Bagaimana Saya Mempertahankan Kondisi Kesehatan Keluarga

Kesehatan24 Dilihat

Bagaimana Saya Mempertahankan Kondisi Kesehatan Keluarga
Bagai mana sih caranya saya mempertahankan kondisi kesehatan keluaarga. Pertama tama saya akan menjelaskan kesehatan menurut saya,kesehatan adalah dimana keadaan tubuh jasmani atau fisik dalam keadaan baik baik saja tidak ada gangguan penyakit yang ada pada tubuh, tetapi tidak hanya keadaan fisik saja yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan keadaan psikologis, dan gaya hidup menurut saya juga termasuk factor yang dapat merubah kondisi kesehatan.

Kondisi fisik apabila ada gangguan pada salah satu anggota tubuh kita itu bisa mempengaruhi kondisi kesehaatan misalkan kurangnya kehati hatian saat berkendaara terjadinya kecelakaan yang menyebabkan luka pada tubuh bagian kaki mengakibatkan infeksi pada luka, dari infeksi itu juga bisa menyebabkan demam pada tubuh sehingga kondisi kesehatan dapat menurun.

Kondisi psikologi apabila terjadinya gangguan pada kesehatan mental seseorang juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan misalnya saat terjadinya masalah dalam kehidupan yang membuat setres seseorang terus memikirkan masalah tersebut , orang yang mengalami setres biasanya berkurang nya nafsu makan yang menimbulkan sakit pada perut sehingga kesehatan dapat menurun.

Gaya hidup merupakan salah satu factor yang mempengaruhi kondisi kesehatan, apabila kita memiliki gaya hidup yang bagus seperti olahraga yang rutin, pola makan yang teratur dan bernutrisi, tidak merokok dll maka kondisi kesehatan akan baik baik saja, begitu pula sebaliknya jika jarang olahraga, makan makanan sembaranngan , dan ditambah lagi jika merokok maka kondisi kesehatan pastinya memburuk.

Olahraga merupakan salah satu yang terpenting bagi mepertahankan kesehatan fisik serta bisa meningkatkan kesejahteraan mental seseorang,selain dapat membuat badan jadi sehat menurut saya olahraga bisa menghilangkan setres seperti meluapkan emosi yang dirasakan seperti berenang, lari sore , bermain bulutangkis dan masih banyak lagi macam macam olahraga yan dapat dilakukan.

Pola makan yang teratur juga paling mempengaruhi kesehatan tubuh, makan makanan yang bergizi dan bernutrisi seperti sayur- sayuran, buah -buahan ,ikan,daging, dll bisa membuat tubuh lebih sehat sedangkan orang yang memakan makan yang sembarangan seperti memakan mie instan berlebihan dalam seminggu memakan- makanan cepat saji terus menurus , memakan makanan yang terlalu pedas itu lebih banyak menimbulkan penyakit pada tubuh.

Merokok berdampak negatif pada kesehatan sendiri bahkan orang yang tidak sengaja menghirup asap rokokpun bisa terkena dampak negatif nya seperti dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru,gangguan jantung sebesar 30%, maka dari itu rokok salah satu yang dapat menurunkan kondisi kesehatan.

Apalagi dalam keadaaan pandemic seperti ini kita harus lebih extra memperhatikan kondisi kesehatan keluarga, seperti lebih baik makan masakan dirumah, sekalinya beli diluar pastikan makanannya cara menyajikan nya bersih dan tidak sembarangan, sempatkan berolahraga walaupun hanya seminggu sekali,hindari kerumunan , selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang sesuatu.

Karena jika sudah salah satu anggota keluarga terkena covid maka membahayakan anggota keluarga lainnya yang berada satu rumah dengan nya, apalagi sekarang banyak yang terkena covid tanpa gejala, lebih parah lagi kalau ada yang memiliki penyakit bawaan bisa mengakibatkan kematian.

Maka dari itu jika kita mau mempertahankan kondisi kesehatan keluarga menurut saya factor factor yang di jelaskan di atas harus lebih diperhatikan kembali jika ingin keluarganya tetap sehat di masa pandemic yang belum mereda ini dan tidak tau kapan berakhirnya, sekian terimakasih.

Sherly ayu ramadhani
20074
2.B

Tinggalkan Balasan