21. Mempertahankan Pelanggan

 

Upaya yang harus benar-benar diperhatikan adalah mempertahankan pelanggan. Mengapa? Karena pelanggan adalah orang yang pernah mencicipi atau merasakan kuliner dan layaan kita. Kalau mereka merasa puas, seharusnya akan datang kembali, entah minggu depan, bulan depan atau kapan saja mereka merindukan kuliner kita.

Pelanggan yang merasa puas biasanya loyal, misal meski sudah jauh berada di luar kota bahkan di luar negeri, bila sedang berkunjung ke kota yang terdapat kuliner yang digemarinya, mereka pasti berusaha menyempatkan waktu untuk datang.

Teknik pesanan berulang (repeat order) ini sangat tepat, karena kita sudah mendapatkan pelanggan loyal. Rahasianya puaskan mereka di hati dan lidahnya.

Untuk mendapatkan kepuasan di hati, kita harus sanggup memuaskan mereka dalam segala hal. Itulah sebabnya pendekatan dengan pelanggan sangat diperlukan. Meski rumah makan sedang ramai, tetap sempatkan menyapa pelanggan, apalagi bila kita dapat mengingat namanya, hal ini adalah nilai tambah.  Kalau bisa dilakukan sendiri oleh pemilik bisnis  atau minimal manajer operasi.

Saat menyapa pelanggan, kita dapat mengetahui isi perasaan mereka, puas, tidak puas, ada yang dikeluhkan, ada kekurangan, dan informasi ini sangat berguna sebagai feedback untuk memperbaiki kesalahan sekecil apapun yang terjadi.

Mendapatkan pelanggan memang sulit, mengharapkan orang yang tidak mengenal kuliner kita mau datang berkunjung. Jadi bila pelanggan sudah datang, berusahalah semaksimal mungkin agar dapat menjadi pelanggan yang loyal.

Dan biasanya pelanggan loyal akan memberikan informasi positif pada konsep promosi mulut ke mulut.

Mendapatkan pelanggan baru itu perlu, namun mempertahankan pelanggan lama lebih perlu lagi. Seandainya pelanggan baru sedikit, paling tidak kita masih dapat berharap hidup dari pelanggan lama. Karena berharap dari pelanggan baru saja, belum tentu mereka mau mencoba.

Contoh mempertahankan pelanggan diantaranya memberikan diskon yang menarik bila pelanggan bersedia membeli voucher atau memesan lebih awal dengan membayar didepan. Promosi ini sering dilakukan oleh pebisnis catering dan rumah makan siap saji

Tinggalkan Balasan