Fotografer mahluk yang artistik !

Terbaru6 Dilihat

Seorang fotografer memiliki cara sendiri untuk melihat berbagai objek melalui mata, maka berbeda dengan seniman di bidang lain.

Juga mudah tersulut semangatnya ketika mengerjakan sesuatu, baik itu hobi atau profesi. Tak bermaksud profesi lain tidak bersemangat, namun untuk menemukan dan mengabadikan suatu keindahan, fotografer memiliki gairah tersendiri.

Nah, gairah itulah yang membentuk seorang fotografer menjadi pribadi yang berbeda dari kebanyakan orang dengan profesi berbeda.

Untuk persiapan pemotretan saja, fotografer dalam meletakkan atau menyusun alat makan di atas meja pasti membutuhkan waktu tidak sedikit.

Maklum, karena harus memperhatikan banyak hal, dari bentuk meja, warna piring serta makanan, semua dikombinasikan sebelum menyusunnya sesuai the rule of thirds.

Rule of thirds atau aturan sepertiga dalam dunia fotografi, merupakan petunjuk bagaimana caranya memosisikan objek di sepertiga bagian dalam foto agar lebih enak dilihat. Teknik ini termasuk dalam mengkomposisikan objek kedalam satu bingkai, dengan posisi yang tepat mengikuti acuan aturan sepertiga tersebut. (wikipedia).

Sedangkan gambar atau foto artistik berasal dari kata bahasa Inggris “Art” yg berarti seni, jadi foto artistik adalah sebuah foto yang mengandung nilai seni dan bersifat seni, sedangkan gambar sketsa merupakan rancangan yang kasar dari suatu komposisi atau sebagian komposisi dibuat demi kepuasan pribadi.

Alasan di atas menjadi salah satu sebab dikatakannya fotografer itu mahluk yang artistik.

Karena Artistik adalah suatu unsur nilai keindahan yang melekat pada sebuah karya seni hasil cipta kemahiran seseorang atau sebuah tim. Juga merupakan jenis fotografi yang tidak mudah dijelaskan. Dan tidak semua foto adalah artistik meskipun fotografi dianggap seni oleh fotografer.

Seorang fotografer bawah air dapat membuat rangkaian artistik, juga dapat membuat potret hitam putih yang ekspresif, yang hanya menekankan keserbagunaan arah dalam sebuah fotografi.

Bahkan disaat mood nya pun kurang baik, fotografer bisa menemukan keindahan. Kemanapun lensanya mengarah akan selalu berusaha mencari objek yang menurutnya indah, menarik, menantang juga punya nilai artistik yang tinggi.

Maka fotografer pun dijuluki sebagai makluk yang artistik.

Salam Literasi ✍️
Karena Menulis Aku Ada
Sukma

Tinggalkan Balasan