Pengalaman Kesehatan

Terbaru9 Dilihat

ANUGRAH SEHAT

 

Sebuah anugrah dari allah yang sangat saya syukuri ketika saya dan keluarga di berikan kesehatan . Alhamdulilah selama saya hidup saya diberi kesehatan tidak pernah masuk rumah sakit . Tapi terkadang saya sakit seperti manusia pada umumnya seperti panas , pusing , flu dll , alhamdulilah masih tergolong ringan dan bisa diatasi sendiri dengan cukup minum obat. Namun, sering kali kebanyakan di antara kita mengabaikannya. Sehingga, kehidupannya pun dijalankan dengan tanpa kontrol kesehatan. Padahal, nikmat sehat ini akan terasa sangat berarti ketika kita sedang sakit. Baik sakit ringan, sedang, maupun sakit yang berat.

Meskipun demikian saya mempunyai keturunan diabetes atau memiliki anggota keluarga yang menyandang diabetes . Terkadang saya khawatir dengan opini “ risiko penderita diabetes kepada keturunannya “ . Dikarenakan nenek saya adalah penderita diabetes akut dan tahun ini bliau sudah dipanggil sang pencipta dikarenakan penyakit diabetes yang nenek saya derita sekitar 7 tahun. Hampir dua kali setiap bulan selalu masuk rumah sakit akibat kondisinya menurun. Mulai dari situ saya merasa khawatir . Tetapi saya selalu yakin keturunan itu bisa di cegah.

Faktor keturunan riwayat penyakit diabetes, membuat saya dan keluarga semakin besar untuk berbenah. Meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk saya yang ternyata menjadi pemicu besar penyakit diabetes. Mulai mengurangi makan dan minum manis .namun penyakit diabetes ini bisa dicegah dan dikontrol dengan mulai menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Hidup sehat merupakan hal yang wajib kita lakukan, terutama pada masa pandemi. Dengan memiliah dan mengatur pola hidup sehat, tentunya tubuh kita akan merasakan banyak manfaat. Kita perlu memperhatikan kebiasaan kecil sehari-hari dan mengubahnya supaya lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bicara masa pendemi disini saya juga punya pengalaman terkena covid . Lebaran tahun ini saya dan keluarga terkena covid ringan . Awalnya, saya tidak merasa kalau terinfeksi virus Corona dan mungkin hanya sakit biasa. Dihari pertama saya merasa badan panas setelah saya minum obat panas sudah turun . Kemudian di hari kedua saya merasa tenggorokan sedikit sakit , lalu saya langsung minum vitamin dihari itu juga sakit tenggorokan saya sembuh . Di hari ketiga sampai kelima kehilangnya indra penciuman yang perupakan salah satu gejala khas dari COVID-19. Kondisi ini disebut juga sebagai anosmia. Selama lima hari dan sampai benar benar sembuh saya melalukan isolasi mandiri .

Selama masa pandemi kita harus taat protokol kesehatan . Harus pakai masker saat keluar rumah. Pakai masker pun jangan asal-asalan, seperti cuma digantung dan diplorotin di dagu. Kalau bukan karena urusan yang tidak penting sekali, lebih baik jangan keluar rumah. Selalu jaga jarak dan banyak minum vitamin dan air putih . Covid sangat mudah menular agar kita tetap sehat harus patuhi protokol kesehatan.

Semua orang pasti ingin selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Sebab, dengan tubuh dan pikiran yang selalu sehat, kesejahteraan hidup dapat meningkat. Menjaga kesehatan pun nyatanya tidak sesulit yang dibayangkan, salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari.

Gaya hidup sehat adalah sebuah hal baik jangka panjang untuk menjaga atau melakukan beberapa hal agar mampu mendukung fungsi tubuh, sehingga berdampak baik bagi kesehatan. Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat adalah menjaga asupan makanan sehat dengan diet dan nutrisi, berolahraga, melakukan kegiatan positif untuk menghindari stres, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan hal ini, maka kualitas hidup pun bisa meningkat dan membawa pengaruh positif bagi lingkungan.

Nah yuk sekarang tidak perlu khawatir sebagai keturunan diabetes banyak cara dah hal untuk mencegah penurunan penyakit tersebut . Menjaga pola hidup sehat memang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Untuk itu, kita harus saling mengingatkan betapa pentingnya hidup sehat.selain itu, kita juga dapat mengajak teman atau keluarga untuk selalu mennjaga pola hidup sehat. Sehat itu mahal.

 

Nama : Vinka Ayuning Tyas

NIM : 20039

Tingkat : 2A

 

Tinggalkan Balasan