MATSAMA DI MTsN 4 TRENGGALEK
Oleh: Nanang M. Safa
Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) adalah sebuah agenda rutin awal tahun pelajaran baru yang diperuntukkan bagi para peserta didik baru di madrasah -di sekolah umum dikenal istilah Masa Orientasi Siswa (MOS)-. MATSAMA merupakan bagian dari kegiatan pendidikan dan pembelajaran di madrasah. MATSAMA biasanya dilaksanakan pada minggu pertama masuk sekolah di tahun pelajaran baru. Pada Tahun Pelajaran 2021/2022 ini, MATSAMA dilaksanakan secara serentak pada hari Senin, Selasa, dan Rabu tanggal 12, 13, dan 14 Juli 2021.
Mendapatkan tugas sebagai Panitia MATSAMA sebenarnya bukanlah hal baru bagi saya. Sudah beberapa kali saya diberi tugas untuk melaksanakan agenda rutin tahunan tersebut. Jadi mestinya tugas tersebut menjadi hal yang biasa. Namun kali ini saya merasakan ada nuansa berbeda. Hal ini tak lain sebagai dampak lanjutan dari badai corona yang hingga saat ini belum reda juga.
Perbedaan itu sudah bisa saya rasakan pada dua minggu menjelang berakhirnya libur semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berakhir pada tanggal 10 Juli 2021 yang lalu. Bahkan sejak jauh hari sebelumnya saya sudah mencoba mencari informasi seputar pelaksanaan MATSAMA. Namun nihil. Termasuk kepada beberapa teman yang terlibat dalam kepanitiaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), juga nihil. Terakhir saya bertanya langsung kepada Kepala Madrasah tentang Juknis (Petunjuk Teknis) pelaksanaan MATSAMA. Beliau menginformasikan masih harus menunggu zoom meeting yang akan dilaksanakan pada hari Kamis (8 Juli 2021). Ternyata memang saya masih harus sabar menanti. Sambil menunggu kepastian petunjuk teknis tentang pelaksanaan MATSAMA di masa pandemi ini, saya mencoba membuat konsep materinya.
Kamis (8 Juli 2021) sesuai surat undangan yang saya terima, saya mempersiapkan diri untuk mengikuti zoom meeting. Jam 13.50 saya sudah bersiap agar kebagian kuota karena menurut surat undangan tersebut kuota pesertanya dibatasi. Dalam catatan di surat undangan tersebut, link akan disampaikan 30 menit menjelang acara. Namun ternyata seperti kebanyakan acara zoom meeting maka tentu jarang sekali acara semacam itu bisa tepat waktu. Alasan utamanya tentu kendala teknis, dan alasan ini memang sangat masuk akal.
Setelah harus bersabar menunggu lebih dari dua puluh menit, akhirnya terkoneksi juga laptop saya ke link zoom meeting. Acara dibuka secara resmi oleh Drs. H. Syamsuri, M.Pd (Kabid Pendma Kankemenag Propinsi Jawa Timur). Selanjutnya penyampaian materi “Sosialisasi Persiapan MATSAMA oleh Dr. H. Sugio, M.Pd (Kasi Kursis Kankemenag Propinsi Jawa Timur).
Dua puluh menit pertama lancar. Namun selanjutnya mulai putus nyambung hingga akhirnya saya putuskan untuk beralih ke jalur streaming YouTube agar tetap bisa mengikuti acara tersebut sampai tuntas.
Pada acara zoom meeting yang hampir dua jam tersebut, dari yang saya tangkap, tidak banyak paparan materi yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan MATSAMA. Intinya bahwa MATSAMA harus tetap dilaksanakan karena merupakan bagian dari proses pendidikan dan pembelajaran di madrasah. Selain itu dipaparkan juga tentang waktu pelaksanaan serta garis besar materi MATSAMA. Paling inti bahwa MATSAMA tahun ini dilaksanakan secara daring/online. Hal-hal yang berkaitan dengan teknis pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya kepada madrasah masing-masing dengan tetap memperhatikan kearifan lokal.
MATSAMA di MTsN 4 Trenggalek
Langkah selanjutnya adalah menyusun konsep pelaksanaan MATSAMA secara daring. Seharusnya saya bisa segera memulainya pada Kamis malam. Namun karena ada kegiatan rutin yasinan, konsep itu baru bisa saya susun pada Jum’at pagi. Prinsipnya kerja cepat dalam tempo singkat. Setelah selesai, saya bahas secara daring melalui gurp WhatsApp dengan anggota panitia yang lain.
Pada hari Sabtu (10 Juli 2021) konsep itu saya sampaikan pada rapat dinas madrasah. Dan sesuai prediksi saya, tentu konsep itu akan memunculkan pro dan kontra. Maklum saja, namanya juga konsep, seindah apapun tentu masih saja ada yang tak sepaham.
