Manfaat Persahabatan

Terbaru11 Dilihat

MEMORI FEBRUARI  ke-24

Rabu, 24 Februari 2021

Tantangan Menulis Blog hari ke-24

Lomba Blog PGRI

Manfaat Persahabatan

sumber gambar:robingahspdsd.gurusiana.id

Lusia Wijiatun

Sebagai mahkluk sosial tentu kita membutuhkan orang lain dalam hidup kita,apapun bentuknya kebutuhan tersebut. Pastilah kita membutuhkannya selain dari pada keluarga kita sendiri,ataupun sanak keluarga lainnya.

Salah satunya adalah sahabat.Sahabat yang baik adalah sahabat yang mau memdengarkan keluhan sahabatnya.  Mau mendengar adalah suatu perbuatan yang membahagiakan sahabat itu sendiri atau orang lain. Mengapa?   Karena dengan mau mendengar akan membuat hatinya lega. Serasa beban yang ada  menjadi ringan.pikiran lepas bebas. Terlebih sahabat itu memberikan masukan atau saran yang baik maka bagi yang mendengarkanpun akan bertambah bahagia.

Seorang sahabt yang mau mendengar haruslah bijaksana, di aan menyimpan semua yang didengar dari sahabatnya. Intinya adalah dapat menyimpan rahasia sahabatnya. Hl itu dapat membuat sahabt akan menjadi semakin dipercaya. Baetapa pentingnya sahabat  dalam hidup kita. Apalagi bila sudah terjalin persahabatan, akan membuat semakin bahagia. Namun ada kalanya orang mengatakan ,hati-hati dengan sahabat.

Seperti dalam  peribahasa menggunting dalam lipatan yang artinya mencelakakan atau mengkhianati teman sendiri. Tidak menutup kemungkinan hal itu bisa saja terjadi. Namun  yakinlah bahwa bila kita bersikap baik dengan sahabat maka akan terjalin persabatan itu dengan baik pula. Selalu berpikir positif merupakan salah satu kunsi untuk menjalin persahabatan.

Lalu apa manfaat persahabatan? Menurut pengalaman Bu Widi ada beberapa mamfaat persahabatan yaitu;

  1. Dapat menghilangkan keluh kesah.

Suasana hati yang tidak menentu karena beban pikiran atau beban lainnya akan membuat orang menjadi gaalau. Mau mengungkan dengan keuaraga sendiri terkadang malu,gengsi dan banyak sekali pertimbangan. Dengan sahabat kita dapat menyampaikan keluh kesah, dan akhirnya membuat suasana hati menjadi lega

  1. Menghilang rasa takut dan cemas

Dikala rasa cemas dan takut menhantui diri seorang sahabat akan menghibur kita

Dan memberi dukungan agar kiata sebnatiasan terga.

  1. Memotivasi

Terkadang rasa capai,lelah  dapat mengendurkann suatu niat atau cara kerja. Dengan adanya sahabat  yang selalu menmotivasi,hingga dapat semangat lagi.

  1. Menolong

Sahabat dapat memberikan pertolongan di saat kita membutuhkan pertolongan. Biasanya seorang sahabat akan selalu menolong sebatas kemampuannya.

Sahabat dengan kata lain teman  mengutip dari http: fimela.com     teman menyimpan banyak manfaat dalam kehidupan. Dilansir dari HelpGuide, penelitian dari Harvard Health Publications menunjukkan bahwa memiliki teman akan memberi banyak manfaat kesehatan, seperti berikut ini.

1.Meningkatkan mood

Suasana hati yang baik setiap hari akan memberikan banyak dampak positif dalam hidup, mulai dari lebih banyak senyum, menjalani hari-hari dengan tanpa beban hingga pandangan hidup yang baik. Orang elbih bahagia ketika moodnya baik. Stay a good mood same as staying happy.

2.Menurunkan stres dan depresi

Teman sangat penting menjaga kesehatan mentalmu. Punya teman akan membuatmu tidak merasa kesepian dan sendirian. Karena rasa tertinggal dan kesepian bisa meningkatkan risiko depresi dan keinginan bunuh diri. Memiliki teman mampu melepaskan rasa stres dan tertekan karena kesibukan, teman bisa menghibur dan meringankan beban pikiran.

3.Meningkatkan rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri

Rasa percaya diri akan meningkat karena teman akan membuatmu memiliki self-worth, membuatmu menghargai diri sendiri karena tahu dirimu dibutuhkan orang lain dan diinginkan di dunia ini

4.Membuatmu panjang umur

Sebuah penelitian dari Swedia menemukan bahwa memiliki teman akan membuatmu panjang umur. Seimbang dengan memiliki aktivitas fisik yang baik, mempertahankan pertemanan akan memberikan tambahan usia pada hidupmu.

  1. Memberi dukungan di kala susah dan tua

Teman dalam hal ini bisa jadi pasangan atau sahabat karib. Dukungan dibutuhkan setiap orang untuk tetap memiliki motivasi dan tujuan hidup. Bukan hanya memberikan dukungan dan motivasi, teman juga bisa meyakinkanmu untuk mempercayai kekuatan dirimu sendiri.

Nah,para sahabat,siapan yang tidah butuh teman? Rasanya semua membutuhkan teman ya. Teman sangat penting dalam hidup kita.Mari kita menjaga pertemanan atau persahabtan kita agar tetap terjalin dengan baik. Minimal kalu tidak bisa membahagiakan, janganlah menyakiti. Salam persahabatan

Salam Literasi

Salam sehat dan Bahagia

Lusia Wijiatun,S Pd

No pokok anggota PGRI 07030489783

lusiaucis07.blogspot.com

Tinggalkan Balasan