KONSEP SEHAT SAKIT

Terbaru5 Dilihat

Pengalaman sakit

saya dan teman teman saya adalah sekian persen orang yang mengangggap sepele tentang sehat sakit juga termasuk keluarga saya kenapa karna kami mempunyai pendapat “ kalo sakit ya di obatin” saya pun berfikir ketika masih muda adalah fase dimana ya apa yang mau kita makan ya makan, dan apa yang mau kita minum ya kita minum sepuasnya tanpa memikirkan tentang sakit sekali pun.

akan tetapi di waktu yang sekarang mungkin persepsi keluarga saya tentang kesehatan mulai berubah karena mereka sudah mulai merasakan nya, ketika sakit kepala, badan lemes, dan beberapa penyakit karena factor makanan jadi mereka sudah mulai berhati hati dalam menjaga kesehatan merka mulai dari menjaga pola makan, pola tidur dan lain lain.

Saya juga mempunyai sedikit pengalaman dari tentang sakit dimana dulu saya sering sekali abai akan hal hal itu dan saya tidak menjaga pola tidur seperti begadang sampe pagi bangun bangun sudah jam 1 siang, mandi malam, terus sering sekali makan malam dan banyak lagi dan itu saya lskuksn hamper setiap hari.

Dan karna hal itu saya sering di marahi sama orang tua saya di siram di tempat tidur di tarik di pukul, akan tetapi hal hal itu tidak membuat saya jera malah besok saya melakukan hal yang sama sehingga pada suatu pagi saya berangkat pergi kesekolah upacara dan sebagainya saya disitu merasakan lemes badan terasa tidak ada tenaga, seusai upacara saya balik ke kelas dan saya hanya tdiur di kelas karna badan terasa tidak enak mata terasa panas sehigga keluar air mata dan pada saat itu saya memutuskan untuk izin dan pulang ke kosan untuk istirahat.

Di kosan saya minum obat paracetamol lalu tidur, nah beberapa hari badan tidak ada perubahan dan ornag tua saya pun memutuskan untuk pergi kekosan untuk menengok keadaan saya, setiba nya orang tua saya di kosan saya lalu di bawa ayah saya untuk periksa ke rumah sakit terdekat, dan saya disitu pun di periksa oleh perawat dan dokter yang ada disana, setelah menunggu hasil pemeriksaan dokter sehingga saya di sarankan oleh dokter untuk rawat inap, dan itu sudah di setujui oleh ayah saya, saya lalu di pasangkan infus oleh perawat,

Nah di momen saya masuk rumah sakit saya selalu mengeluh keluhan yang sama seperti badan panas, lemas, tidak napsu makan, nah sehari setelah itu saya di diagnosis oleh dokter terkena demam typoid atau bahasa awam nya tipes, nah disini saya akan sedikit shering tentang apa sih itu penyakit typoid.

Demam tifoid atau yang lebih sering dikenal tipes merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi. Bakteri ini biasanya ditemukan di air atau makanan yang terkontaminasi. Selain itu, bakteri ini juga bisa ditularkan dari orang yang terinfeksi.

Seseorang yang terinfeksi bakteri penyebab tipes bisa menyebar ke seluruh tubuh yang dapat mempengaruhi banyak organ tubuh penderitanya. Orang yang terinfeksi penyakit demam tifoid / tipes dapat menularkan bakteri melalui fases dan urine, makan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan urine atau fases penderita tipes. Ataupun mengkonsumsi makanan yang ditangani oleh orang yang sedang mengalami tipes dan belum dinyatakan sembuh oleh dokter, Demam tifoid termasuk infeksi bakteri yang bisa menyebar ke seluruh tubuh dan memengaruhi banyak organ. Tanpa perawatan yang cepat dan tepat, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi serius yang berakibat fatal.

GEJALA
Begitu Anda terinfeksi, tubuh biasanya akan mengalami berbagai tanda dan gejala awal seperti:
1. Demam yang meningkat setiap hari hingga mencapai 39o – 40o celcius
2. Sakit kepala
3. Lemah dan lelah
4. Nyeri otot
5. Berkeringat
6. Batuk kering
7. Kehilangan nafsu makan dan menurunkan berat badan
8. Sakit perut
9. Diare atau sembelit
10. Muncul ruam pada kulit berupa bintik-bintik kecil berwarna merah muda
11. Perut yang membengkak
12. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, Anda akan mengalami kondisi seperti:
13. Mengigau
14. Berbaring lemah dengan mata setengah tertutup
Selain itu, komplikasi yang bisa di timbulkan seperti perdarahan pada usus dan pecahnya usus.

PENYEBAB
Penyebab dari penyakit tipes atau demam tifoid ini adalah bakteri Salmonella typhi. Biasanya bakteri ini disebarkan melalui:
1. Feses dan urine penderita yang mengkontaminasi air atau makanan
2. Bakteri Salmonella typhi juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang telah terinfeksi (penyajian makanan oleh orang yang sedang mengalami demam tifoid).

Nah temen temen pulang dari rumah sakit saya tidak lagi menyepelekan tentang kesehatan dan saya mulai menjaga pola pola kegiatan sehari hari seperti pola tidur, pola kebersihan, pola makan dan lain lain.. dari sini bisa kita simpulkan bahwa kesehatan adalah sesuatu yang sangat mahal sekali dan tidak ternilai harganya.. nah makadari tu saya mengajak temmen temmen untuk menjaga amanah/rezeki yang satu ini yaitu kesehatan

nama: achmad riski darmawan
nim: 20041

Tinggalkan Balasan