Jukran Pusinfo dan Pewarta Istimewa

Jukran Pusinfo dan Pewarta Istimewa

Sabtu, tanggal 31 Agustus 2024 sesuai undangan dari kwarcab Kabupaten Gunungkidul dan surat tugas dari Kwartir ranting paliyan penulis menghadiri kegiatan bimtek jurnalistik. Kegiatan di mulai pukul 09.30 WIB. Kegiatan ini dilaksankan di sanggar bakti pramuka kwarcab Gunungkidul dan di hadiri oleh andalan ranting sekabupaten Gunungkidul. Setiap ranting menugaskan andalan ranting urusan Humas dan satu orang anggota dewan kerja ranting atau unsur Pramuka penegak untuk mengikuti bimbingan teknis jurnalistik.
Kak Agnes sebagai narasumber Pusbangjusinfo Kwarda DIY menyampaikan materi yang sangat luar biasa. Peserta antusias mengikuti dengan penuh semangat. Hal itu dapat di lihat di dari awal hingga akhir Kak Agnes menyampaikan materi peserta mengikuti dengan tenang dan tertib serta di akhir sesi tanya jawab banyak peserta yang bertanya.

Apa itu Jukran Pusinfo? Pusinfo Gerakan Pramuka adalah organisasi pendukung Gerakan Pramuka yang menjadi bagian integral kwartir dan berfungsi sebagai wadah pelayanan informasi. Baik informasi di dalam maupun di luar lingkungan Gerakan Pramuka, tentang kebijakan kwartir, serta aktivitas dan pendokumentasian rangkaian kegiatan Gerakan Pramuka.

Tim Pusinfo adalah para pewarta atau jurnalis profesional atau sukarelawan anggota dewasa dan anggota muda Gerakan Pramuka dan/atau pihak lain yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak untuk melakukan liputan kegiatan di lingkungan Gerakan Pramuka.

Lalu apa kedudukan Pusinfo?
Pusinfo Gerakan Pramuka berkedudukan di tingkat nasional disebut Pusinfo Kwarnas, yang berfungsi sebagai wadah pelayanan informasi tentang kebijakan Kwarnas serta aktivitas dan pendokumentasian rangkaian kegiatan Gerakan Pramuka;
Pusinfo Gerakan Pramuka berkedudukan di tingkat daerah disebut Pusinfo Kwarda, yang berfungsi sebagai wadah pelayanan informasi tentang aktivitas dan pendokumentasian rangkaian kegiatan di kwarda Gerakan Pramuka;
Pusinfo Gerakan Pramuka berkedudukan di tingkat cabang disebut Pusinfo Kwarcab, yang berfungsi sebagai wadah pelayanan informasi tentang aktivitas dan pendokumentasian rangkaian kegiatan di kwarcab Gerakan Pramuka.

Waktu pembentukan Kwarda dan Kwarcab Gerakan Pramuka dapat membentuk Pengurus Pusinfo paling lambat 6 bulan sejak pengukuhan pengurus. Pembentukan Pusinfo Kwarda dan Pusinfo Kwarcab sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Beberapa funsi dari Pusinfo yaitu :
1. Pusat pelayanan informasi Gerakan Pramuka baik di dalam maupun di luar lingkungan Gerakan Pramuka;
2. Pusat produksi, penyebarluasan, perinteraksian, dan pengawasan terhadap informasi Gerakan Pramuka di media
3. Mitra dan sumber informasi dan komunikasi Gerakan Pramuka dengan berbagai pihak
4. Pusat pengelolaan arsip dan dokumentasi konten Gerakan Pramuka.
5. Development – Pusat pengembangan sistem informasi, media, dan Teknologi Informasi sebagai sarana pendukung
Selain itu Pusinfo memiliki struktur yang dipimpin oleh seorang Kepala yang secara ex-officio menjadi Andalan Kwartir. Kapusinfo dapat membentuk Kelompok Pewarta yang beranggotakan para Pewarta/Jurnalis dan pihak lain. Adminitrasi pousinfo terdiri atas seorang Sekretaris yang bertanggung jawab kepada Kapusinfo dan membawahi beberapa staf.

