5. #KMAC Guru Penggerak, Transformasi Pendidikan Menuju Indonesia Gemilang.

Pembahasan tentang definisi guru penggerak masih berlanjut. Berbicara tentang definisi guru penggerak, masih ada chat dari teman-teman untuk menyampaikan pendapat serta gagasan mengenai pengertian guru penggerak. Berikut penjelasannya :

  1. Guru penggerak adalah guru yang akan menjadi role model bagi murid di masa yang akan datang. Serta sebagai penggerak komunitas belajar.
  2. Guru penggerak adalah guru yang mau bergerak mengupdate diri untuk menjadi lebih baik dalam rangka memperbaiki mutu pendidikan, tanpa ada embel-embel di belakangnya. Bergerak untuk diri sendiri walaupun banyak yang tidak mendukung dengan apa yang sudah dilakukan. Guru tetap mengeksplor kompetensi yang diperoleh selama pendidikan guru penggerak baik didukung maupun tidak didukung oleh komunitas sekolah.
  3. Guru penggerak adalah guru yang memiliki dedikasi belajar sepanjang hayat, menjadi sosok pemimpin pembelajaran yang ikut menjadi bagian transformasi pendidikan Indonesia.
  4. Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya. Untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar.
  5. Guru penggerak adalah guru yang bergerak untuk menjadi pemimpin pendidikan yang berkompeten dan bertransformasi  agar dapat menjadikan anak bangsa yang berkarakter.
  6. Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya. Untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.
  7. Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang bertugas menciptakan ekosistem dan iklim pembelajaran berpihak pada murid serta mendorong tumbuh kembang murid. Selain itu juga mendampingi dan menuntun murid menemukan jati dirinya agar dapat menghadapi dan menjalani kehidupan di masyarakat dengan bahagia.
  8. Guru penggerak adalah guru yang mampu melakukan perubahan dalam bidang pendidikan. Mengajak teman-teman pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif serta mendorong peserta didik aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran akan bermakna.
  9. Guru penggerak adalah Pembawa perubahan dengan merencanakan, mendefinisikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik saat ini dan di masa yang akan datang. Sebagian pendidik harus mampu menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid sesuai dengan kodratnya.
  10. Guru Penggerak adalah seorang guru yang telah lulus seleksi dan program pendidikan guru penggerak yang kemudian menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif. Mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.
  11. Guru penggerak adalah guru yang menggerakkan temannya.
  12. Guru penggerak adalah guru ingin menjadi Kepala Sekolah. Mereka mengejar Karier untuk jadi Kepala Sekolah. Tugasnya banyak. Salah satu syarat jika ingin menjadi Kepala Sekolah harus lolos guru penggerak.
  13. Guru penggerak adalah guru yang bergerak dan menggerakkan untuk bisa membangun pergerakan.
  14. Guru penggerak adalah guru yang mendorong atau menggerakkan anak untuk aktif di kelas.
  15. Guru penggerak adalah guru yang mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan serta dapat menciptakan suasana belajar yang efektif berpusat pada murid.  Dengan memperhatikan  lingkungan belajar siswa baik di sekolah masyarakat dan global. Guru penggerak harus bisa memfasilitasi peserta didik dalam menghadapi kemajuan global yang ada sehingga peserta didik mampu bersaing dan mengaktualisasi diri.

Tinggalkan Balasan