oleh

pemuda memiliki keberanian  luar biasa.

-Gaya Hidup-Telah Dibaca : 1,418 Orang

pahlawan

Perkanalkan saya disini Aurelia dengan nim 20006 Akan menceritakan makna hari pahlawan menurut saya.Berikut pendapat saya.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawanya
DR.IR.SOEKARNO

10 November, merupakan cerita yang menarik jika kita trace back tahun 1945. Yang diawali kehadiran sekutu di tanah Jawa tanggal 25 Oktober 1945, yang diiringi dengan melunjak nya Inggris dengan penyerbuan Penjara Kalisosok 26 Oktober 1945, kemudian diduduki nya Pelabuhan Tanjung Perak tahun 1945.

Peristiwa tersebut menimbulkan resistensi rakyat Surabaya dan Jawa Timur dengan adanya penyebaran pamflet yang memerintahkan penyerahan senjata. Peristiwa tersebut dilanjutkan dengan perundingan Soekarno dan Moh. Hatta dengan sekutu. Walaupun pasca perundingan tetap adanya bentrok senjata dan pertempuran seru di Gedung Bank Internatio di Jembatan Merah yang diakhiri dengan pengepungan pemimpin Brigade 49, A.W.S. Mallaby. Pengepungan oleh pemuda yang menuntut sekutu menyerah.

pahlawan

Namun, tuntutan ditolak mentah mentah, dan dari pertempuran yang gencar, hari yang panjang tersebut diakhiri dengan meninggalnya A.W.S. Mallaby tertusuk bayonet dan bambu runcing, pada tanggal 30 Oktober 1945.Dengan peristiwa itu, pemerintah Inggris meminta pertanggung jawaban rakyat Surabaya, ancaman untuk menyerah, dan penghancuran jika membangkang tidak menyurutkan semangat rakyat Surabaya untuk mempertahankan tanah perjuangan mereka.

Penolakan Ultimatum Inggris tersebut oleh Gubernur Soerjo memecahkan pertempuran lain yang lebih hebat. Sekutu mengerahkan infantri dengan senjata berat. Bung Tomo menyemangati arek arek Suroboyo melalui radio. Pertempuran yang memakan banyak korban jiwa tersebut telah menggerakan berbagai perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan yang akhirnya 10 November dikenang sebagai Hari Pahlawan.

Pahlawan sendiri dalam KBBI berarti orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani. Berasal dari bahasa Sanskerta phala, yang bemakna hasil atau buah. Phala-wan yang bermakna orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama.

Saya memaknai arti pahlawan sangat luas interpretasi nya di masa kini. Dikaitkan dengan Pancasila, saya memaknai pahlawan sebagai mereka yang memperjuangkan tegaknya Bhineka Tunggal Ika serta menjamin kekebasan beragama dengan jalan damai ,yang lebih mengedepankan dialog dan tanpa kekerasan patut disebut pahlawan masa kini

banyak pembelajaran yang bisa diambil dari momen tersebut. Dari semangat rakyat Surabaya pada masa genting tersebut, pemuda yang memiliki keberanian yang luar biasa, darah yang jadi harga untuk mempertahankan kemerdekaan.peristiwa tersebut masih dalam era Revolusi Nasional Indonesia. Pahlawan dapat dengan mudah diasosiasikan dengan pahlawan perang, pahlawan revolusi.Pahlawan sebagai tanda bahwa adanya harapan. Pahlawan sebagai bentuk nyata suatu pengabdian. Pahlawan sebagai arti dari kebebasan.

pahlawan

 

Komentar

Tinggalkan Balasan