Merdeka Belajar

Terbaru44 Dilihat

Dunia pendidikan sekarang mengalami perubahan. Dalam perubahan tersebut semua yang terlibat dalam pendidikan perlu memahami Apa dan bagaimana merdeka Belajar itu.

Dalam melakukan pembelajaran ada azas merdeka. Merdeka dalam menentukan cara bagaimana belajar, pelaksanaan seperti apa yang akan dilakukan dan melakukan evaluasi dari pembelajaran yang telah dilakukan.
Dalam belajar, pelajar tidak merasa diperintah untuk belajar, namun pelajar memiliki motivasi sendiri untuk belajar. Guru hanya perlu membangkitkan Motivasi siswa sebelum belajar dan memfasilitasi apa yang dibutuhkan pelajarnya dalam melakukan proses belajar.
Pelajar diharapkan mampu berdiri sendiri dalam pembelajarannya. Pelajar memahami diri yang mampu belajar dengan cara dirinya sendiri, tetapi tidak diberikan kebebasan yang seluasnya. Guru tetap memberikan arahan dan mengontor bagaimana proses yang dilakukan pelajar sehingga pembelajaran yang dilakukan siswa sesuai dengan capaian pembelajaran.
Pelajar dalam proses belajar akan melihatkan kecakapan yang dimilikinya. Kecakapan dalam mengatur hidup dengan perencanan yang telah dibuat. Melaksanakan perancanaan yang dibuat dengan semangat optimis dan pantang menyerah. Pelajar melakaukan refleksi pelaksanaan yang telah dilakukan, meliihat kelebihan dan kekuarangan yang ada. Setelah melakukan refleksi pelajar melakukan tindaklanjut dari refleksi yang dilakukan.

Apa itu merdeka belajar?
Merdeka belajar adalah belajar dengan berorientasi pada tujuan, mengatur cara belajar sendiri dan melakukan evaluasi pembelajarn dengan refleksi dan tindaklanjut.

Tinggalkan Balasan

1 komentar