Catatan 30 Tahun Mengabdi di Polri

YPTD69 Dilihat

DIRGAHAYU POLRI

Catatan Kombes Pol (P) H. Thamrin Dahlan, SKM, M.Si

Alah bisa karena biasa
Belajar tidak mengenal usia
Polisi juga manusia biasa
Tetap teguh laksanakan Tri Brata

Polisi menulis tentang polisi jamak saja. Tulisan mantan Anggota Polri yang bertugas selama 30 tahun tentu berbeda dengan jurnalis lain bersebab pengabdian suka duka dirasakan sendiri . Inilah yang dinamakan ruh satu tulisan.

Sejak purna tugas Agustus 2010 menjandang gelar Purnawirawan. Terdakadang ditulis juga pangkat Kombes Pol (P) Thamrin Dahlan, SKM, M.Si sebagai bunga bunga kehidupan. Pengalaman itu diabadikan pada sebuah buku bertajuk Polisi Juga Manusia versi TD. Buku ke – 14 Penerbit Leutikaprio.com tahun 2017 merupakan rangkaian kumpulan tulisan setelah tidak berdinas aktif lagi.

Pada kesempatan Ulang Tahun Polri 1 Juli 2021 izinkan awak mengucapkan Disrgahayu Polri. Semoga tetap semangat memberikan pelayanan, pengayoman dan perlindungan kepada rakyat. Sukses dalam pengabdian berpedoman pada Tribrata dan Visi Polri : Presisi

Buku ini Poliis Juga Manusia berisi “sepenggal” catatan kecil tentang kiprah Polri dalam ketatanegaraan Republik Indonesia bila dibandingkan dengan betapa besarnya peran setiap Bhayangkara dalam melaksanakan tugas mulia mengemban Tribrata.

Catatan kecil versi TD menyangkut pengalaman pribadi dalam kedinasan mulai dari penugasan di Rumah Sakit Polri, Pusdokkes Polri, dan Badan Narkotika Nasional serta setelah purna tahun 2010.

Ada baiknya dicantumkan narasi Tri Brata :

Kami polisi indonesia

Berbakti kepada nusa dan bangsa # dengan penuh ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa #
Menjunjung tinggi kebenaran, keadilan, dan kemanusiaan # dalam menegakkan hukum negara kesatuan republik indonesia # yang berdasarkan pancasila dan undang – undang 1945 #
Senantiasa melindungi mengayomi dan melayani, masyarakat # dengan keikhlasan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban #

Selain itu buku Polisi Juga Manusia versi TD menampilkan sejumlah artikel yang ditulis berdasarkan pengamatan atas berita berita nasional yang menyangkut pelaksanaan tugas Polri mulai dari Kapolri sampai di Polsek.

Sesungguhnya Polisi bukan robot, mereka mempunyai keluarga, hati, tersenyum, tegas, sabar, dan letih. Buku ini bergenre Humaniora lebih kepada memberitakan sosok anggota Polri dari pendekatan budaya (culture oriented).

Semoga buku “Polisi Juga Manusia” #Versi TD menjadi catatan abadi yang tidak terbantahkan pada sepotong sejarah perjalanan Polri di antara sedemikian banyak buku yang telah diterbitkan menyangkut kiprah pengabdian.

Menikmati masa pensiun selaras dengan status (Purnawirawan) Polisi Juga Manusia. Berbaur dengan rakyat tetap melaksanakan misi Polri sebagai pelayan masyarakat sesuai dengan kemampuan dan keahlian. Keahlian tersebut adalah menjadi tukang berita. Hampir setiap hari menulis, mengkhabarkan berita dengan motto Penasehat, Penakawan dan Penasaran.

Alhamdulillah 10 tahun pensiun berada dilingkungan masyarakat tetap bengga sebagai seorang Anggota Polri. Tetap berkarya dalam kapasitas sebagai sorang Penulis sehingga berhasil menerbitkan 40 Judul Buku. Aktif di Organsiasi Paguyuban Purnawirawan Kesehatan Polri (P2KP) dalam rangka menjaga hubungan dengan kedinasan Pusdokkes Polri.

  • Salam salaman
    BHP, 1 Juli 2021
    TD

Tinggalkan Balasan

3 komentar