Aplikasi GPS Essentials Sebagai Media Pembelajaran Geografi

Terbaru158 Dilihat

Aplikasi GPS Essentials Sebagai Media Pembelajaran Geografi

Teman teman pasti tau GPS kan? GPS (Global Positioning Sistem) merupakan salah satu fitur yang terdapat dalam smartphone yang saat ini penggunaannya sangat penting. Biasanya GPS kita pakai untuk memberitahukan posisi kita pada teman dengan “sharelocation”, atau melacak lokasi yang ingin kita tuju. Bagi orang orang yang melakukan perjalanan GPS sering sekali digunakan sebagai penunjuk arah (navigasi)  bagi mereka.

Siswa zaman sekarang dalam keseharian mereka tidak lepas dari gadget ditangannya. Ketika mereka update status setiap hari sambil menyertakan posisi keberadaan mereka. Oleh karena itu keberadaan ponsel pintar dengan semua fitur yang ada didalamnya seperti GPS bisa kita manfaatkan sebagai media pembelajaran. Salah satunya dalam mata pelajaran geografi, dalam tulisan saya sebelumnya kita sudah membahas mengenai pemanfaatan aplikasi google dalam pelajaran geografi, sekarang kita kaji bagaimana GPS Essential sebagai media pembelajaran terkait dengan materi pengetahuan dasar pemetaan, penginderaan jauh dan sistem informasi geografi (SIG)

Apa itu GPS dan GPS Essential?

GPS( Global Postioning Sistem ) adalah sebuah alat atau sistem serta navigasi berbasis satelit yang melacak posisi tertentu atau memetakan posisi tertentu disebuah peta digital. Cara kerja GPS bergantung pada tiga komponen utama yaitu satelit, pengontrol dan penerima atau pengguna.

GPS essential merupakan aplikasi gratis yang memiliki fitur cukup lengkap diantaranya fitur navigasi, titik koordinat ( Waypoints), track, route, kompas dan peta (Google maps, Map Quest, Open Street Map, dan lain lain. (carisinyal.com)

Bagaimana cara menggunakan aplikasi GPS Essential? Yang pertama sekali adalah kita harus menginstall dulu aplikasi ini dengan membuka playstore pada smartpone lalu cari GPS essential dan tinggal di install. Setelah itu silakan masuk ke GPS essential dengan membuka menu pada ponsel android. Sebelum menjalankannya aktifkan dulu GPS di smartphone kita.

Gambar 1. Aplikasi GPS Essentials

Tedapat 15 fitur pada GPS Essensial yaitu 1)Dashboard, 2)Camera, 3)Compass, 4)Portable maps, 5)Google Maps, 6)Waypoint, 7)Routes, 8)Tracks, 9)Streams, 10)Satellits, 11)Picture, 12)Message, 13)Tags, 14)Setting,  15)Donate

Gambar 2. Tampilan Menu GPS Essentials

Didalam proses belajar mengajar ada beberapa fitur GPS essentials yang kita pakai untuk praktik sederhana dalam materi pemetaan dan sistem informasi geografi seperti :

Dashboard kita bisa menampilkan beberapa informasi seperti ketinggian tempat, akurasi data, jumlah satelit, posisi latitude dan longitude (lintang dan bujur).

Waypoint kita bisa membuat titik koordinat lokasi lokasi yang dinginkan atau yang kita pilih. Dalam prakteknya kita menugaskan siswa untuk mencari minimal 5 titik (way point) dari daerah sekitar tempat mereka tinggal minimal berjarak 300-500 meter. Lalu hasil 5 titik ini yang kita petakan.

Tracks untuk membuat jejak, Hasil dari track  dan waypoint selanjutnya kita simpan dan nanti bisa di buka di aplikasi Google Earth. Bahkan hasil waypoint ini bisa kita eksport hasilnya ke laptop atau komputer, kemudian membukanya di program- progam SIG ( Sistem Informasi Geografi) dan pemetaan seperti Arc GIS atau Quantum GIS (QGIS).

Gambar 3. Hasil waypoint 5 titik dari daerah sekitar tempat tinggal

Aplikasi GPS Essentiasl ini tingkat akurasinya juga cukup baik hampir sama dengan GPS untuk survey biasa. Selain itu penggunaanya cukup mudah dan tidak menggunakan data seluler sehingga tidak akan mengurangi paket data internet. Cukup menarik bukan? untuk kita gunakan sebagai media pembelajaran. Para siswa langsung terlibat (activity) dan pengalaman (eksprerience) yang berharga selama proses belajar mengajar.

Semoga bermanfaat…

   

 

Muaro Sijunjung. 11 februari 2021

Weni Elisa, S.Pd

NPA : 03100400461

Guru SMA Negeri 2 Sijunjung – Sumatera Barat

Hari ke 11 “Menulis di Blog jadi Buku “ Tantangan 28 hari “ Semangat Menulis”

 

Tinggalkan Balasan

2 komentar