OLimpiade TIK dan Informatika Nasional (OTN) Keenam 2024 di ICE BSD Serpong

Wijaya Kusumah

guru, Terbaru8 Dilihat

Ayo Dukung Siswa Sekolahmu Di Ajang OLimpiade TIK-Informatika Nasional (OTN) di ICE BSD Serpong, Tangerang. Kegiatan akan dilaksanakan dari tanggal 31 Oktober 2024 sampai 3 November 2024. Jangan sampai kalian tidak hadir ke lokasi acara.

Olimpiade TIK-Informatika Nasional (OTN)2024 dan Seminar Nasional akan diadakan selama empat hari, dari Kamis hingga Minggu, 31 Oktober hingga 3 November 2024, di ICE BSD, Tangerang, Banten.  Sesuai dengan jadwal di bawah ini.

Acara ini akan menjadi ajang bergengsi bagi peserta dari seluruh Indonesia untuk menunjukkan kemampuan mereka di bidang teknologi dan informatika, serta menjadi tempat berbagi pengetahuan melalui seminar nasional untuk guru.

Kegiatan OTN yang keenam ini dilaksanakan oleh Ikatan Guru Informatika PGRI bekerjasama dengan Komunitas Guru TIK dan KKPI. Kegiatan ini juga didukung oleh pengurus besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang dipimpin oleh Prof. Dr. Unifah Rosyidi.

Kamis, 31 Oktober 2024

Hari pertama acara dimulai dengan pembukaan resmi pada pukul 10:00 hingga 11:00 WIB di Technoforia, dipandu oleh Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd yang biasa disapa Omjay.

Setelah itu, akan ada sesi lomba Mengetik Cepat akan berlangsung dari pukul 11:00 hingga 13:00 WIB, dipimpin oleh kang Eman Sulaeman, yang menguji kecepatan dan akurasi peserta dalam mengetik cepat.

Selanjutnya, dari pukul 13:00 hingga 15:00 WIB, kompetisi Web Desain oleh Kang M. Firman Suwarya yang akan mengajak peserta untuk menampilkan kreativitas, dan keterampilan desain situs web. Wow keren banget para desain web master ini.

Pada sore hari, pukul 15:00 hingga 16:30 WIB, seminar nasional akan dipandu oleh Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd sebagai moderator. Adapun narasumbernya adalah Prof. Dr. Eko Indrajit dari PGRI, Mas Donny BU dari Siberkreasi, dan Mas Bambang PA dari kampus UNJ Rawamangun Jakarta Timur.

Tema seminar nasonal adalah peluang dan tantangan artificial Intellegence (AI) bag dunia pendidikan. Kegiatan seminar nasional ini GRATIS dan terbuka untuk umum. Peserta akan mendapatkan sertifikat digital ke email masing-masing. Slahkan daftar online di https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdtFPPQQT221g4hiojddIPIy1cMYxc4oRs9QSZccgBWIX9EMg/viewform

 

Input sumber gambar otn 2024
Input sumber gambar otn 2024

 

Kegiatan diadakan di Hi Ai, membahas topik-topik penting di dunia TIK. Pada malam hari, mulai pukul 17:00 hingga 20:00 WIB, akan ada sesi lomba Film Pendek yang disutradarai oleh Rohandi, memperlihatkan karya-karya peserta OTN 2024. Adapun contog film pendek yang pernah menjadi juara 1 di OTN sebelumnya dapat ditonton di bawah ini.

Di waktu yang bersamaan, LCC Informatika, lomba cerdas cermat bertema informatika, akan diadakan dari pukul 18:00 hingga 21:00 WIB di Hi Ai oleh Kang Asep Sugandi. Seorang pakar nformatika dari Subang dan penulis buku informatika SMP.

Jumat, 01 November 2024

Hari kedua akan dimulai pada pukul 13:00 hingga 15:00 WIB dengan kompetisi Menulis di Blog yang dipandu oleh Endang WSR di Technoforia. Beliau seorang blogger terkenal Indonesia, dan akan dibantu sebagai juri oleh pak Supadillah juara lomba blog nasional Indonesia secara daring.

Pada sore harinya, dari pukul 16:00 hingga 21:00, akan ada final lomba E-Sport yang seru dipimpin oleh Bang Ramli JM di Hi Ai, pakar informatika nasional di mana para finalis akan bertarung di turnamen game elektronik.

Pukul 18:00 hingga 20:00 WIB. Berikutnya akan ada kegiatan lomba Fotografi dan akan dilaksanakan di Technoforia oleh bang Dr. Yunus Rangkuti, dan ibu Siska pakar Fotografi. Mereka berdua akan menguji keterampilan peserta dalam seni fotografi digital.

 

Input sumber gambar otn 2024
Input sumber gambar otn 2024

 

Sabtu, 02 November 2024

Hari ketiga dimulai dengan Gambar Digital oleh Lilis Juwita seorang pakar disain grafis dari Majalengka dari pukul 10:00 hingga 12:00 WIB di Hi Ai. Kemudian, diikuti oleh lomba Presentasi Canva dari pukul 12:00 hingga 14:00 WIB yang dipandu oleh Gari Yantoro pakar Canva di tempat yang sama.

Kompetisi lomba Membuat Game akan berlangsung dari pukul 14:00 hingga 16:00 WIB, di mana peserta akan menunjukkan keterampilan mereka dalam merancang game digital di bawah bimbingan programer Maria Sumakul dan tim Clevio codecamp.

Sesi Lomba Robotik akan berlangsung dari pukul 16:00 hingga 21:00 WIB, dipandu oleh pakar Robot Nasonal, pak Ratno Pujianto, di mana para peserta menampilkan inovasi dalam bidang robotika.

 Minggu, 03 November 2024

Hari terakhir acara akan difokuskan pada Pengumuman Juara lomba olimpiade tik-informatika nasional (OTN) yang diadakan dari pukul 17:00 hingga 20:00 WIB di Hi Ai IC BSD Serpong Tangerang hall 8.

Pemenang dari berbagai kategori lomba akan diumumkan, dan acara akan ditutup secara resmi oleh Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd (Omjay), menandai akhir dari Olimpiade TIK-Informatika Nasional 2024.

Demikianlah kegiatan Olimpiade TIK-Informatika Nasional (OTN) akan dilaksanakan di ICE BSD Hall 8 Tangerang. Informasi lengkap dapat dibaca di website resmipanitia di bawah ini.

https://www.gurupenggerakindonesia.id/beranda/olimpiade-tik-informatika-otn-2024/

Tinggalkan Balasan