Awalnya Mulut ke Mulut, Sekarang Sudah Tak Takut

MULA-mula berita mulut ke mulut saja yang saya dengar. Semacam pesan tidak resmi dari teman-teman. Biasalah, jika duduk-duduk santai selalu muncul obrolan berbagai hal. Tidak ketinggalan masalah kesehatan. Apalagi dengan usia menjelang senja, jika ngobrol teman-teman seusia, tema bualnya selalu tidak jauh-jauh dari kesehatan. Di usia senja, kesadaran akan kesehatan, itu memang perlu.

Sekali waktu ada teman mengatakan rajinlah berulam pucuk kates saat makan nasi. Pahit tapi menyehatkan. Ada pula pesan lainnya, rajin ulam atau makan sayur kemangi. Itu juga untuk membuat sehat dan menghilangkan bau mulut. Dan banyak lagi pesan mulut ke mulut. Termasuk khasiat meminum air hangat pada waktu-waktu tertentu. Katanya sangat baik dan banyak khasiatnya.

Sebagai masyarakat awam, kita (saya) selalu menampung dan mencoba praktikkan pesan-pesan yang datangnya dari mulut ke mulut itu. Ternyata benar, apa yang disampaikan itu sangat bermanfaat adanya. Dan ternyata juga, hampir semua yang disampaikan dari mulut ke mulut itu ada di buku atau di tulisan-tulisan yang bertebaran di media, online atau buku cetak.

Tentang meminum air hangat, misalnya selalu orang tua-tua mengingatkannya. Malah cenderung melarang meminum air sejuk (es) meskipun sebenarnya tidak selalu salah atau buruk meminum air es. Tapi saran selalu meminum air hangat itu selalu disampaikan oleh teman-teman kita. Baik langsung maupun dishare melalui media.

Pada banyak artikel dikatakan, ternyata benar kalau membiasakan meminum air hangat itu sangatlah baik untuk kesehatan. Sebuah tulisan pendek yang dimuat di situs hajinews.id pada hari Selasa (25/01/2022) lalu dalam judul, Perlu Tahu! Sederet Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur, misalnya menguraikan manfaat meminum air hangat sebelum tidur.

Dikatakan oleh sejumlah pakar kesehatan –mengutip situs, itu– sekaligus menganjurkan untuk meminum air putih di pagi hari yang akan membantu menjaga metabolisme sampai sistem kekebalan tubuh. Lebih jauh disebutkan bahwa ternyata tidak hanya minum di pagi hari saja yang duanjurkan. Meminum air hangat di malam hari sebelum tidur pun dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Nah, ternyata ini penting bagi kita.

Air hangat memiliki peran penting dalam menjaga fungsi tubuh dan meningkatkan kesehatan serta kecantikan. Salah satu manfaat minum air hangat sebelum tidur adalah membantu tidur lebih nyenyak. Mengutip dari berbagai sumber, beragam manfaat lain minum air hangat sebelum tidur adalah,

  1. Mengusir Stres dan Membuat Tidur Lebih Nyenyak;

Seperti kata hajinews.id, mengutip NDTV, “ketika tubuh kekurangan cairan, mood pun akan memburuk dan tidur akan jauh dari nyenyak dan pulas.” Karena itu, minum air hangat di malam hari bisa menjaga keseimbangan cairan tubuh dan menjaga mood tetap dalam kondisi baik.

  1. Meredakan Hidung Tersumbat:

Ternyata memegang secangkir air panas dan menghirup uap dalam air panas dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan meredakan sakit kepala. Minum air panas dapat membantu menghangatkan area selaput lendir di seluruh sinus dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

  1. Mencegah Kram Perut:

Air hangat bisa mengeluarkan racun yang tertumpuk di dalam tubuh karena mengonsumsi makanan dan minuman. Ketika racun bisa keluar, maka saluran pencernaan pun akan bekerja maksimal. Hal ini bisa menghindari gangguan perut begah atau kram perut di tengah malam.

  1. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh;

Minum air hangat sebelum tidur bisa melancarkan sirkulasi darah dan memicu keluarnya keringat. Keringat yang keluar ketika tidur memang bisa membuat tubuh kehilangan cairan. Namun seiring dengan hilangnya cairan tubuh tersebut, ada racun dan sisa sodium yang juga ikut keluar dari dalam tubuh. Hal ini bisa menyehatkan sel-sel pada kulit dan membuat kulit menjadi kencang dan lembab.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah;

Minum air hangat sebelum tidur dapat memperlancar sirkulasi darah dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya. Bahkan, jika sirkulasi darah lancar, kondisi kesehatan jantung bisa terjaga, sehingga akan terhindar dari beragam penyakit kardiovaskular.

Kini semakin tahu, dan tidak dari mulut ke mulut lagi informasi penting ini didaptkan. Selaian dari teman-teman kita, informasi pentingnya meminum air hangat sebelum tidur dan meminum air putih ketika bangun tidur dapat kita temukan pada banyak bacaan. Awalnya dari mulut ke mulut, ya. Tapi kita malah sudah tidak membuat takut karena informasi itu beanr adanya.***

Juga di mrasyidnur.gurusiana.id

Tinggalkan Balasan