Pelihara Ikan Sepat

Selamat siang sobat,

Pagi tadi sudah menjadi rutinitas, saya harus mengganti air di akuarium yang berada di teras rumah dan juga mini akuarium yang berada di ruang keluarga.

Seriap hari Rabu, air dalam akuarium tersebut memang harus diganti dan akuarium dibersihkan dari kotoran ikan dan lumut.

Akuarium yang berada di teras rumah berisi 9 ekor ikan sepat sedangkan tiga mini akuarium yang berada di ruang keluarga berisi ikan cupang.

Saya memelihara ikan sepat di dalam akuarium yang berukuran sedang sekadar untuk mengenang kembali saat saya kecil dulu. Saat itu saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Di siang hari selepas pulang sekolah dan makan, saya bersama kawan kawan kerap bermain ke empang yang terletak tak jauh dari rumah. Di dekat empang mengalir sungai kecil yang lumayan banyak dihuni ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan tawes, ikan gabus, ikan sepat dan kadang ada ikan mas juga.

Betapa gembira bila kami dapat menemukan lalu menangkap ikan ikan tersebut. Ikan hasil tangkapan lalu saya pelihara di bak penampungan air di halaman depan rumah.

Saya kerap mendapatkan ikan sepat daripada ikan ikan yang lain. Saat itu yang saya tahu ikan sepat yang saya tangkap adalah ikan berjenis sepat sawah. Ikan sepat jenis ini hanyak hidup di persawahan dan parit atau sungai yang mengalir di sekitar sawah.

Ukuran ikan sepat yang saya tangkap tak terlalu besar, hanya sekitar tiga jari saja.

Itulah sebabnya, sekitar dua bulan lalu saat saya melihat penjualan ikan di lapak online juga dijual ikan sepat sehingga timbul keinginan saya untuk kembali memelihara ikan sepat di akuarium yang kebetulan tak berpenghuni.

Kemudian saya melakukan pencarian lapak online yang menjual ikan sepat. Ternyata ikan sepat kini sudah menjadi ikan hias dan banyak sekali jenisnya dengan warna yang berbeda beda. Ada ikan sepat berjenis sepat madu, sepat golden sunkis, sepat biru, sepat ralish merah, sepat mutiara putih, sepat siam, sepat paradise, sepat putih dan sepat sawah, sepat biru rosbee.

Bingung juga mau beli yang mana. Namun akhirnya saya memutuskan untuk membeli sepat golden sunkis 4 ekor, sepat biru rosbee 2 ekor, sepat madu 2 ekor dan sepat ralish 2 ekor.

Saat pengiriman ikan ikan tersebut sampai di rumah ternyata ada satu ekor yang mati sehingga masih tersisa 9 ekor ikan sepat dan tetap hidup hingga hari ini.

Ikan ikan yang saya beli tergolong berukuran kecil, sekitar jempol jari tangan orang dewasa. Namun setelah saya pelihara sekitar dua bulan sudah terlihat lebih besar. Ikan ikan sepat tersebut saya beri makan pelet yang berkualitas sehingga ikan bisa cepat tumbuh dan sehat.

Pelihara ikan terutama ikan yang membawa kenangan indah di saat kecil tentu saja menyenangkan dan bisa membuat kita bahagia bila melihat ikan ikan yang kita pelihara dapat tumbuh menjadi besar dan sehat.

Alhamdulillah ..

Sobat, saatnya saya undur diri.

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 27 Juli 2022

Tinggalkan Balasan