BUTIR BUTIR PANCASILA SILA KE 5 BUTIR KE 7

“Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah“

Apa yang dimaksud dengan “Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah” ?

Pancasila adalah sebuah dasar Negara Indonesia. Mengapa disebut demikian? Karena pancasila itu memiliki banyak butir-butir pancasila yang menjadi kekokohan Negara Indonesia. Apa sih butir-butir pancasila itu sendiri? Banyak sekali yang masih belum mengerti tentang makna dari butir-butir pancasila itu sendiri. Padahal dari ke 5 pancasila terdapat 45 butir-butir pancasila yang menjadi panutan dan penerapan di jiwa dan raga bangsa Indonesia.

Salah satu yang menjadi butir-butir pancasila ialah “Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah”. Sepertinya sangat sulit  untuk menerapkannya di kehidupan nyata seperti sekarang ini. Apa lagi negara kita sedang dilanda pandemi Covid 19. Sudah banyak hak kita bersama,hak warga negara,Hak negara yang telah di rampas oleh Negara-negara tetanggga. Apa yang menyebabkan itu terjadi? Sudah jelas salah satu faktornya adalah kita sendiri lebih memilih produk luar negeri dibanding produk dalam negeri.

Memang benar setiap warga negara memiliki hak masing masing dalam memilih. Baik memilih kebutuhan biologis atau pun yang lain nya. Tetapi apasalahnya kalo kita melaksanakan dan menjalankan isi dari butir butir pancasila sila ke 5 butir ke 7? Banyak sekali dari kita masyarakat biasa ataupun para pejabat-pejabat yang telah salah dengan menggunakan hak milik,dengan cara pemborosan dan bahkan memanfaatkan kemewahan dengan cara mengumbar-umbar dengan tidak sepantasnya.  Mungkin menurut mereka keren ataupun bangga. Tetapi, memang pernah mereka melihat kebawah bahwa banyak warga negara kita yang jauh dari kata mampu? Untuk makan aja mereka terkadang masih  minta bahkan mengemis.

Tetapi banyak bukti yang dapat mengecewakan penafsiran tersebut. Banyak sekali orang-orang di sekeliling kita,yang menjadi buta hati. Karena hak milik yang mereka pergunakan selama ini sangatlah bertentangan,dengan sila-sila yang terkandung dalam pancasila. Tidak menggunakan hak milik untuk pemborosan atau gaya hidup mewah itu artinya,pergunakanlah kebutuhan-kebutuhan dan kepentingan lainnya dalam batasan-batasan yang selayaknya(tidak berlebihan/mubazir).

Pemborosan dengan mempergunakan cara hidup yang mewah,akan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang mati akan kesederhanaan dan toleransi. Pergunakanlah,kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya dengan batasan yang sudah seharusnya kita terapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hidup hemat dengan memanfaatkan hak milik dengan aturan-aturan yang sederhana,akan jauh membawa kita menjadi kepribadian dan warga Negara yang tahu akan pentingnya hak milik yang tidak semua orang dapat merasakannya juga. Maka dari itu belajarlah dari hal-hal yang kecil,agar menjadi sesuatu yang besar. Besar disini bukanlah besar harta,atau bermewah-mewahan. Tetapi besar disini adalah besar jiwa dalam mempergunakan hak milik,dengan cara bertoleransi,dengan cara sederhana dan tentunya dengan tetap menerapkan butir-butir pancasila di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar

  1. iya benar zaman sekarang di sekitar kita banyak gaya hidup orang yang kurang bijak. Artinya kita tidak pernah mungkin membayangkan bagaimana jika kehidupan mereka yang dalam level ekonomi pas pasan kita alami sendiri. Gaya hidup abad modern lebih banyak fokus pada diri sendiri. Butir butir pancasila seharusnya wajib dihafal dan diamalkan dalam kehudupan sehari-hari. Salam sehat selalu