Pengaruh gadget di masa milenial

Terbaru42 Dilihat

Millennial dianggap sebagai generasi yang spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, terutama  dalam hal yang berkaitan dengan teknologi. Millenial dan teknologi sudah seperti sahabat karib yang tidak bisa dipisahkan dan keduanya saling terikat satu sama lain. Ini artinya, millenial pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari teknologi modern khususnya internet dan gadget

Di era millenial ini, semua serba  praktis karena adanya teknologi super canggih. Dapat kita perhatikan dengan seksama bagaimana peran gadget yang merupakan alat pintar hasil dari kemajuan teknologi yang pesat ini dalam membantu kegiatan sehari-hari kita dan membuat kehidupan di zaman ini lebih mudah dan simpel.

Dampak positif dari gadget diantaranya yang dialami bagi pelajar adalah kemudahan dalam mengakses informasi kapanpun dan dimanapun sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan secara luas. Memperluas jaringan pertemanan, mempermudah komunikasi.

Dampak negatif dari gadget bagi para pelajar diantaranya adalah adanya penyalahgunaan yang seharusnya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mempermudah memperoleh informasi guna pendidikannya.banyak juga orang-orang yang kecanduan bermain game gadget baik dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa. Fenomena penggunaan gadget seakan-akan memiliki dunianya sendiri. kita lihat ditempat-tempat umum, seperti di stasiun kereta api misalnya,apa yang dilakukan orang-orang selagi menunggu kereta?

Mereka menunduk di atas gadgetnya masing-masing, mulai jarang ditemui orang-orang yang semula tidak saling mengenal kemudian akrab, akibatnya didunia nyata menjadi gagap dalam berinteraksi. Ada pepatah yang bilang bahwa gadget dapat menjauhkan yang dekat dan menndekatkan yang jauh, selalu sibu menyapa dan menanyakan kabar orang-orang yang berada di belahan dunia lain tetapi tidak tau kondisi orang—orang disekitarnya.kemudahan bersosialisasi dalam menggunakan gadget justru membuat terlihat anti sosial dikehidupan nyata.

Dalam segi kesehatan penggunaan gadget yang berlebihan akan rentan terkena radiasi, pancaran siar dari layar gadget sangat membahayakan kesehatan perkembangan system syaraf. Penggunaan gadget juga akan berpengaruh timbulnya minus pada mata, bahkan otak sangat rentan terhadap radiasi elektromagnetik.

Penggunaan gadget yang berebihan hanya akan membuang waktu secara sia-sia, seringkali kita memeriksa media sosial padahal tidak ada notifikasi apapun. Atau meng-update kegiatan sehari-hari di seluruh media sosial yang kita punya. Selain menghabiskan banyak waktu, kita jadi terlihat sibuk sendiri dengan aktivitas di dunia maya. Padahal banyak hal menarik yang bisa kita lakukan di dunia nyata.

Gadget bisa dikatakan menjadi peningkat nilai manusia atau bahkan mematikan manusia. Para generasi millennial pengguna gadget sebaiknya bisa merenungi dan  menyadari pengaruh positif dan negative gadget dan bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, tidak terlalu over, harus tepat sasaran. Gadget bisa memanusiakan manusia juga bisa mendegradasi manusia dari yang semestinya, tergantung pada bagaimana penggunaannya. Gadget ibarat pisau, tergantung siapa pemegangnya. Maka kita harus bersikap cerdas dalam menggunakan gadget agar hidup dengan gadget lebih baik daripada hidup tanpanya.

Melihat kondisi generasi milenial ini menjadi kerasahan bagi orang tua. Generasi yang sangat jauh berbeda dengan orang tua menjadi adanya pertikaian dalam hubungan anak dengan orang tua.Mereka para generasi milenial menganggap orang tua sangat gaptek dan tidak tahu dunia luar. Sedangkan orang tua memiliki prinsip sendiri untuk mendidik anaknya. Oleh karena itu, tanamkan nilai-nilai pada anak terus menerus dan selalu awasi kegiatan mereka di media sosial.

Jika perlu sebagai orang tua juga harus memiliki smartphone yang berisi aplikasi media sosial untuk dapat mengawasi anaknya dalam bermain smartphone. Anak generasi milenial memang sangat pintar dalam menggunakan smartphone, namun orang tua harus lebih cerdas

Tinggalkan Balasan