KENANGAN INDAH SAAT MENJADI BLOGGER SEJATI

Terbaru21 Dilihat

#,KMAC 8
#KMAC 39

Oleh: Sri Sugiastuti

Menjawab tantangan yang ada di Lagerunal di Kamis Menulis.
Ada satu pertanyaan unik dari group Lagerunal. “Rajin Ngeblog dapat apa?”
Sepertinya Bu Kanjeng gemes. Ia ingin segera menjawab.

Wah Bu Kanjeng mulai flash back nih. Eng..ing eng..di tahun 2009 Bu ngebet ingin punya blog. Jadilah dia blogger di Kompasiana. Lalu dia dapat apa? Dapat hiburan, saat ada yang menyapa lewat komen, inbox, dan bisa sms ria atau berFB ria.atau lewat BBM juga.

Sudah mulai ada tuh model kopdar ala blogger. Ajang lomba juga banyak. Oh ya jadi ingat juga saat berani ikut tantangan lomba via blog dengan tema ” Diary Ketika Buah Sakit.” Weiss Bu Kanjeng yang baru melek menulis dan ngeblog dapat juara 3, bak ketiban durian runtuh. Padahal saingannya tuh Mahmud yang keceh badai yang tingkat Literasi dan wawasanita super super, karena mereka dari berbagai kalangan yang melek IT dan peduli dengan keluarga.

Sejak itu Bu Kanjeng punya blog pribadi ada yang blogspot.com, ada yang word press.com. ada juga yang berbayar yang banyak menghasilkan rezeki bukan hanya cuan tapi juga rezeki yang lain. Seperti berjumpa dengan komunitas IIDN yang Founder Indari Mastuti dari Bandung. Ada juga KEB Kumpulan Emak Blogger . Banyak kerjaan disini, biasanya mereview produk. Hotel juga Rumah Makan yang launching menu baru. Pokoknya seru.

Yang unik berawal dari punya blog, Bu Kanjeng jadi punya banyak komunitas. Dan di tiap komunitas punya panggilan saya kepada Bu Kanjeng. Di IIDN biasa dipanggil Uti. Karena mereka selalu bawa krucil-krucil kecilnya saat Kopdar. Kalau di KEB,.Karena kumpulan Emak, jadi sebutan lain hilang. Diawali dengan Mak. Ada Mak Ety, Mak Ana, Mak Cindy eeh akhirnya ada Mak Uti deh. Its oke lah yang penting bahagia

Bila kita mau menekuni dunia blogger pas zaman kejayaan pasti akan kaya raya. Nulis nya sedikit, cuannya gede. Bu Kanjeng sih belum pernah dapat job dari nge blog dengannak di tabungan plus dapat produk laptop, hape atau hadiah lain yang bikin mupeng .

Ada yang selalu diingat Bu Kanjeng saat dapat tiket nonton Raisa dengan tiket VVIP yang kalau diuangkan senilai 900.000 dai Oppo. Ini sih benar-benar ajib. Penontonnya tuh ABG semua yang jingkrak- jingkrak gimana gitu. Herannya Bu Kanjeng bisa juga ikutan dan mengikuti acara itu sampai selesai.

Oh iya masih satu lagi. Bu Kanjeng hampir lupa. Karena sering nulis di blog. Punya komunitas nah saat Pak Jokowi mantu anaknya yang cewek. Bu Kanjeng dan blogger Solo ngurus surat izin meliput. Jadi dapat ID card dan bisa ketemu tamu undangan plus relawan yang ditempatkan di asrama haji. Wah pokoknya seru.

Jadi kembali ke pertanyaan nulis di blog dapat apa, benang merahnya seperti itu. Kalau Bu Kanjeng tidak menulis di blog rempong juga kalau mau membuat buku. Karena rerata buku Bu Kanjeng bersumber dari tulisan yang ada di blog.

Munculnya buku solo ” Berkelana di Negeri Bulan Sabit” itu buah manis dari ikut tantangan menulis selama 30 hari di blog. Sungguh itu aksi nyata.

Surakarta Hadiningrat 18 Februari 2023

Tinggalkan Balasan