Dari beberapa masukan yang saya tangkap, intinya ada yang kurang berkenan jika materi yang akan disampaikan nanti berbentuk video. Alasan yang paling mengemuka adalah hal itu akan memakan paket data terlalu besar. Saya bisa maklum dengan kekhawatiran seperti itu, biarpun tidak sepenuhnya sepakat. Namun biar bagaimanapun masukan tersebut harus diakomodir untuk meminimalisir pro kontra. Atas kesepakatan Panitia, akhirnya materi MATSAMA disusun dan disampaikan secara bervariasi. Ada yang berbentuk video pendek, ada yang berbentuk rekaman suara, ada yang berbentuk teks, ada pula yang berbentuk gambar. Sedangkan media yang dipilih untuk menyampaikan materi adalah grup WhatsApp dan blog. Dua media inilah yang saya anggap paling efektif namun cukup murah dan praktis, bisa diakses di manapun dan oleh siapapun termasuk para peserta yang baru lulus SD/MI.
Pelaksanaan MATSAMA di MTsN 4 Trenggalek
Peserta MATSAMA MTsN 4 Trenggalek Tahun Pelajaran 2021/2022 berjumlah 235 siswa dengan perincian 112 laki-laki dan 123 perempuan. Peserta tersebut dibagi dalam 8 kelas (Kelas VII-A, VII-B, VII-C, VII-D, VII-E, VII-F, VII-G, VII-F, dan VII-H).
Tujuan dilaksanakan MATSAMA Tahun 2021 adalah: 1) Mengenalkan kepada siswa baru tentang profil MTsN 4 Trenggalek; 2) Memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada siswa baru terhadap pola pendidikan di MTsN 4 Trenggalek; 3) Mendorong siswa baru agar bersikap proaktif dalam mengenali para pendidik, tenaga kependidikan, serta kakak-kakak kelasnya sehingga mereka merasa nyaman mengikuti kegiatan pembelajaran dan pendidikan di MTsN 4 Trenggalek; 4) Memberikan bekal kepada siswa baru tentang cara belajar smart di masa pandemic; 5) Membangkitkan motivasi siswa baru agar berani mengekspresikan bakat dan kemampuan yang dimiliki.
Sesuai jadwal yang kami susun dan sesuai juknis dari hasil zoom meeting, MATSAMA di MTsN 4 Trenggalek dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut (tanggal 12 s.d 14 Juli 2021). Materi besarnya berkaitan dengan Profil Madrasah, Gerakan Literasi Madrasah (GLM), Cara Belajar Smart di Masa Pandemi, serta Penggalian Bakat, Minat, dan Kemampuan. Sedangkan materi Moderasi Beragama diselipkan di materi inti. Pemateri pada kegiatan MATSAMA adalah para guru yang berkompeten pada bidangnya masing-masing, seperti Ibu Dessy Aristanti, S.Pd, Bapak Ali Mahfud Kisamudin, S.Pd, serta Bapak Edy Susanto, S.Ag, M.Pd.I. Dalam pelaksanaannya, saya lebih banyak bersinergi dengan para Wali Kelas VII. Mereka adalah ujung tombak kesuksesan acara MATSAMA tahun ini.
Pada hari pertama MATSAMA, semua peserta diwajibkan mengisi daftar hadir melalui Grup WhatsApp masing-masing. Selanjutnya penyampaian laporan panitia. Setelah itu sambutan/pengarahan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Bapak Drs. Agung Wiyoto, M.M.Pd (Kepala MTsN 4 Trenggalek) dalam bentuk video pendek. Setelah jeda istirahat selama 30 menit, dilanjutkan penyampaian materi tentang profil madrasah dalam bentuk teks dan foto yang bisa diakses di link https://pojokmtsn4trenggalek.blogspot.com/search/label/mtsn%204%20 trenggalek%20dari%20masa%20ke%20masa. Selanjutnya adalah refleksi. Refleksi ini berupa beberapa pertanyaan sederhana seputar materi yang harus dijawab oleh para peserta. Refleksi dimaksudkan untuk melihat sejauh mana kesungguhan para peserta dalam mengikuti materi MATSAMA pada hari tersebut. MATSAMA diakhiri dengan bacaan hamdalah dan salam penutup.
Pada hari ke-dua (Selasa, 13 Juli 2021), sama dengan hari pertama, semua peserta harus mengisi daftar hadir terlebih dahulu. Selanjutnya MATSAMA diawali dengan bacaan basmalah dan pengantar oleh panitia. Setelah itu penyampaian materi pertama tentang “Gerakan Literasi Madrasah (GLM)” oleh Ibu Desy Aristanti, S.Pd. Beliau adalah guru Bahasa Indonesia sekaligus staf redaksi majalah SKETSA (majalah MTsN 4 Trenggalek). Materi Gerakan Literasi Madrasah (GLM) dapat dilihat di https://pojokmtsn4trenggalek.blogspot.com/search/label/gerakan%20literasi%20madrasah. Setelah jeda istirahat selama 30 menit, dilanjutkan materi kedua tentang “Cara Belajar Smart di Masa Pandemi” oleh Bapak Ali Mahfud Kisamudin, S.Pd. Beliau adalah salah seorang guru senior di MTsN 4 Trenggalek. Materi tentang cara belajar Smart di Masa Pandemi dapat dilihat di https://pojokmtsn4trenggalek.blogspot.com/search/label/cara%20belajar%20smart%20di%20masa%20pandemi%20covid-19. Seperti MATSAMA hari pertama, setelah penyampaian materi hari itu tuntas dilanjutkan refleksi. Terakhir MATSAMA ditutup dengan bacaan hamdalah dan salam penutup.
