PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Terbaru33 Dilihat

5 Pengaruh Perkembangan Teknologi yang Berdampak pada Uang

 

Pada masa era modern saat ini teknologi sangat dibutuhkan apalagi dengan adanya pandemi covid 19 yang dimana masyarakat melakukan kegiatan apapun hanya dengan dirumah saja. Tak heran pada masa ini masyarakat lebih berfokus pada fasilitas digital ,dengan memanfaatkan fasilitas digital yang ada masyarakat bisa melakukan kegiatan aktifitas sehari hari seperti ,sekolah online,bekerja semua yang dilakukan dengan jarak jauh

Semenjak adanya covid 19 semua kegiatan dilakukan dengan menggunakan teknologi ,tidak seperti pada zaman dahulu teknologi seperti smartphone hanya di gunakan untuk sms dan telfon saja dan tidak banyak masyarakat yang menggunakannya .zaman semakin canggih di era modern saat ini dengan adanya smartphone kita dapat mengaksesnya dengan menggunakan internet apalagi di masa pandemi covid 19 ini ,teknologi bisa di gunakan untuk berbagai macam contohnya , melakukan absen sekolah atau kantor ,virtual dengan mengunakan zoom, dan lain sebagainya.

Seiring dengan perkembangan zaman teknologi informasi dapat memudahkan manusia untuk beraktifitas melihat berita dan mencari berbagai informasi di dunia maya contohnya seperti media sosial . Pada sosial media banyak beredar informasi yang bermanfaat untuk bisa memaksimalkan segala aktifitas . namun juga memiliki dampak bagaimana kita menanggapinya yaitu ada negatif dan positfnya .

Dampak positif teknologi ada berbagai macam yaitu memudahkan mencari informasi ,sebagai sistem pembelajaraan dapat di lakukan secara online tanpa harus tatap muka ,pekerjaan juga dapat dilakukan dengan efektif dan efesien ,sebagai sarana berbagi file,dapat menghubungkan dengan komunikasi silahturahmi di seluruh dunia dengan jarak jauh dan di dalam teknologi ini bisa sebagai mencari penghasilan dengan cara berdagang online dan masih banyak lainnya

Terdapat juga sisi negatifnya yaitu :

  • Hacking atau menghek bisa di sebut juga mengambil alih data- data yang ada karena menghack tersebut dapat merugikan bayak orang ,merpakan termasuk kejahatan virtual
  • Pesatnya perkembangan teknologi juga menyerang kehidupan sosial masyarakat ,seperti penyebaran berita hoax ,ujaran kebencian ,dan konten pornografi . Karna akan merusak generasi bangsa
  • Membuat menjadi kecanduan memegang handphone karena terdapat game online yang membuat seseorang menjadi lupa akan hal lain karna hanya berfokus pada game tersebut
  • Melakukan penipuan dengan adanya transaksi online

Siklus kehidupan semakin cepat dan membuat kita seakan-akan tidak berdaya kecuali harus memiliki, menerima dan mengikuti arus informasi sesuai dengan perkembangan zaman. Peranan ilmu pengetahuan teknologi informasi atau media elektronik utamanya Internet ini telah membuat dunia semakin menjadi sangat sempit seakan-akan tanpa batas, karena dengan kemampuanya dapat menginformasikan berbagai peristiwa dunia secara terus menerus salam 24 jam. Mulai dari pembisnis, pegawai, sampai pada pelajar pun sangat membutuhkanya.

Era digital harus disikapi dengan serius,menguasai, dan mengendalikan peran teknologi dengan baik agar era digital membawa manfaat bagi kehidupan. Pendidikan harus menjadi media utama untuk memahami, mengusai, dan memperlakukan teknologi dengan baik dan benar. Anak-anak dan remaja harus dipahamkan dengan era digital ini baik sisi negatif dan posifnya. Orang tua harus pula dipahamkan agar dapat mengontrol sikap anak-anaknya terhadap teknologi dan memperlakukannya atau menggunakannya dengan baik dan benar. Pengenalan tentang pemanfaatan berbagai aplikasi yang dapat membantu pekerjaan manusia perlu dikaji agar diketahui manfaat dan kegunaannya serta dapat memanfaatkannya secara efektif dan efisien terhindar dari dampak negatif dan berlebihan

Cara mengatasi pencegahan negatif dari teknologi dengan cara :

1. Dengan diberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara menggunakan teknologi yang baik dan tidak melanggar etika, sehingga teknologi dapat digunakan sebagai alat informasi yang dapat menopang keberlangsungan hidup manusia.

2. Memblokir situs-situs yang dapat mengantarkan pada hal negatif sebagai antisipasi untuk memfilter diri sendiri dan orang lain.

3. Menggunakan teknologi sebaik mungkin dengan mengakses situs-situs yang bernilai positif dan mempunyai nilai pendidikannya.

4. Tetap menjaga diri agar tidak mudah terpengaruh oleh berbagai penawaran yang ditawarkan oleh situs tertentu tanpa mengetahui manfaatnya.

5. Mengatur waktu penggunaan teknologi agar tidak memunculkan rasa candu.

6. Tidak terlalu mengekspos berbagai kegiatan harian Anda karena akan memunculkan kesempatan bagi para orang jahat yang mengambil keuntungan dari hal tersebut.

7. Berinternetlah dengan sehat. Maksudanya berinternet sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan. Jangan berlebihan.

Agar kita tidak terjerumus kearah yang negatif tentang perkembangan teknologi saat ini,kita harus mempelajari apa itu teknologi supaya kita paham tentang teknologi dan cara menggunakan teknologi dengan baik. Perlu adanya pengawasan yang menjadi hal sangat penting terutama bagi orang tua yang memberikan akses teknologi informasi ke anak anaknya untuk bisa mengawasi anaknya untuk batasan tertentu dalam mengakses luas teknologi informasi.

Keseringan dengan gadget-nya anak bisa menjadi bersikap anti sosial dan kurang percaya diri sebab banyak mengurung diri dalam kamar karena asyik dengan handphone dan game online.Akibatnya dapat menggerus nilai kepekaan sosial, kepedulian,dan empati pada sesama Karakter egoisme dan keras kepala bisa merasuki anak jika terlalu sering berinteraksi dengan game online. Apalagi unsur kekerasan dan sadisme sering menjadi game favorit anak, tentunya hal itu secara tak sadar anak akan meniru aksi pada game dan mengaplikasikannya pada dunia nyata saat bergaul dengan teman dan keluarganya.

Anak memelukan pendampingan ekstra dari orang tua agar terhindar dari isu-isu yang dapat menyesatkan anak. Orang tua juga harus bisa profesional saat mendidik seperti tidak memperlihatkan kepada anak hal-hal yang sesuai dunianya seperti kekerasan pisik karena akan segera ditiru. Usia dini adalah usia meniru, dan orang tua adalah model bagi anaknya sehingga keluarga adalah ujung tombak dalam perkembangan sosio-emosinya. Hal yang tidak kalah penting adalah dalam memberikan kasih sayang kepada anak dilakukan dengan benar dan tidak berlebihan dan pula tidak kurang.

Tinggalkan Balasan