32. Menu Gabungan

 

Kadang kala ada menu tertentu yang kurang diminati pelanggan. Mungkin karena harga cukup mahal atau karena kuliner ini kurang banyak diminati pelanggan

Agar menu ini menjadi perhatian pelanggan, dapat diterapkan konsep promosi menu gabungan atau paket. Contoh, paket nasi kuning komplet + es teh seharga x Rupiah. Pelanggan yang semula tidak terpikir untuk memesan nasi kuning bisa tertarik karena adanya harga promosi sudah mendapatkan minum. Trick ini juga dapat memicu pelanggan memesan minuman lain, misal pelanggan menyukai es teh manis, maka pelanggan harus membayar dengan harga normal.

Memang harga menu gabungan, normalnya lebih murah. Bukan x + y, misal harga nasi kuning komplet 25.000 Rupiah dan es teh 5.000 lalu harga menjadi 30.000 Rupiah, tetapi kita dapat menyisiati misalnya dengan memasang harga 25.000 Rupiah saja. Jadi, seakan-akan harga minuman digratiskan.

Menu gabungan untuk item yang jarang dipesan, misal hati dan ampela, kita dapat paketkan berupa paket nasi + ayam + hati ampela. Pelanggan yang biasanya hanya memesan nasi + ayam saja, bila melihat harga gabungan lebih murah akan memesan paket.

Atau dapat juga membuat variasi menu gabungan untuk tiga macam minuman, misal es campur, es xendol dan es kopi. Bila pelanggan memesan menu gabungan, cukup membayar dua harga saja Misal harga es campur 15.000 Rupiah, es cendol 10.000 Rupiah dan es kopi 18.000 Rupiah. Pelanggan cukup membayar 33.000 Rupiah. Normalnya yang digratiskan adalah item dengan harga termurah.

Jadi, fungsi menu gabungan adalah:

1. Memicu pelanggan memesan lebih banyak item.
2. Menawarkan item yang cukup mahal yang digabungkan dengan menu lain.
3. Memberikan beberapa pilihan, dengan menggratiskan pesanan ke sekian.
4. Mengingatkan pelanggan adanya item yang jarang di pesan.
5. Meningkatkan omzet meski laba lebih kecil.

Pandai-pandailah meramu menu gabungan agar mampu menarik minat pelanggan. Apabila sudah ditawarkan menu gabungan atau paket, namun tanggapan dari pelanggan kurang, kita harus segera merubah strategi dalam menentukan menu gabungan. Pada prinsipnya menu gabungan harus dipandang cukup menguntungkan bagi pelanggan.

Tinggalkan Balasan