26. Interior dan Eksterior

 

Guna membuat pelanggan merasa nyaman, kita harus membuat rumah makan kita senyaman mungkin. Bila target pelanggan yang disasar golongan menengah kebawah memang hanya diperlukan rapi dan bersih. Namun bila kita ingin menyasar golongan menengah keatas, kita wajib mendekorasi ruang makan yang disediakan.

Ruang makan tergantung letak bangunan, bila di dalam riko, gedung atau mall, pada umumnya biasanya bersifat indoor, namun bila di gedung dengan posisi dipinggir masih bisa diperuntukkan untuk outdoor.

Konsep indoor adalah ruang makan didalam ruangan, untuk memberikan kenyamanan kursi bisa berupa sofa dan ditambahkan pendingin ruangan (AC). Karena menggunakan AC, biasanya pelanggan dilarang merokok.

Konsep outdoor adalah ruang makan di tempat terbuka. Biasanya tidak memerlukan pendingin (AC) karena sudah ada angin. Saat pandemi Covid-19 merebak, konsep outdoor ini lebih disukai, karena sirkulasi udara terbuka, dibandingkan indoor yang sirkulasi udara tertutup Ruangan outdoor biasanya diperuntukkan bagi pelanggan yang merokok.

Dalam konsep rumah makan / kafe / gerai kekinian baik indoor maupun outdoor selalu didekorasi menarik (Instagramable) agar pelanggan senang berswa foto atau melakukan foto bersama. Selain disain yang artistik, lukisan mural pada dinding yang indah dan cerah juga menarik untuk spot foto.

Untuk keperluan nenata ruangan, baik indoor maupun outdoor, sekarang sudah banyak interior designer yang dapat digunakan jasanya.

Disain biasanya disesuaikan dengan kuliner yang dijajakan, apakah kuliner nusantara atau global. Kuliner nusantara bisa menyesuaikan berdasar kedaerahan, model Sunda dengan saung, atau Jawa dengan joglo. Tapi bisa juga membuat disain yang anti mainstream, misal ruang makan seperti kandang, tepi pantai atau tepi sawah. Kuliner global disesuaikan dengan negaranya, seperti Thailand, Spanyol dan sebagainya.

Untuk rumah makan yang berkonsep fine dining, dekorasi juga dibuat seartistik dan seanggun mungkin.

Dekorasi bisa juga berdasar tematik, seperti film, contoh Planet Hollywood atau musik, contoh Hard Rock Cafe di Bali. Ada juga kafe bertema industrial seperti suasana di pabrik atau rumah sakit.

Until disain outdoor harus dpilih kursi yang cocok untuk ditempatkan di ruang terbuka, karena akan terkena panas dan hujan.

Desain dapat berupa batu, bambu, beton ataupun tembok. Saat ini sedang digemari konsep minimalis, alami dan taman untuk outdoor. Contoh kafe di tengah kebun atau diantara pohon-pohon yang rindang.

Untuk mempertahankan keawetan furniture dan menambah keindahan dapat ditambahkan kanopi atau payung.

Untuk konsep outdoor karena ditempat terbuka, kebersihan harus lebih diperhatikan, karena daun yang jatuh, air karena hujan, dan lain-lain.

Beaya dekorasi ini cukup mahal, jadi harus dipikirkan secara matang, yang diperkirakan sanggup bertahan 3-5 tahun.

Tinggalkan Balasan