Keajaiban dari Keberkahan Bedah Buku NBO

Keajaiban Dari Keberkahan Bedah Buku NBO

Penulis  Yani Tarochbie

 

Sabtu 25 Februari 2023 di Kampus Universitas Dian Nusantara Jl. Tanjung Duren Barat, Grogol, Jakarta Barat diselenggarakan acara Silaturahim dan Bedah Buku NBO (Ngaji Bareng Online).

Info undangan acara Bedah Buku ini sudah saya baca di Whatsup grup (WAG) jamaah NBO beberapa minggu lalu.

“Wah, acara yang sangat menarik, harus datang..”

Gumam saya, tapi belum punya buku NBO  akan di bedah itu. Saya tanya di WAG bagaimana cara mendapatkan buku NBO tersebut. Ternyata bisa dibeli lewat Tokopedia.

Begitu buku sampai di rumah, sekitar 2 minggu lalu  saya segera buka dan baca secara garis besar.

Buku 432 halaman, berjudul Inspirasi Al-Quran Sepanjang Hari, diterbitkan oleh Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) Cetakan Desember 2022  berisi 2 bagian utama,

Bagian 1 terdiri dari 15 tulisan dari jamaah NBO.  Masing-masing Penulis berkisah  bagaimana kisah mengenal forum NBO beserta kesan diperoleh setelah ikut acara NBO

Bagian 2 terdiri dari 47 tulisan dari 47 penulis jamaah NBO. Penulis beraneka macam latar belakang: Dokter, Pilot, Musisi, Swasta, ASN, Praktisi berbagai profesi, Dosen, Peneliti sampai Ibu Rumah Tangga..

Luar biasa!

Niat untuk bisa segera membaca buku NBO ternyata tidak semulus seperti yang saya inginkan.  Ya biasa karena kesibukan sehari hari. saya hanya bisa membaca tersendat sendat.

Setiap melihat buku ini di rumah, saya coba menenangkan diri sendiri

“Ah masih banyak waktu sebelum tgl 25 Februari, pelan pelan pasti kelar nanti baca nya..”

Tak terasa kurang lima hari lagi acaranya ternyata saya baru membaca sampai di halaman 38.

Waduh!

Terjadi “kepanikan kecil” dalam diri..

Sejak itu buku selalu saya bawa tiap pergi acara keluar rumah.  Ternyata ya buku sekedar dibawa bawa namun tidak sempat juga dibaca.

Saya jadi senyum senyum sendiri. Jadi mirip kejadian saat kuliah di IPB dulu.  Suka nenteng-nenteng diktat kemana mana.  Niat nya biar setiap saat ada kesempatan bisa nyicil baca.  Tetapi  kenyataan tidak juga dibaca karena  suasana aktifitas diluaran

“Pokoknya bawa buku, biar hati tenang, nyicil ayem..”

Akhirnya kalimat ini sering muncul sebagai penghibur diri..  hehehe

Begitu hari Jumat (H-1 acara), saya memutuskan meluangkan waktu khusus.  Bertekad bulat kuat agar bisa menuntaskan membaca si buku sekitar 394 halaman lagi

“Harus selesai membaca, agar saat acara bedah buku besok pagi, saya sudah tahu apa isi buku..”

Alhamdulillah, tepat jam 22.00 WIB, buku selesai saya baca!

Itu artinya kurang dari 11 jam dari acara Bedah Buku (undangan acara, hari Sabtu, 25 Pebruari 2023 pukul 09.00 WIB)

Kembali saya senyum-senyum.  Peristiwa ini mirip seperti saat kuliah dulu. Senangnya belajar pakai cara SKS.  Sistem Kebut Semalam.

Setelah membaca seharian  394 halaman, saya sangat menikmati isi buku.  Bahkan saya membuat catatan catatan kecil. Tak lupa men-stabilo beberapa kalimat yang saya anggap sangat  menarik.

Buku sangat menarik.  Karena setiap Penulis memberikan sajian tulisan sesuai bidang keahlian. Tulisan sangat mudah di pahami.  Luar biasa semua tulisan selalu bermuara atau di kaitkan dengan ayat-ayat Illahi.

Membaca buku ini langsung mendapatkan 2 keuntungan sekaligus.

  • Pertama mendapat pengetahuan dari aneka disiplin ilmu yang disajikan dengan ringan.
  • Kedua saya  menambah rasa keimanan untuk semakin bisa mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah kita rasakan selama ini hingga sekarang dan sampai nanti.

Insyaa Allah

Berkendara mobil online. Pukul jam 07.10 WIB saya tiba  di UNDIRA.

