hanya itu kami dari tim kurikulum menyampaikan juga program akhir tahun kelas sebilan tahun pelajaran 2023.

Setelah menyampaikan beberapa program pada pengurus komite, kami memperoleh kesepakatan untuk melaksanakan kegiatan sosilasasi. Tepatnya tanggal empat belas maret tahun dua ribu dua puluh tiga kegiatan sosialisasi asesmen akan dilaksanakan di ruang kelas tujuh a, b, dan c. Kegiatan ini masih menggunakan ruang kelas dengan alasan belum memiliki aula khusus.

Pada hari senin sebelum pelaksanaan sosialisasi asesmen kami para guru dan staf karyawan melaksanakan penataan ruangan untuk persiapan kegiatan sosialisi. Tepat pukul 09.00 siswa kelas tujuh a,b, dan c sementara kami pindah ke ruang laboratorium komputer 1, 2 dan laboratorium IPA. Selain mempersiapkan tempat untuk sosilisasi asesmen, kami juga mempersiapakan beberapa siswa yang terlibat dalam acara ini.

Seperti pembacaan ayat suci dan tilawah dan pengisi beberapa alunan lagi. Untuk kali ini kami melibatkan beberapa siswa terutama dalam pengisian hiburan. Kegiatan persiapan sudah terlaksana dengan rapih dan selesai sampai sore hari. Tibalah pada hari selasa tepatnya tanggal empat belas Maret 2023 kegiatan sosialisasi asesmen. Beberapa orang tua murid berbondong-bondong menghadiri kegiatan sosialisasi asesmen.

Dua minggu yang lalu kami sempat merasa kaget akan adanya perubahan ujian sekolah. Tahun kemarin diadakan ujian sekolan akan tetapi untuk tahun ini terjadi perubahan secara mendadak. Semula ujian sekolah berubah menjadi asesmen sumatif akhir jenjang tertulis dan asesmen sumatif akhir jenjang praktek, Alasan pemerintah merubah ujian sekolah untuk menyesuaikan kurikulum merdeka serta untuk menyesuaikan ujian sesuai dengan jenjangnya.

Kembali pada kegiatan sosialisasi asesmen. Kegiatan sosialisasi asesmen dimulai dan acara pertama yaitu membacakan ayat suci Al-quran yang akan dilantukan oleh siswa kelas sembilan dan kelas tujuh. Lanjut untuk acara kedua yaitu sosialisasi asesmen yang disampaikan oleh bapak Kepala Sekolah. Kegiatan berikutnya adalah menyampaikan program akhir tahun kelas sembilah tahun 2023 dan 2024.

Seletah penyambaikan sosialisasi acara diselingi dengan karya siswi-siswi smp nePada penyampaian program kegiatan akhir tahun kelas sembilan disampaikan oleh saya sendiri selaku tim kurikulum. Adapun program yang akan dilaksanakan di akhir tahun kelas sembilan adalah pelaksanaan asesmen akhir jenjang dan pelaksanaan perpisahan .

Sebelumnya saya juga mengucapkan apresiasi kepada anak-anak SMP N 2 Wangon telah tampil. Sebenarnya siswa, di SMP Negeri 2 Wangon memiliki banyak talenta hanya saja mereka merasa kurang percaya diri. Setelah menyampaikan apresiasi kepada para peserta didik, saya menyampaikan hasil dari penialaian tengah semester. Pada kesempatan ini kami menanyakan kepada wali murid sudah sejauh mana kedua orang tua dalam mendamping  dalam proses pembelajaran.

Ternyata jawabannya masih banyak orang tua kurang memperhatikan siswa belajar di rumah dengan kata lain membutuhkan pendamping selama proses belajar. Kami selaku perwakilan SMP Negeri 2 Wangon meminta bantuan kerjasamanya dalam mendampingi siswa di rumah selama proses pembelajaran. Alhamdullilah kami sepakat untuk melakukan pendampingan dalam proses belajar baik di rumah maupun di sekolah.

Kegiatan sosialisasi asesmen berlangsung tidak lama hanya tiga jam. Setelah acara sosialisasi asesmen dilanjutkan dengan pembagian hasil penilaian tengah semester. Melalui pembagian hasil penilaian tengah semester membuat kami berserta orang tua satu tujuan yaitu untuk membimbing selama proses pembelajaran di rumah, selalu memantau selaman ujian.

 

Tinggalkan Balasan

4 komentar