4. #KMAC Guru Penggerak, Transformasi Pendidikan Menuju Indonesia Gemilang.

Berbicara tentang definisi guru penggerak, masih ada chat masuk untuk menyampaikan pendapat serta gagasan mengenai pengertian guru penggerak. Berikut penjelasannya :

  1. Guru penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.
  2. Guru penggerak adalah program pemerintah untuk menyiapkan calon-calon guru yang mempunyai kompetensi yang unggul. Serta menyiapkan calon-calon pemimpin yang mempunyai visi misi yang dapat memajukan pendidikan di Indonesia.
  3. Guru penggerak adalah guru yang kreatif dalam mengajar dan selalu menggali potensi anak didik.
  4. Guru penggerak adalah guru yang mengembangkan pembelajaran dengan berpusat pada murid.
  5. Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya. Bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid,  serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.
  6. Guru penggerak adalah guru sebagai pendidik maupun pengajar yang mampu dan mau bertransformasi dalam pendidikan sehingga memberikan efek positif kepada peserta didik sesuai profil pelajar. Serta pembelajaran yang sesuai prinsip naungan Ki Hajar Dewantara. Guru dalam lingkup sekolah berusaha untuk bisa menjadi pengajar dengan konsep praktik baik dan pembelajaran berdiferensiasi. Serta memberikan imbas positif kepada rekan-rekan maupun warga sekolah baik skala kecil maupun lingkup yang lebih luas. Memberi dampak baik di bidang pendidikan pada wilayahnya dengan mengacu kurikulum yang diamanahkan pemerintah yang saat ini pengembangan implementasi kurikulum merdeka dan pengembangan kurikulum selanjutnya sesuai keadaan zaman.
  7. Guru penggerak adalah guru yang selalu bergerak untuk menambah informasi mengenai dunia pendidikan (KBM). Serta membantu anak mengetahui karakter dan minat di era abad 21.
  8. Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.
  9. Guru penggerak adalah guru yang ditunjuk Oleh Allah dan negara untuk menuntun murid-muridnya menuju kebahagiaan dan keselamatan dalam hidupnya sebagai makhluk individu dan sosial.
  10. Guru penggerak adalah seorang guru yang berkolaborasi dengan praktisi pendidikan di lingkungan sekolahnya. Serta di mana saja untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa menyenangkan dan memiliki karakter profil pelajar Pancasila.
  11. Guru penggerak adalah guru yang menjadi role model bagi guru lain yang dapat menjadi contoh sebagai pemimpin pembelajaran dan menularkan segala pengetahuannya demi menggerakkan pendidikan ke arah yang lebih baik.
  12. Guru penggerak adalah seorang guru yang mendorong tumbuh kembang murid secara menyeluruh dan ikut mengembangkan pendidik lain untuk ikut menerapkan pendidikan yang berpusat kepada murid dan menjadi teladan guna mewujudkan profil pelajar Pancasila untuk masa depan.
  13. Guru penggerak adalah guru yang memperhatikan tumbuh kembang murid dan mengajak sesama guru untuk melakukan pembelajaran berpusat pada murid.
  14. Guru penggerak adalah Guru yang sudah tergerak hatinya. Yang punya motivasi internal untuk murid pada khususnya, dan untuk kemajuan pendidikan di lingkungan sekitar pada umumnya.
  15. Guru penggerak kalau menurut saya. Guru yang lebih aktif, lebih bergerak, dan paling mengajak atas segala kebaikan dalam proses pendidikan. Suka berbagi informasi, berbagi kebaikan, ilmu, dan hal-hal baru kemudian menularkan baik kepada murid, sekolah, maupun rekan kerja.

Tinggalkan Balasan