Kedai Pesona Kamsari

Resto Pesona Kamsari

Catatan Thamrin Dahlan

Selasa 8 Oktober 2024 awak bersama isteri menjenguk seorang sahabat.  Beliau Kombes Pol (P) Kafrawi, SE sesama Alumni Akper Depkes Palembang. Mendapat perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara TK 1  Kramatjati Jakarta Timur.

Selasai bezoek hari telah sangat terang matahari tiga perempat  diatas sana. Panas nian siang itu. Pun terasa pula ketika kampong tengah ini demonstrasi. Itulah istilah lapar orang melayu.  Langsung saja memesan sepiring nasi goreng.

Uji wong plembang sikok bagi duo.. Maklum di usia manula makan tak lah bisa banyak banyak lagi.  Cukup seporsi berdua hanya sekedar  menghiangklan rasa lapar. Berhenti menyuap sebelum kenyang,.

 

Alhamdulillah seusai makan kami mampir sejenak di BNI 46  melewati sebuah kedai.  Istri awak teringat inilah Resto Mas Kamsari posisi persis di sebelah Pesantren Besar dan depan Masjid Al Ikhsan.

Jadilah kami mampir.  Bukan untuk makan lagi namun lebih ke nuansa silaturahim dengan sahabat lamaa.  Sahabat Kamsari nan setia berdagang nasi goreng spesial di dekat Rumah  Sakit Polri Kramatjati.

Ingat pesan para tetua dulu. Bila dikau sudah kenyang maka jangan lupa pula bersilaturahim.  Walaupun tak menikmati nasi goreng Kedai Pesona Bahari (Kamsari) kami tetap membeli beberapa macam jenis makanan. Bungkus untuk menu makan nanti sore.

Tahu saja Mbak Kamsari.  Selalu menambah sambel 3 bungkus untuk Pak Haji dan Ibu Haji.  Pasalnya bukan karena kami asli orang Minangkabau namun lebih dari itu. Sambelnya Kedai Pesona Bahari  ini memang mempesona pancaindra penyedap.

Perjalanan hidup keluarga sederhana ini memang panjang. Bersyukur atas binaan dan arahan serta didikan Almarhum Kolonel Polsi Purnawirawan Dr Sarmo Sardija, SKM Ketua INKOPOL.  Diberi tempat dan modal, anak-anak  disekolahkan pada Akademi Keperawatan dan Kebidanan. Alhamdulillah kini anak anak sudah bekerja dan berkeluarga.

Mas Kamsari sangat rajin, patuh dan taat menyelesaikan setiap pekerjaan.  Mengirim / mengantar obat ke rumah rumah pasien dan segala macam perintah tampaknya tidak pernah di bantah. Inilah khas seorang pengabdi nan kini menikmati hasil kerja kerasnya.

Bisa jadi sudah 40 tahun lebih Mas Kamsari dan Istri berdagang. Dulu pernah depan Koperasi Dinas Kesehatan Polri.  Pindah ke kawasan Pujasera Rumah Sakit Polri.

Langgan terdiri dari Dokter, Perawat dan Pegawai Rumah Sakit Polri.  Termasuk para pensiunan juga para Mahasiswa Kedokteran, Akper dan para pengunjung sedang bezoek.  Juga tentu warga Asrama SPN Polri.

Kini tampaknya ada kemajuan berniaga nasi goreng maknyus di kedai nan nyaman. Masakan racikan Mbak Kamsari di jamin uuueeenaak tenaan. Kami sekeluarga langganan sejak masih bekerja disini puluhan tahun lalu.

Nah apabila sobat pembaca berkenan mencicipi ulekan sambel Kedai Pesona Bahari (awak lebih suka menyebut Pesona Kamsari) silahkan berkunjung.  Tempatnya luas, nyaman mudah dicari di Jalan RS Polri sebelum Poliklinik. Sebelah kiri sebelum  BNI 46.

  • Salam Kuiner
  • BHP, 8 Oktober 2024
  • TD

 

 

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar