BISAKAH MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK?

BISAKAH MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK?

Resume ke-27 KBMN-28

Hari/ Tanggal : Jumat, 10 Maret 2023

Tema                 : Membuat Cover Buku yang Menarik

Judul                : Bisakah Membuat Cover Buku yang Menarik?

Narasumber   : Fajar Tri Laksono, M.Pd.

Moderator     : Lely Suryani, S.Pd., SD.

Alhamdulillah masih bisa membuat resume ke-27. Kali ini untuk resume ke-27, saya memberi judul Bisakah Membuat Cover Buku yang Menarik? Tentu saja bisa asal kita memiliki teknologi bagaimana cara membuatnya. Saya teringat oleh seseorang pembuat cover buku saya, bapak Ajinata yang menggunakan Canva untuk membuat cover yang cantik. Saya juga mengenal aplikasi Canva, namun saya hanya sekedar membuat ucapan selamat ulang tahun dari Hp saya saja tidak untuk membuat cover buku.

Nah kali ini saya mendapatkan ilmu dari narasumber, bapak Fajar Tri Laksono, M.Pd. dan moderator ibu Lely Suryani, S.Pd., SD.  Fajar Tri Laksono. Bapak Fajar Tri Laksono adalah seorang desain grafis yang sukses dan pernah menjadi juara pertama Inobel Kemdikbudristek tahun 2017. Beliau tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur. Banyak pengalaman dan prestasi yang telah diraihnya, seperti tertulis dalam daftar riwayat hidup berikut ini.

dokpri bpk Fajar

 

dokpri bpk Fajar

Berikut pelajaran dari bapak Fajar Tri Laksono, M.Pd.

Ketika kita akan membeli buku, pasti yang akan menarik perhatian atau mata kita pertama kali adalah cover buku, setelah itu baru kita melihat bagian-bagian yang lainnya seperti sinopsis, daftar isti dan profile pengarangnya. Namun demikian, cover buku yang menarik harus sesuai dengan kaidah dan kualitas fisik dari cover buku itu sendiri. Karena cover buku tidak hanya sekadar bagaimana cara membuat packging atau kemasan, namun harus mampu mempresentasikan isi dari buku tersebut.

Seperti desain-desain lainnya, cover buku harus memiliki desain menarik yang eye catching agar pembaca tertarik untuk melirik, membeli dan membaca buku tersebut. Cover buku juga harus memiliki makna filosofi yang dapat mencerminkan isi dari buku. Maka penulis perlu mengetahui cara membuat cover buku atau paling tidak mengetahui cover buku yang tepat untuk bukunya.

Saya pribadi tidak memiliki kemampuan untuk membuat cover buku sendiri, namun saya bisa meminta seseorang untuk membuatkannya dengan beberapa guidance dari saya. Biasanya saya memberikan judul juga ulasan dari sinopsis buku saya. Cover buku yang memiliki daya tarik adalah cover buku dengan desain grafis yang cocok dengan isi buku, dan tampak memiliki sentuhan berbeda dengan cover buku lainnya.

Jika penulis ingin membuat cover buku sendiri maka dia harus banyak belajar dan berlatih. Penulis dapat mencari inspirasi dan contoh desain dari berbagai sumber seperti aplikasi Canva, situs web desain grafis, atau melihat cover buku-buku yang sudah terkenal.

Hal terpenting lainnya yaitu harus mempertimbangkan target pasar dan genre buku. Desain cover buku fiksi akan berbeda dengan desain cover buku nonfiksi atau buku anak-anak. Sebaiknya penulis meminta saran dan masukan dari teman atau orang yang lebih profesional dibidang desain grafis sehingga cover buku menjadi menarik dan berkualitas.

Kesabaran dan jiwa seni sangat dibutuhkan untuk mendesain cover buku. Bapak Fajar ahli dalam membuat cover buku yang menarik. Link youtube yang di bagikan di wa group belajar menulis PGRI:

Jangan khawatir jika kita tidak dapat membuat sendiri cover buku, serahkan saja kepada ahlinya yang terpenting penulis dapat memahami desain cover yang menarik dan cocok untuk bukunya sehingga penulis lebih terfokus pada isi dari tulisan yang terdapat pada bukunya tersebut.

Aplikasi yang digunakan oleh Bapak Fajar adalah:

  1. Canva
  2. Corel Draw
  3. Adobe Photoshop

Beberapa tips dalam membuat cover buku yang bagus dan menarik:

  1. Pilih tema yang tepat. Pilihlah tema yang pas dengan isi buku, usahakan tema tersebut dapat menarik perhatian pembaca. Hal ini akan membantu dalam pembuatan desain cover buku yang sesuai dengan genre (jenis atau kategori buku berdasarkan tema, isi, atau gaya penulisan dan memberikan kesan yang jelas tentang isi buku).
  2. Gunakan gambar berkualitas tinggi. Gambar yang berkualitas tinggi akan membuat cover buku menjadi lebih menarik. Pastikan gambar tersebut sesuai dengan tema dan konten buku.
  3. Pilih font yang tepat. Font harus sesuai dengan genre dan tema buku. Pastikan font tersebut mudah dibaca dan sesuai dengan warna dan desain cover buku.
  4. Pertimbangkan warna yang tepat. Pilih warna yang sesuai dengan tema dan genre buku. Warna yang tepat dapat membuat cover buku lebih menarik dan memikat perhatian pembaca.
  5. Gunakan elemen visual yang menarik. Tambahkan elemen visual seperti garis, bentuk, atau pola yang sesuai dengan tema buku. Hal ini dapat menambah dimensi dan keindahan pada desain cover buku yang dibuat.
  6. Simplicity is key: Desain cover buku haruslah simpel dan mudah diingat oleh pembaca. Jangan membuat desain yang terlalu ramai atau padat karena makna yang ada pada cover buku akan sulit dipahami dan tidak menarik bagi pembaca.
  7. Perhatikan kualitas cetak. Pastikan desain cover buku memiliki kualitas cetak yang baik. Pastikan ukuran, resolusi, dan format desain sesuai dengan persyaratan penerbit dan printer.
  8. Tidak melanggar hak cipta. Ketika ingin mendapatkan gambar yang sesuai dengan apa yang diinginkan jangan hanya sekedar copy dan paste namun harus tahu bahwa gambar tersebut free atau berbayar. Saya biasanya menggunakan gambar dari https://www.pexels.com/search/pixel/
  9. Cover depan dan cover belakang harus saling mendukung dan melengkapi. Cover belakang biasanya terdapat synopsis, identitas penulis, penerbit, desain dan ilustrasi dan barcode ISBN. Cover depan biasanya terdapat gambar yang merefleksikan isi buku, juga terdapat nama penulis atau nama orang terkenal yang memberikan kata pengantar juga logo dari penerbit.

Dalam membuat cover buku yang bagus dan menarik, hal yang harus diperhatikan dan diingat yaitu desain cover buku adalah hal pertama yang dilihat oleh pembaca dan merupakan faktor penting dalam menentukan apakah pembaca akan tertarik untuk membaca dan membeli buku kita atau tidak. Maka, pastikan kita mendesain cover buku yang sesuai dengan tema, genre, dan target pasar.

Sekali lagi jika kita tidak dapat membuat sendiri desain cover buku maka serahkan kepada ahlinya, seperti bapak Fajar. Saya sangat terkesan sekali dengan penjelasan beliau dan ingin beliau membuatkan cover buku saya.

Demikian resume yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat, salam literasi!

 

Jakarta,  Jumat, 10 Maret 2023.

Nani Kusmiyati

Tinggalkan Balasan

1 komentar