Gadget adalah sebuah alat komunikasi yang memiliki banyak fungsi canggih dan dilengkapi berbagai fitur. Dalam kehidupan sehari hari saat ini gadget memiliki peran penting yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi,berbisnis online,bermain game dan membuka situs internet untuk mendapat berbagai informasi penting.
Di era milenial ini dapat kita lihat bagaimana peran gadget sebagai alat pintar membantu kegitan sehari hari dan membuat kehidupan lebih mudah. Penggunaan gadget tidak memandang umur pada saat ini,mulai dari anak anak hingga orang lanjut usia pun menggunakan gadget untuk mempermudah mendapat informasi kapanpun dan dimanapun.
Dalam penggunaannya, gadget memiliki berbagai dampak mulai dari dampak positif bahkan hingga dampak negatif. Gadget sangat diperlukan dari hal kecil sampai kebutuhan mendesak seperti pekerjaan. Zaman sekarang banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melalui situs web dijaringan internet yang bisa di akses melalui gadget.
Bahkan kita juga dapat membuat usaha menggunakan gadget yang penghasilan nya lebih besar daripada pekerjaan offline. Salah satunya yang marak saat ini adalah menjadi youtubers dengan membuat konten konten yang menarik penonton kita dapat menghasilkan uang asalkan kita tekun dan konsisten.
Dampak positif dari penggunaan gadget dialami juga oleh pelajar untuk mempermudah dalam pembelajaran kita dapat mengakses informasi melalui internet kapanpun dan dimanapun sehingga kita dapat menambah wawasan dan pengetahuan secara luas dan juga dapat memperluas jaringan pertemanan.
Gadget memiliki banyak fitur hiburan dan dapat menjadi media yang membantu murid atau guru untuk beristirahat sejenak dari kejenuhan mereka. Misalnya bermain games yang dapat meningkatkan kemampuan murid untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehati hari seperti games yang mengasah kemampuan berhitung dan berbahasa internasional.
Dibalik itu,gadget memiliki dampak negatif diantaranya kecanduan game online pada kalangan anak anak hingga dewasa. Dari mulai bangun tidur sampai mau tidur tidak lepas dari gadget dan menimbulkan kurangnya interaksi sosial di kehidupan nyata karena mereka lebih memilih berinteraksi melalui media sosial.
Selain itu,penggunaan gadget dapat disalahgunakan untuk mengakses situs pornografi dan bahkan tak sedikit kasus pelajar dibawah umur melakukan hal senonoh akibat dari kecanduan pornograi yang di akses dengan begitu muda melalui gadget
Gadget itu seperti pisau bermata dua yang terkadang membawa manfaat positif bagi kita kadang juga membawa hal negatif untuk kita, tergantung kita menanggapinya dan bagaimana penggunaan kita terhadap gadget itu seperti apa. Dan bisa dikatakan wajar saja apabila kita candu gadget untuk keperluan bisnis, pendidikan,dan komunikasi apalagi dimasa pandemi seperti ini gadget sangat diperlukan.
Dan untuk pencegahan supaya penggunaan gadget tidak disalahgunakan yaitu memberi edukasi terutama kepada anak anak dan pelajar. Karena kemajuan bangsa itu ada ditangan mereka,jika dengan menggunakan gadget membawa pengaruh buruk bagaimana bangsa ini bisa maju. Maka gunakanla gadget untuk hal positif demi membangun bangsa yang lebih baik kedepannya.
Nama: Annisa Rachmanur (20044)