23. Membership

 

Guna mempertahankan pelanggan, kita juga bisa menerbitkan kartu keanggotaan atau membership Bisa berlaku internal saja, misal dengan menunjukkan kartu keanggotaan setiap kunjungan, pelanggan mendapatkan diskon 3-5%. Dapat saja bekerja sama dengan eksternal, misal bank penerbitan kartu kredit atau uang elektronik (e-money)  Dengan melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau uang elektronik berlogo rumah makan kita, pelanggan otomatis mendapatkan diskon 3-5%. Tetapi karena bersifat unum, kartu ini masih bisa digunakan untuk pembayaran transaksi lain. Misal untuk membayar tol atau parkir. Bahkan bila kita sanggup menjalin kerjasama dengan pihak lain, misal bioskop, bengkel atau salon, kartu berlogo rumah makan kita juga bisa mendapatkan diskon serupa.

Kartu keanggotaan hendaknya dibuat cukup exclusive agar pelanggan merasa bangga saat mengeluarkan kartu tersebut juga multi fungsinya. Makin banyak vendor bisa kita ajak bekerjasama, kartu keanggotaan ini makin bermanfaat.

Karena sifat kartu ini hanya ditunjukkan, juga bisa berfungsi ganda, bila kartu ini dipinjamkan ke temannya, keluarganya atau tetangganya, otomatis kita akan mendapatkan pelanggan baru. Padahal pelanggan lama kita yang bertindak sebagai orang yang mempromosikan.

Dengan menerbitkan kartu keanggotaan kita bisa mendapatkan omzet cukup tinggi, misal kartu keanggotaan diberikan bila sudah bertransaksi minimal 200 ribu Rupiah atau sudah berkunjung 5 kali. Kita juga otomatis dapat mengetahui jumlah pelanggan potensial.

Selain memberikan diskon, bisa pula memberikan point. Misal tiap transaksi 100 ribu Rupiah mendapatkan satu point, lalu pada jumlah point tertentu dapat ditukarkan hadiah, sehingga pelanggan makin sering mengunjungi rumah makan kita. Apalagi bila hadiah sifatnya berseri, orang biasanya menghendaki memiliki seri yang lengkap Misal memberikan hadiah berupa merchandise tokoh kartun, tokoh seri Star War, namun untuk merchandise global harus perlu menjalin kerjasama terlebih dulu dengan pemegang merek karena terkait dengan hak cipta.

Selain memberikan kartu keanggotaan berdasar besarnya transaksi atau berapa kali berkunjung, kita juga dapat menjual kartu keanggotaan tersebut, misal dapatkan kartu keanggotaan seharga 200 ribu Rupiah, tetapi memiliki nilai tambah bisa mendapatkan diskon di banyak tempat.

Pada prinsipnya kartu keanggotaan dapat mempertahankan pelanggan lama, dengan menciptakan kartu keanggotaan yang memiliki nilai tambah, hampir dipastikan pelanggan akan senang menerimanya.

Tinggalkan Balasan