Sengaja datang lebih awal, karena saya ingin lebih  menikmati suasana acara sebelum peserta hadir.

Bahkan saya datang nyaris berbarengan dengan tim catering acara.  Meja registrasi pun masih kosong meski panitia bagian meja pendaftaran sudah  datang.

Bener bener saya seolah merasa bagian dari panitia

Keleluasan waktu karena datang lebih awal  membuat saya bisa berfoto (konon ini juga bagian dari hobi saya, narsis) di spot yang menurut saya menarik.  Sasaran foto pertama  tentu saja di papan nama UNDIRA.  Alasan :  sebuah lokasi foto yang wajib, karena tanpa dijelaskan pun orang akan tahu, saya sedang selfie  dimana

Terimakasih Pak Satpam untuk hasil foto sudah sesuai dengan saya inginkan.

Kemudian saya naik lift lantai 6.  Masuk ruang acara tanpa mengisi absensi pendaftaran dulu. Meja registrasi masih kosong, dan petugas baru ada beberapa yang datang

Masuk ruangan yang sudah tertata rapih, dan di podium ada backdrop berjudul

SILATURROHIM dan Bedah Buku NBO

Sebuah judul  menarik, karena kata Silaturrohim ditulis dengan font huruf lebih besar dan duluan daripada tulisan Bedah Buku..

Memberikan kesan bahwa acara ini mengutamakan Silaturrohim nya, tetapi bukan sekedar silaturrohim. Acara hari ini disertai Bedah Buku. Menurut saya dari spanduk saja sudah nunjukkan acara “berkelas”, Intelek!

Keren!

Sekitar Pukul jam 07.45 WIB datang peserta kedua setelah saya, seorang Bapak separuh baya tapi terlihat masih sangat gagah. Terpancar kebaikan hati dari wajah menunjukkan keramahan.

Saya pun segera mendekati dan menyapa beliau, seraya saya memperkenalkan diri secara singkat.

Masyaa Allah, ternyata beliau adalah Pak Thamrin Dahlan salah satu penulis dalam buku NBO. Ternyata beliau seorang dosen, dan juga pemilik  Yayasan Pustaka Thamrin Dahlan (YPTD), Penerbit  buku NBO ini.

Qadarullah, semua sudah pasti bukan kebetulan, sudah diatur oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa..

Dalam waktu yang sangat singkat, bahkan saya bisa ngobrol banyak dengan Pak TD (demikian beliau memberikan ijin memanggil inisial nama),

Terima kasih . Luar biasa Pak TD memberikan banyak sekali petuah, saran, arahan, informasi dan tentu membuat saja semangat. Semangat berani  menulis.

“Menulis itu mudah.”

Coba Yani bikin tulisan reportase acara NBO hari ini yaa.  Ingat rumus menulis itu 5 W 1 H. When Why Where Who Whom How.

“ Nanti  tulisan tolong kirim ke saya ya..”

Masyaa Allah, sebuah “tantangan”  indah dan penuh kasih sayang untuk saya agar  berani memulai menulis..

Sebuah dorongan support  positif dari ahlinya..

Obrolan singkat yang sangat bermanfaat ini, sempat saya rekam video sebagai kenang kenangan bermakna.

Hal luar biasa berikutnya adalah tiba tiba di tengah obrolan, beliau buka tas kecil nya dan mengeluarkan sebuah buku (saya sempat mengintip sekilas, tas berisi 2 buku ukuran  berbeda ).  Sebuah buku dengan judul ringan yang masih tersegel plastik  di hadiahkan  kepada saya!!.  Terima kasih Terima kasih.  Alhamdulillah.

Sebuah dorongan semangat dan aksi nyata dari sosok TD buat saya yang bukan siapa-siapa dalam dunia tulis menulis. Inikah dunia literasi itu.

Buku dihadiahkan sangat cocok sebagai orang yang ingin memulai menulis.  namun belum jelas harus menulis apa dan dari mana memulainya.

Buku terbitan YPTD berjudul “Menulis Hal Berbau Remeh Temeh” oleh Nanang M. Safa

Saya merenung dan timbul pertanyaan. Bukankah pertemuan ini suatu keajaiban ?

  1. Sungguh tentunya semua tidak kami rencanakan sama sekali. Bagaimana saya bisa bertemu dengan Pak TD,
  2. Bagaimana bisa ada sedikit waktu kesempatan bisa ngobrol singkat tapi padat dengan Pak TD,
  3. Bagaimana bisa Pak TD membawa buku dengan judul yang sangat pas buat saya sehingga menjadi penyemangat menulis
  4. Dan,.. tentu Pak TD juga tidak berencana bakal menghadiahkan  buku tersebut kepada saya. Baru pertama kali ketemu (saya jadi penasaran ingin bertanya lebih lanjut ke Pak TD, kenapa beliau membawa buku tersebut).

