BAB 1 PENTINGNYA KARAKTER GURU

Terbaru24 Dilihat

Guru adalah sosok yang digugu dan ditiru dalam kesehariannya. Seorang anak didik akan melaksanakan apa yang dikatakan oleh gurunya apabila gurunya tersebut memiliki karakter atau kepribadian yang ideal. Karena dengan karakter tersebut seorang guru bisa menjadi seorang pendidik yang akan mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Seorang guru sebagai panutan anak didiknya harus memiliki karakter atau kepribadian yang didambakan.

Harapan besar masyarakat sangat bergantung kepada bapak/ibu guru yang mulia. Semangat mereka mengejar ketertinggalan dengan meningkatkan intelektualitas, mengasah kapabilitas, serta menajamkan kecerdasan emosional, spiritual, dan fungsi sosialnya sangat dinanti oleh jutaan murid, orang tua, dan bangsa ini secara keseluruhan. Walaupun guru bukanlah super hero, walaupun guru bukanlah superstar, tetapi guru tetaplah seorang insan yang mempunyai banyak sekali kelebihan. Di tangan gurulah sebenarnya calon pemimpin bangsa dididik dan dibimbing. Peran guru tersebut sangat berarti bagi kemajuan bangsa.

Berkaitan dengan karakter, karena guru itu menjadi roh utama pendidikan, maka segenap karakter baik dan luhur harus dimiliki seorang guru. Benar guru itu manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, lupa dan tidak lepas dari karakter-karakter buruk lainnya. Namun demikian sudah selayaknya karakter guru yang luhur dan mulia lebih dominan dimiliki dan tampak menonjol dari pribadi seorang guru.

Guru merupakan aktor utama pembelajaran, karena itu guru sangat menentukan berhasil tidaknya proses pembelajaran. Seorang guru selain memiliki pemahaman, ketrampilan dan kompetensi, ia juga dituntut memiliki karakter-karakter mulia itu dalam dirinya sendiri, mempraktekkan dalam keseharian baik di rumah atau dimasyarakat dan menjadikan sebagai bagian dari hidup. Guru harus terlebih dahulu menguasai dan melengkapi diri dengan karakter mulia agar sukses mendidik peserta didik. Maka sudah saatnya guru merubah paradigma dan mind set mereka, dari sekedar memberikan teori ranah kognitif ke arah pemberian teladan dan praktik nyata.
Guru yang berkarakter adalah guru yang mempunyai prinsip hidup dan perenungannya dan kebebasan dalam berkreasi. Guru bekarakter akan berusaha menciptkan iklim belajar yang efektif dan menyenangkan, dengan kreativitas metode pembelajaran, untuk mengurangi kejenuhan dan menyesuaikan dengan konteks pembelajaran sehingga tumbuh kegairahan dan motivasi instrinsik dan ekstrinsik. Guru berkarakter itu penting, karena yang bersangkutan bisa menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran dan mampu membangun karakter anak didiknya. Guru berkarakter bukan sekedar mentranfer pengetahuan tetapi juga menanamkan nilai-nilai yang diperlukan anak didik guna mengarungi kehidupan dimasa datang.
Secara umum tugas guru dibagai sebagai berikut:
1). Guru sebagai pengajar
Tugas guru sebagai pengajar adalah menyampaikan materi pelajaran kepada siswa sampai tuntas sehingga siswa memahami. Satu hal yang penting adalah guru dianggap orang yang paling pintar oleh siswanya. Oleh karena itu, guru memerlukan persiapan yang matang agar dapat menyampaikan materi sebaik-baiknya.
2). Guru sebagai pendidik
Tugas guru sebagai pendidik mempunyai makna ganda, yaitu guru harus mampu membuat siswanya pintar dalam hal pelajaran sekaligus juga membimbing siswanya agar berperilaku baik. Guru pendidik bertugas tidak sebatas sebagai guru di dalam kelas saja, tetapi juga di luar kelas. Dengan demikian, predikat guru pendidik lebih baik dibanding dengan guru pengajar.
3). Guru sebagai pejuang akademik
Guru mempunyai tugas untuk membesarkan sekolahnya, misalnya mengajar dengan sungguh-sungguh sehingga nilai ujian nasionalnya baik, membimbing siswanya mengikuti berbagai perlombaan sehingga dapat memenangkannya. Hal itu perlu dilakukan agar siswa mempunyai kemampuan kognitif, psikomotor, dan afektif secara seimbang. Ketika kualitas sekolah terus menanjak naik maka calon wali murid banyak tertarik kepada lembaga pendidikan itu. Kalau sudah tertarik menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan tersebut maka dapat dipastikan bahwa masa depan sekolah akan menjadi lebih baik. Dengan demikian, tugas guru sebagai pejuang akademik dapat tercapai dengan baik pula.
4). Guru sebagai duta ilmu Pengetahuan
Merupakan tugas mulia, manakala guru dikatakan sebagai duta ilmu pengetahuan. Hal itu membuktikan betapa pentingnya peran guru dalam mencerdaskan anak bangsa. Sebagai duta, tentunya guru dapat mengembang tugasnya dengan baik.
5). Guru sebagai pencerdas masyarakat
Tugas guru memang tidak sesempit yang selama ini kita pahami, karena tugas guru sebenarnya tidak dibatasi oleh dinding tembok kelas atau pagarsekolah tetapi mestinya guru juga dapat mengembangkan tugas untuk mencerdaskan masyarakat. Peran serta guru di masyarakat tidak kalah penting dibanding ketika guru berperan di dalam kelas.
Menjadi guru adalah sebuah seni, sehingga menjadi guru yang baik itu melibatkan panggilan, kemampuan intelektual dan penguasaan materi, karakter, talenta dan kemampuan berkomunikasi. Dari semua itu yang terpenting dari semua adalah karakter.

Beberapa karakter yang harus dimiliki guru sebagai berikut:
1). Seorang guru harus memiliki keikhlasan yang tinggi dalam menjalankan tugas profesinya.
2). Seorang pendidik harus melaksanakan tugas kependidikannya dengan sabar.
3). Seorang pendidik harus memiliki sikap kejujuran yang tinggi dengan menerapkan apa yang diajarakan dalam kehidupan pribadinya.
4). Seorang guru harus senantiasa meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keilmuannya.
5). Seorang pendidik harus cerdik dan terampil dalam menciptakan metode pendidikan yang variatif dan sesuai dengan tuntutan materi pendidikan.
6). Seorang guru harus bersikap tegas dan meletakkan sesuatu secara proporsional.
7). Seorang guru harus memahami psikologi anak.
8). Seorang guru harus peka terhadap fenomena kehidupan di sekitarnya.
9). Seorang guru dituntut memiliki sikap adil terhadap semua anak didiknya.
Dengan demikian dapat disimpulkan seorang guru berkarakter dituntut selain memiliki kemampuan intelektual, tetapi juga memiliki kemampuan emosional dan spriritual. Tujuannya agar guru tersebut mampu membuka mata hati anak didik untuk belajar, yang selanjutnya mampu hidup dengan ketinggian pekerti dan karakter ditengah-tengah masyarakat dan bangsanya.
Berdasarkan uraian diatas maka dapat penulis sintesiskan bahwa karakter guru adalah watak, tabiat, akhlak atau kepribadian guru yang diyakini dan digunakan sbagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap dan bertindak.

#Lomba Blog Bulan Februari

#Menulis di blog jadi buku

#Tulisan hari ke 1

#Penulis : Agung Pramono








Tinggalkan Balasan