Hidup Sederhana Perlu Direncanakan (Bagian Kedua)

Tampil apa adanya, tidak akan mengurangi rasa hormat orang lain terhadap diri kita. Karena orang menghargai diri kita bukanlah berdasarkan apa yang dipakai, melainkan tergantung kepribadian kita

Memaknai Arti Hidup Sederhana  Secara Pribadi.

Setiap orang memiliki sudut pandang dan cara serta gaya masing masing dalam memaknai arti Hidup Sederhana. Hal ini tentu saja tergantung pada kondisi dan situasi.

Ada begitu banyak barang barang kebutuhan pribadi setiap orang. Dari mulai kebutuhan dapur, kebutuhan pribadi dan gaya hidup.

Khusus bagi seorang wanita,akan jauh lebih banyak. Misalnya: lips stick,bedak, parfum dan  make up lainnya, yang sama sekali tidak dibutuhkan oleh kaum pria

Tetapi tulisan ini tentu saja tidak akan membahas secara mendetail,karena tujuannya adalah melukiskan apa yang dimaksudkan dengan frugal living dari sudut pandang pribadi.

Pertama tama kita lihat kebutuhan pribadi ,misalnya pakaian dan sepatu serta segala sesuatu yang perlu untuk kita gunakan untuk pribadi kita. Misalnya tas,dompet dan HP serta bedak dan lain lainnya.

Dari  cara membelanjakan uang kita untuk memenuhi semua kebutuhan hidup pribadi, menunjukkan apakah diri kita termasuk tipe yang menerapkan frugal living atau tidak. Walaupun tidak mungkin dipatok secara matematika.

Misalnya, kami berdua sudah sejak dulu,berbelanja bila memang membutuhkan suatu barang.  Kalau masih ada yang lama ,yang penting tidak rusak dan masih berfungsi kami tidak akan beli yang baru hanya sebatas karena gengsi

.Contoh pakaian kita masih layak pakai serta masih kelihatan memadai kami pakai .

Begitu juga dengan tas dan sepatu kalau masih layak pakai, tidak musti beli yang baru.  Demikian dengan jam tangan dan sesuatu yang merupakan asesoris bisa dipakai.

Setiap pos pengeluaran sudah ada patokannya masing masing. Berapa dana untuk keperluan dapur,dana untuk keperluan pribadi dan untuk kegiatan sosial. Sehingga sama sekali tidak sampai menggunakan dana yang sudah ditabungkan.

Untuk biaya operational kendaraan dan biaya kesana kemari,juga ada pos tersendiri. Jadi walaupun kami dapat menggunakan uang kami secara bebas,namun hal ini sejak dulu kami hindari. Semua pengeluaran, sudah ada jatah masing masing

Semua barang branded yang saya pakai adalah hadiah dari anak mantu cucu

tas Branded,hadiah dari anak mantu kami (dok pribadi)
Jadi kita berbelanja kebutuhan pribadi sesuai kebutuhan pribadi masing . Misalnya untuk ke acara resmi atau acara pesta, tentu saja kita memaknai pakaian yang sesuai. Tanpa harus beli yang baru, walaupun dari segi financial kita mampu beli.

jam tangan Rolex pemberian putra kami(dok pribadi)
Menggunakan pakaian yang agak jarang kita gunakan bukan pakaian sehari hari.Bila pakaian tidak ada yang masih bisa kita gunakan maka kita berbelanja untuk keperluan tersebut.

Bedak bila habis baru kita berbelanja membeli yang baru kembali.Jadi kita berhemat untuk kebutuhan pribadi kita.

Kesimpulan:

Arti Hidup Sederhana bersifat relatif. Karena apa yang sederhana bagi seseorang tapi boleh jadi bagi orang lain merupakan kemewahan.

Karena itu tulisan ini hanyalah merupakan cuplikan pengalaman hidup pribadi. Yang mungkin berbeda dengan orang lain.

Kebutuhan pribadi yang sudah tidak layak dipakai baru kita ganti dengan yang baru.

Jadi kita hidup se-sederhana mungkin.Tidak perlu barang barang Branded. Kalau saya memakai jam tangan dengan merk Rolex itu karena pemberian dari Putra kami ketika saya berulang tahun. Begitu juga dengan tas branded adalah pemberian gabungan cucu cucu kami.

Tetapi walaupun menerapkan frugal living, tetap saja pos untuk kegiatan kemanusiaan tetap hadir dalam kehidupan kami. Tentu sesuai dengan kemampuan diri.

Tulisan ini merupakan cuplikan pengalaman hidup pribadi kami bagaimana kami berdua menerapkan frugal living sejak dulu. Sama sekali tidak bermaksud menyinggung gaya hidup orang lain. Karena setiap orang berhak secara bebas menggunakan uangnya. Setiap orang berhak memilih jalan hidup masing masing dan tak seorangpun berhak ikut campur dalam kehidupan pribadi orang lain.

19 Agustus 2024.

Salam saya

Roselina

Tinggalkan Balasan