Beberapa sub bagian dari pusinfo :
 Produksi Konten ((Tulisan, Video, Audio, Grafis)
 Penyebarluasan dan Interaksi Konten( Media)
 Pengelolaan Dokumentasi, Analisis Media, dan Teknologi Informasi.
Hubungan Kerja Pusinfo yaitu:
1. Internal Kwartir
 Dalam pelaksanaan tugas Pusinfo Gerakan Pramuka berkoordinasi dengan wakil ketua kwartir yang membidangi Humas dan Informatika;
 Pusinfo Gerakan Pramuka memberikan laporan secara berkala kepada Ketua Kwartir melalui wakil ketua yang membidangi Humas dan Informatika;
 Pusinfo Gerakan Pramuka bermitra dengan Bidang Kehumasan Kwartir dalam pelaksanaan tugas pokoknya;
 Pusinfo Gerakan Pramuka melaksanakan koordinasi dengan semua unit kerja di kwartir;
 Pusinfo Gerakan Pramuka melaksanakan program kwartir di bidang informasi Gerakan Pramuka.
2. Eksternal Kwartir
Pusinfo Gerakan Pramuka melaksanakan kemitraan terkait layanan informasi dengan lembaga-lembaga di luar Gerakan Pramuka atas sepengetahuan kwartir.

Pusdatin Kwarnas
Dalam kepengurusan baru Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2023-2028 dibentuk Organisasi Pendukung Baru sebagai penyempurna dari Pusat Informasi, yaitu Pusat Data dan Informasi

Dalam perkembangan hingga saat ini, Pusat Data dan Informasi yang kemudian disebut sebagai Pusdatin masih belum mempunyai Petunjuk Penyelenggaraan dan Tata Kelola Organisasi.
Namun pada praktiknya, Pusdatin menjadi penyempurna dari apa yang telah ditetapkan dalam Pusinfo yang ada penambahan fokus pada pendataan potensi.

Pusbanjusinfo (Pusat Pengembangan Jurnalistik dan Sistem Informasi) adalah Organisasi Pendukung yang ada di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) dengan fungsi yang serupa dengan Pusinfo. Dibentuk sebelum adanya Jukran Pusinfo, sehingga ada sedikit perbedaan, dan justru sudah mengarah di Pusdatin. PusbangJusinfo sebagai Redaksi Medianya Kwarda DIY.

Tim PusbangJusinfo bertindak selayaknya Redaksi Media Online pada umumnya dengan melakukan pekerjaan 24 jam per hari, meliputi:
1. Penyiapan Website Utama
2. Koordinasi Tim Redaksi
3. Agenda Peliputan
4. Proses Penyuntingan
5. Monitoring
6. Optimalisasi
7. Kerjasama

Kwarda DIY mempunyai Media pemberitaan online yang terintegrasi, sehingga diperlukan pengelolaan yang profesional,
 Website : pramukadiy.or.id
 Website : Sub Domain Cabang
 Media Sosial (IG @pramukaistimewa)
 Integrasi Multiplatform
Dalam kesempatan ini Kak Agnes juga menyampaikan struktur PusbangJusinfo Kwarda DIY masa bakti 2020-2025 yaitu sebagai ketua adalah
Ketua : Choiri Setiawan
Wakil Ketua : Bambang Pamungkas
Anggota (10)

Sebagai Tim/Anggota terdiri dari:
A. Pengembangan Jurnalistik (Yogie Krisnawangi, Dyah Rahmawati)
B. Pengembangan Sistem Informasi (Dedy Gunawan, Dias Oktri)
C. Data dan Pengelolaan Media (Ma’ruf Cahyadi, Nadia Agnes)
D. Produksi Konten (Bani Achmad,Wahyu Catur, Anas Nur, Ramadhan Gangsar)
Selanjutnya materi terkait dengan Pewarta Istimewa yaitu Tim/unit yang merupakan anggota Gerakan Pramuka di DIY yang dibentuk secara khusus oleh Pusat Pengembangan Jurnalistik dan Sistem Informasi (PusbangJusinfo) Kwarda DIY untuk mengoptimalkan ketercapaian,
 Produksi Konten
 Penyebarluasan Konten dan Interaksi
 Pengembangan Sistem Informasi
 Analisa Data dan Teknologi Informasi

Pewarta Istimewa dikukuhkan setelah mengikuti tahapan yang dibuat oleh PusbangJusinfo Kwarda DIY dan berhak memakai Badge Pewarta Istimewa. Semua Pramuka DIY yang berminat dan memenuhi kualifikasi bisa menjadi Pewarta Istimewa.