Begitulah pertemuan singkat penuh manfaat buat saya sebagai sebuah keajaiban yang saya rasakan. Inilah sebuah awal  baik untuk memulai hari ini mengikuti acara Silaturrohim dan Bedah Buku.

Satu demi satu peserta acara mulai berdatangan.  Saya perhatikan  peserta  masuk sudah pakai name tag nama masing masing. Segera saya turun ke lobby untuk mengisi daftar hadir sekaligus ambil name tag.

Saya ijin Pak TD untuk mengabsenkan dan mengambilkan juga name tag beliau

Acara dimulai, dibuka oleh Ibu Susi Rai bertindak sebagai MC,

Berurutan susunan acara :

  • Pembukaan
  • Lantunan Asmaul Husna
  • Pembacaan ayat suci Al-Qur-an
  • Doa
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars UNDIRA
  • Sambutan-sambutan
  • Bedah Buku
  • Ramah tamah, ishoma
  • Penutup dengan poto bersama

Tentu saja, keriuhan peserta tidak bisa dicegah.  Sejak acara belum dimulai hingga acara selesai.

Rasa saling kangen bertemu langsung, karena selama ini saling sapa hanya lewat online.  Suasana seperti itu membuat obrolan dan gelak tawa menjadi sebuah suasana yang benar benar hidup.

Sudah pasti juga ber foto ria  sana sini.

Indahnya persaudaraan dalam nuansa iman.

Sepertinya suasana hening ketika hadirin bersama melantunkan Asmaul Husna. Menyanyikan Indonesia Raya dan berdoa. Selebihnya, hanya ada keriuhan baik yang terdengar keras maupun sedang dan lirih,

Demikian juga saat acara utama Bedah Buku yang dipandu oleh ibu Miranty Abidin, Pemapar Pak Rudy Radjab, Pak Memed, Pak Ibong, dan Bu Fadlun. Hahahaha tetap peserta riuh saling ngobrol, tak terbendung lagi.

Dengan teman satu meja yang juga baru saling kenal, obrolan menjadi meriah dengan sesekali melihat nama di name tag satu dengan yang lain,

Semakin akrab

Semakin seru

Kemeriahan acara juga dilengkapi dengan pembacaan puisi, permainan piano yang ciamik oleh Mas Dwiki Darmawan.  Demikian pula  permainan Saxophone  serta koor  Keluarga Besar Rudy Radjab.

Suasana semakin semarak.  Apa lagi kalau bukan hidangan  makanan super enak. Ibu Fadlun dan Keluarga menghidangkan menu nasi kebuli, aneka lauk, bakso, kue, aneka buah, es doger, minuman dingin, teh dan kopi

Masyaa Allah super lengkap acaranya

Super seru suasananya

Alhamdulillah, saya bisa menjadi bagian dari komunitas ini..

Yang insyaa Allah Acara berlangsung penuh manfaat dan rahmat. Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Bersyukur ke hadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang memperoleh keberkahan menjadi bagian NBO. Saya jadikan momentum Bedah Buku untuk lebih bergiat berbagi. Menambah porsi berbagi kebaikan didunia nyata kini melalui dunia maya yaitu literasi.

InshaAllah tulisan perdana ini akan berlanjut tulisan lainnya. Tentu mohon arahan dan bimbingan Pak TD.  Sudah terbetik dalam pikiran ingin menulis tentang kisah nyata bagaimana saya ditakdirkan bisa sampai bergabung dengan NBO. Mimpi saya kiranya karya tulis bisa pula menjadi bagian dari Buku NBO jilid dua.  Terima kasih Prof Suharyadi dan Ustazd Hasanuddin Thoyieb.

Alhamduliillah Inilah Keajaiban Dari Keberkahan Bedah Buku NBO.  Nikmat Mana Lagi akan didustakan

https://www.facebook.com/1454626442/videos/pcb.10222403940114714/217159787482513

Jakarta, Maret 2023

Yani Tarochbie

Tinggalkan Balasan

3 komentar

  1. Semoga suatu saat, acara “Remeh Temeh” keluarga besar YPTD juga bisa dilaksanakan ya Thamrin
    Kereeen dan seru banget acaranya pak …
    Terima kasih telah berbagi cerita Pak Thamrin