Materi TIK dalam New Normal

Terbaru21 Dilihat

Alhamdulillah, setelah hampir satu tahun tidak mengajar tatap muka, akhirnya kesempatan itu datang lagi. Sekolah kembali memutuskan untuk memberikan kesempatan saya untuk kembali membuka kelas bimbingan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). 

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan pengurangan jam pelajaran. Pelajaran TIK ditiadakan di sekolah. Setelah sebelumnya sekolah memutuskan untuk menambahkannya di awal tahun ajaran lalu. Akibatnya pembelajaran kembali hanya bisa dilakukan secara individu yaitu ketika ada siswa atau guru butuh bimbingan TIK, mereka datang ke laboratorium komputer. Jika tidak, maka tidak ada aktifitas rutin di labor komputer.

Kabar gembira

Dua minggu lalu saya diminta untuk menghadap kepala sekolah. Dari pertemuan tersebut saya diminta untuk mempersiapkan segala sesuatu tentang pembelajaran bimbingan TIK. Mulai dari program sampai pada perangkat pembelajaran.

Pembelajaran kali ini berbeda dari sebelumnya yang harus mengikuti silabus yang telah ditetapkan. Kali ini saya diminta untuk menyusun sendiri program yang akan diajarkan. Karena kebutuhan khusus untuk siswa. Program tersebut harus simpel, artinya materi – materi pembelajaran yang akan dimasukkan diharapkan mampu membantu siswa untuk mampu mengerjakan tugas mereka baik dan benar menggunakan komputer. 

Sasaran Pembelajaran

Ada empat sasaran utama yang ingin dicapai pertama siswa mampu membuat dokumen berupa surat dan laporan kegiatan. Tujuannya adalah untuk membantu siswa menyelesaikan tugas – tugas baik pribadi maupun kelompok yang berbentuk laporan. 

 

Kedua adalah menggunakan search engine atau mesin pencari. Materi ini bertujuan agar siswa mampu mendapatkan informasi dengan cara benar dan efektif, sehingga siswa dapat mengerjakan tugasnya dengan cepat dan tepat sasaran. 

 

Sasaran ketiga adalah mendesain laporan, ini bertujuan agar tugas yang telah dibuatnya dapat ditampilkan dalam bentuk yang lebih baik lagi. Jika laporan ditampilkan dalam bentuk yang baik dan enak dipandang mata, maka guru yang memeriksa tugas tersebut juga akan senang menerima tugas dari siswanya.

 

Yang terakhir adalah distribusi atau publish, siswa diharapkan mampu merubah dokumen yang telah dibuatnya ke bentuk bentuk lain seperti ke bentuk dokumen cetak, presentasi dan portable document format (PDF).

 

Meski tidak sebanyak materi yang ada pada silabus dari kementerian pendidikan, namun rasanya materi tersebut sudah cukup membantu siswa dalam pembelajaran. Jika nantinya mereka tertarik untuk mengembangkan lebih jauh kemampuan komputer, mereka maka dapat dilanjutkan dengan bimbingan individu. Semoga… 😀

 

Sijunjung, 17 Februari 2021

Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/blogger-cellphone-kantor-bisnis-336371/

Rozi Pebrianto, S.Kom 

NPA :  03100500006

Guru SMA Negeri 2 Sijunjung

Sumatera Barat

Menulis Mewariskan Kebaikan

Tinggalkan Balasan

1 komentar