Berikut yang termasuk Aksi Pewarta Istimewa:
 Kontributor konten dari pangkalan, satuan, kwartir, atau lainnya
 Membuat reportase
 Mengolah data
 Mengedit dokumentasi
 Editor berita
 Fotografer
 Videografer
 Narator
 Presenter
 Sistem Informasi
 Programmer

Lalu apa saja Keuntungan Menjadi Pewarta Istimewa?
1. Kontributor Tetap Media Kwarda
2. Pengembangan Skill melalui Bimtek
3. Atribut Pewarta Istimewa
4. ID Card Khusus
5. Preveliege Event/Giat
6. Prioritas peliputan kegiatan
7. Join kegiatan nasional
8. Kolaborasi dengan Kwarda lain
9. Temu Pewarta
10. Pengelola website
11. Dan lain-lain

Selain pemberitaan/konten, ada beberapa produk lain dari PusbangJusinfo seperti Sistem Keanggotaan (SISKA), Kedai Koperasi Pandu, Landing Pages Kegiatan, Memorabilia, dan lain-lain.

Kita juga bisa berkontribusi melalui Website : pramukadiy.or.id | Sub Domain Kwarcab. Di sini kitab isa unggah kegiatan yang kita lakukan di kwaran masing-masing ataupun di gugus depan masing-masing.
Website Kwarda DIY ini menjadi rujukan dari kwarda-kwarda lain, kontennya beragam, tidak hanya kegiatan internal kwarda, tapi juga mencakup informasi nasional, internasional, artikel, serta materi kepramukaan.

Apa saja produk Pewarta Istimewa?
1. Berita
• Kontribusi ke web kwarcab
• Kontribusi ke web kwarda
• Kontribusi lainnya
2. Reportase
• Reportase Video di kegiatan
• Reportase Audio di kegiatan
• Rekaman/Streaming

3. Representative
Menjadi mediator/komunikator yang menghubungkan antara satuan, pangkalan, kwartir – Representative Pusinfo Kwarcab
Di kegiatan bimtek ini peserta juga mendapatkan ilmu kepenulisan dengan menggunakan metode 5 W+ 1H yaitu Who (siapa), What (apa), When (kapan), Where (Dimana), Why (mengapa) dan How (Bagaimana). Siapa yang terlibat, apa yang dilakukan, kapan dilakukan, Dimana lokasinya, untuk apa kegiatan dilakukan dan bagaimana urutan kejadiannya. Nha dari hal-hal kecil yang kita lakukan dalam kegiatan kepramukaan kitab isa menuliskannya dan membagikan kepada orang lain sehingga bisa bermanfaat. Mungkin menurut kita tulisan sanagt sederhana namun bagi orang lain bisa saja sanagt bermanfaat. Untuk itu marilah dalam kesempatan apapunkita usahakan untuk bisa menulis apa yang kita lakukan dan kita bagikan kepada orang lain.

Bagaimana kita berkolaborasi dengan Akun Pramuka Istimewa?
1. Buat konten atau postingan di instgaram
2. kakak kakak dapat mencantumkan kolaborator ke @pramukaistimewa
3. Admin akan melakukan acc untuk konten konten yang menarik.
4. Jangan lupa tagar
#PramukaIstimewa #PramukaDIY #PramukaDIY2024 #SetiapPramukaBisaAmbilPeran

Demikian beberapa hal yang dapat penulis sampaikan, materi yang sanagt menarik semoga bermanfaat, salam sehat salam literasi
Tetap semangat dan Tereus berkarya. Lakukan yang kita tulis tulis yang kita lakukan.

Salam Pramuka
Gunungkidul, 31 Agustus 2024

 

Tinggalkan Balasan