Pada hari ke-tiga (Rabu, 14 Juli 2021), setelah semua peserta MATSAMA mengisi daftar hadir, dilanjutkan membaca basmalah dan pengantar dari panitia. Pada MATSAMA hari ke-tiga ini lebih ditekankan pada keaktifan peserta untuk menampilkan bakat dan kemampuan yang dimiliki. Acara penggalian bakat, minat, dan kemampuan ini sepenuhnya dipandu oleh para Wali Kelas VII. Bakat dan kemampuan tersebut tentulah dalam segala bidang positif yang dimiliki peserta baik yang berkaitan dengan bidang agama, seni, olahraga, serta keterampilan lain yang dikuasai masing-masing peserta. Penampilan ini bisa berupa foto atau video proses dan hasil karya peserta. Hasil dari penggalian bakat, minat, dan kemampuan ini dapat nantinya bisa dijadikan acuan untuk pembinaan lebih lanjut khususnya dalam kegiatan ekstra kurikuler.
Setelah penggalian bakat, minat, dan kemampuan, mestinya bisa disampaikan pengumuman tentang siswa tergiat/teraktif dari masing-masing kelas. Namun mengingat berbagai pertimbangan dan mepetnya waktu yang tersedia, akhirnya penetapan itu ditunda. Hal ini dimaksudkan demi kevalidan data penetapan peserta tergiat/teraktif. Acara MATSAMA MTsN 4 Trengalek diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh Bapak Edy Susanto, S.Ag, M.Pd.I. Teks do’a bisa dilihat di https://pojokmtsn4trenggalek.blogspot.com/search/label/doa%20penutupan%20matsama. MTsN 4 Trenggalek diakhiri dengan acara penutupan oleh Panitia.
Hasil Pelaksanaan MATSAMA
Pelaksanaan MATSAMA MTsN 4 Trenggalek secara daring tentu berbuah positif. Hal tersebut tercermin dari antusiasme para peserta yang bisa dicermati dari keaktifan peserta didik dalam mengisi daftar hadir, menjawab pertanyaan dalam refleksi, kunjungan blog, serta dalam pengiriman foto/video penampilan bakat, minat, dan kemampuannya.
Pertama, dari keaktifan mengisi daftar hadir melalui grup WhatsApp, tidak ada laporan dari Wali Kelas VII tentang peserta/siswa Kelas VII yang tidak mengisi daftar hadir. Hal ini tentu tidak lepas dari ketelatenan dan kesabaran para Wali Kelas dalam memotivasi dan mengondisikan siswa-siswi Kelas VII pada kelas masing-masing.
Kedua, dari keaktifan menjawab pertanyaan di acara refleksi. Banyak peserta yang bisa menjawab pertanyaan dan hanya beberapa siswa saja yang tidak mengirimkan jawaban. Bahkan beberapa siswa bisa dikategorikan sangat responsive dengan cepatnya mengirim jawaban.
Ketiga, dari traffic statistik yang terdekteksi di blog. Selama 3 hari pelaksanaan MATSAMA, blog yang dibuat khusus sebagai media penyampaian materi MATSAMA tersebut telah dikunjungi sebanyak 4412 kali. Jumlah ini bisa dikatakan sebuah capaian yang fantastis. Hal ini tentu menjadi bukti nyata antusiasme peserta terhadap pelaksanaan MATSAMA MTsN 4 Trenggalek Tahun Pelajaran 2021/2022.
Sekedar untuk diketahui bahwa sebenarnya saya sendiri semula ingin memaksimalkan web madrasah sebagai media penyampaian materi MATSAMA. Namun setelah saya konfirmasi ke adminnya, web tersebut sangat lemot dan butuh upgrade kapasitas web hosting. Mengingat pelaksanaan MATSAMA tidak bisa ditunda-tunda lagi dan segera butuh kepastian, akhirnya saya putuskan untuk membuatkan blog sebagai media.
Berdasarkan keaktifan dalam pengisian daftar hadir, kecepatan dan keakuratan dalam menjawab pertanyaan di acara refleksi, serta rekaman video/foto penampilan bakat, minat, dan kemampuan, akhirnya bisa ditetapkan 8 peserta tergiat/teraktif dari masing-masing kelas. Nama-nama peserta tergiat/teraktif bisa dilihat di link https://pojokmtsn4trenggalek.blogspot.com/search/label/peserta%20matsama%20tergiat%2Fteraktif. Bagi para peserta tergiat/teraktif diberikan reward (bingkisan) oleh panitia. Biarpun tidak seberapa, setidaknya bisa menjadi motivasi untuk lebih giat dan semangat lagi mengikuti berbagai kegiatan di madrasah. Selamat ya….
#KMAA#4